Medi-call, Medicall, Panggil Dokter, Perawat, Bidan, Fisioterapi area khusus Dokter Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Bali Menu jQuery Bootstrap Addon -->

Pertolongan Pertama Saat Tergigit Hewan Rabies



Pertolongan pertama saat tergigit hewan rabies perlu diketahui untuk Anda yang memiliki aktivitas yang berisiko tinggi tertular virus rabies.

Rabies disebut juga penyakit anjing gila yang merupakan penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat (otak) yang disebabkan oleh virus rabies.

Penyakit ini ditularkan oleh hewan ke manusia melalui Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) yaitu anjing, kera, musang, dan kucing/ (Pusat Data Kemenkes RI, 2014).

Gejala awal rabies dapat berupa demam, lemah, mual, rasa nyeri di tenggorokan, serta rasa nyeri dan panas yang disertai kesemutan di tempat luka. Selanjutnya penderita akan merasakan gejala kecemasan, otot terasa kaku, berkeringat, mengeluarkan air mata dan ludah berlebihan, serta pupil yang melebar.

Lalu, apa yang perlu saya lakukan saat tergigit hewan rabies? Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan setelah tergigit hewan:

Pertama

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat terkena luka gigitan hewan rabies adalah mencuci luka gigitan dengan sabun / detergen dengan air mengalir selama 10-15 menit.

Hal ini dilakukan karena virus peka terhadap suasana basa.

Kedua

Berikan antiseptik seperti povidone iodine atau alkohol 70% pada luka akibat gigitan hewan atau bagian yang terkena jilanan / gigitan hewan.

Ketiga

Segera mencari dokter terdekat Anda untuk mendapatkan tatalaksana selanjutnya.

Dokter terdekat Anda akan mendiagnosis luka gigitan dan menentukan penanganan lanjutan seperti pemberian Vaksin Anti Rabies (VAR) ataupun Serum Anti Rabies (SAR).

Hubungi Call Center Medi-Call untuk mendapatkan tatalaksana tergigit hewan dengan dokter Medi-Call terdekat langsung di lokasi Anda.

Panggil dokter dan perawat homecare 24 jam ke rumah anda, Dokter panggilan dan jasa perawat panggilan ke rumah _ Layanan Medicall

Pesan Sekarang

Media Coverage

Pengiriman Menggunakan
Pembayaran Menggunakan

Blog