Jangan Self-Diagnosis! Yuk Simak Lebih Lanjut Apa itu Bipolar Disorder

Bagikan artikel ini

Tidak semua perubahan mood itu adalah apa itu bipolar disorder, jangan self-diagnosis. Yuk cari tahu selengkapnya mengenai bipolar disorder!

Bipolar disorder dapat terjadi kepada siapa saja namun biasanya paling banyak terjadi pada usia remaja maupun usia kepala dua. 

Gejala bipolar disorder dapat berbeda-beda pada setiap orang dan juga dapat berubah dari waktu ke waktu.

Salah satu gejala yang paling bipolar disorder adalah adanya perubahan suasana hati serta timbulnya perilaku yang tidak terduga sehingga mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan dalam beraktivitas sehari-hari.

Konsumsi alkohol dan obat-obatan tertentu seperti obat untuk stroke dan sklerosis ganda dapat memicu seseorang mengalami bipolar disorder.

Apabila Anda mengalami perubahan suasana hati dan melakukan beberapa perilaku yang tidak terduga sebaiknya segera menghubungi dokter Medi-Call di rumah dengan Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call.

Mendapatkan pertolongan saat mengalami gejala bipolar disorder dapat membantu mengurangi risiko timbulnya gangguan yang signifikan.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Apa itu Bipolar Disorder

Apa itu bipolar disorder dan bagaimana seseorang dapat mengalami bipolar disorder?

Apa itu bipolar disorder merupakan gangguan pada otak sehingga menyebabkan penderitanya mengalami perubahan suasana hati dan energi.

Gangguan pada otak ini juga mempengaruhi kemampuan seseorang untuk dapat berfungsi dan beraktivitas seperti biasanya.

Setiap orang mengalami perubahan suasana hati, namun orang yang tidak mengalami bipolar disorder hanya mempunyai perubahan suasana hati dalam hitungan beberapa jam saja.

Sedangkan penderita bipolar disorder mengalami perubahan suasana hingga berhari-hari diikuti dengan adanya perubahan perilaku yang sangat ekstrim sehingga sulit untuk beraktivitas dan berinteraksi.

Penderita apa itu bipolar disorder biasanya akan mengalami periode di mana penderitanya sangat bahagia dan terlalu bersemangat.

Akan tetapi pada periode lainnya penderita dapat merasa sangat sedih, lesu dan putus asa.

Baca juga:  Masalah Kesehatan Mental Pada Lansia yang Perlu Diperhatikan

Meskipun memiliki dua periode yang sangat bertolak belakang seperti dua kutub suasana hati, namun penderita bipolar disorder juga mempunyai periode netral atau normal.

Apa itu bipolar disorder mempunyai dua jenis episode yang berbeda yaitu mania dan hypomania.

Mania adalah episode saat penderita merasa terlalu bersemangat, percaya diri namun mudah marah.

Pada saat episode mania terjadi penderita juga cenderung mengambil keputusan yang buruk atau tidak tepat seperti melakukan investasi yang tidak harus dilakukan.

Penderita juga akan mulai berbicara hal-hal yang tidak biasa serta mempercayai delusi (hal-hal yang tidak benar terjadi) maupun mengalami halusinasi (mendengar atau melihat hal yang tidak nyata).

Episode hypomania pada apa itu bipolar disorder memiliki gejala yang hampir mirip dengan mania namun lebih ringan dan pada hypomania penderita tidak mengalami delusi maupun halusinasi.

Seseorang dapat mengalami bipolar disorder disebabkan oleh adanya faktor keturunan dari keluarga.

80-90% seseorang yang mengalami bipolar disorder memiliki kerabat yang juga mengalami gangguan mental tersebut.

Selain itu faktor lingkungan seperti stres, adanya gangguan tidur, obat-obatan dan alkohol juga dapat memicu seseorang terkena bipolar disorder.

Adanya ketidakseimbangan bahan kimia di otak juga menyebabkan aktivitas otak penderita tidak teratur sehingga mengalami bipolar disorder.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Jika mendapatkan penanganan yang baik, orang dengan bipolar disorder dapat menjalani kehidupan yang normal dan juga produktif.

Oleh karena itu jika Anda atau keluarga mengalami gejala bipolar disorder sebaiknya segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Anda dapat menghubungi dokter Medi-Call di rumah untuk membantu mendiagnosis apakah benar mempunyai gejala bipolar disorder dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau aplikasi Medi-Call.

 

DMCA.com Protection Status