Medi-Call

Bagaimana Cara Menyembuhkan Kencing Nanah? Simak Artikel Berikut!

Bagikan artikel ini

Cara menyembuhkan kencing nanah dapat dilakukan dengan pengobatan yang tepat. Tapi pengobatan tidak bisa dilakukan dengan menggunakan obat yang dijual bebas.

Kencing bernanah, atau dalam istilah medis disebut juga sebagai gonore.

Gonore adalah penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri neisseria gonorrhea.

Gonore atau kencing bernanah merupakan IMS yang paling umum terjadi dan cenderung menyerang area tubuh yang hangat serta lembab.

Baca juga:  Fakta Tentang Gonore Pada Pria, Penyakit yang Jarang Timbulkan Gejala

Area tubuh yang mungkin terserang infeksi ini antara lain adalah uretra atau saluran yang mengalirkan urin dari kandung kemih, mata, tenggorokan, vagina, dubur dan rahim.

Gejalanya yaitu keluarnya cairan kental berwarna hijau atau kuning dari kemaluan, nyeri saat buang air kecil, dan khusus pada wanita, adanya pendarahan diantara periode menstruasi.

Bila Anda mengalami gejala seperti di atas, sebaiknya jangan ragu untuk menghubungi dokter Medi-Call datang ke rumah.

Lindungi diri Anda dan orang terkasih dari infeksi menular seksual dengan berkonsultasi bersama dokter Medi-Call datang ke rumah melalui aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

Medi-Call: Layanan Dokter Umum Terdekat ke Lokasi Anda

Cara Menyembuhkan Kencing Nanah

Siapa pun yang aktif secara seksual dapat tertular infeksi penyebab kencing bernanah.

Terutama yang sering berganti pasangan atau tidak menggunakan metode kontrasepsi penghalang, seperti kondom saat berhubungan seks.

Lalu adakah cara menyembuhkan kencing nanah?

Tentu saja ada cara menyembuhkan kencing nanah yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya menjadi komplikasi masalah kesehatan lebih lanjut.

Tapi pengobatan hanya mampu menghentikan infeksi, dan tidak bisa memperbaiki kerusakan permanen yang sudah disebabkan oleh penyakit.

 

  • Cara menyembuhkan kencing nanah

 

Cara menyembuhkan kencing nanah tidak bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan obat-obatan yang dijual bebas.

Antibiotik diperlukan sebagai cara menyembuhkan kencing nanah yang efektif.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan karena munculnya strain pada bakteri neisseria gonorrhoeae yang resisten terhadap obat.

CDC merekomendasikan agar cara menyembuhkan kencing nanah yang tidak memiliki komplikasi lain diobati dengan antibiotik ceftriaxone.

Antibiotik ini biasanya diberikan dengan cara melalui suntikan di area pantat.

Setelah mendapatkan antibiotik ini, biasanya gejala kencing bernanah akan berangsur membaik setelah beberapa hari.

Namun Anda perlu menunggu kurang lebih satu minggu hingga tidak ada gejala lagi, baru Anda dapat melakukan aktivitas seksual.

Selain Anda, pasangan Anda dalam 60 hari terakhir juga perlu diskrining dan diobati, meskipun tidak menunjukkan gejala kencing bernanah.

Ini dikarenakan kencing bernanah merupakan infeksi menular seksual yang dapat terinfeksi lewat hubungan seksual oral, anal dan vaginal.

Jika Anda diobati karena gonore namun pasangan seksual Anda tidak diobati, Anda dapat tertular lagi melalui kontak seksual.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

CDC juga merekomendasikan untuk melakukan tes pemeriksaan kencing bernanah lagi, kurang lebih tiga bulan setelah pengobatan.

Hal ini untuk memastikan Anda tidak terinfeksi kembali bakteri tersebut, yang dapat terjadi jika pasangan seksnya tidak diobati, atau pasangan seks baru tertular bakteri tersebut.

Konsultasikan kesehatan Anda dan pasangan bersama dokter Medi-Call datang ke lokasi cukup dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call.

DMCA.com Protection Status