Dokter Home Visit di Era Digital, Lebih Nyaman dan Mudah

Bagikan artikel ini

Tren home visit telah muncul sejak lama dan seiring berkembangnya zaman mulai tergerus dan pasien lebih memilih untuk mengunjungi klinik atau rumah sakit. Dengan berkembangnya teknologi di berbagai bidang, bagaimanakah pengaruh teknologi terhadap tren dokter home visit saat ini?

Saat ini, gadget dan internet sangat melekat pada kehidupan manusia sehari-hari.

Tidak hanya untuk mendapatkan informasi, tetapi juga untuk mendapatkan berbagai layanan produk dan jasa di mana segalanya dilakukan secara online.

Lalu, bagaimanakah dengan layanan kesehatan dokter home visit?

Meskipun teknologi telah memudahkan kita untuk memesan layanan kesehatan dokter ke rumah, faktanya layanan ini telah lama ada.

Tren dokter ke rumah pernah populer di pertengahan abad ke -20 sebagai layanan primer bagi kesehatan masyarakat.

Pada saat itu, ada anggapan bahwa semakin banyak layanan dokter home visit akan meningkatkan kualitas kesehatan dengan harga yang lebih murah.

Dokter home visit bagi pasien dan dokter

Dokter home visit menjadi layanan yang dirancang untuk membawa dokter umum berkunjung ke tempat pasien.

Layanan home visit masih menjadi layanan kesehatan utama bagi para lansia dan anak kecil.

Gangguan pernapasan pada anak-anak dan penyakit jantung yang umumnya menyerang pasien lansia adalah dua alasan penting home visit sangat dibutuhkan.

Home visit dapat dipandang dari dua sisi yang berbeda, yakni pasien dan dokter.

Sebagai pasien, layanan ini dipandang lebih bersifat personal dan bisa membangun hubungan antara Anda dengan dokter.

Selain itu, dokter kunjungan ke rumah dinilai memberikan ketenangan pikiran bagi Anda saat mengetahui dokter mereka meluangkan waktu untuk melakukan pemeriksaan di rumah Anda tanpa perlu mengantre di klinik ataupun di rumah sakit.

Jika dilihat dari sudut pandang dokter yang melakukan home visit, layanan ini membantu dokter untuk mendapatkan informasi tambahan dalam mengidentifikasi penyakit yang diderita.

Saat dokter berkunjung ke rumah Anda, dokter dapat melihat lokasi dan kondisi di mana pasien tinggal beserta lingkungan sekitarnya, apakah hal ini berkaitan dengan penyakit yang diderita.

Tentunya hal ini memudahkan dokter untuk menentukan tindakan ataupun saran yang akan diberikan kepada Anda.

Teknologi mempermudah dokter home visit

Faktanya layanan kesehatan di berbagai negara, termasuk di Indonesia, telah mengikuti perkembangan zaman.

Berbagai temuan-temuan teknologi kedokteran saat ini bisa diaplikasikan di rumah dan mempermudah layanan dokter home visit untuk menyediakan layanan kesehatan di rumah pasien.

Tidak hanya itu, dengan munculnya berbagai aplikasi online yang mempermudahkan kita untuk mendapatkan layanan kesehatan, seperti konsultasi online hingga dokter ke rumah.

Berbagai aplikasi online layanan kesehatan ini seakan menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan oleh pasien untuk melakukan kunjungan ataupun berkonsultasi dengan dokter secara langsung di klinik ataupun di rumah sakit.

Dokter home visit menjadi jawaban di era digital

Tren kebutuhan di masyarakat saat ini yang serba dilakukan online dan berpusat pada smartphone seakan meningkatkan kembali kebutuhan dokter home visit yang sempat tenggelam akibat munculnya berbagai rumah sakit besar dan klinik dokter.

Hal ini ditambah dengan berbagai kecanggihan teknologi kedokteran yang tidak memungkinkan bagi para dokter untuk membawa peralatan tersebut ke dalam tas medis mereka.

Dengan kondisi masyarakat saat ini yang dinamis dan bermobilisasi tinggi sehingga sulit bagi kita untuk melakukan konsultasi dengan berkunjung ke klinik atau rumah sakit saat dalam kondisi sakit ataupun di saat anggota keluarga perlu diantarkan untuk mengunjungi dokter.

Pada pasien tertentu, seperti pasien lansia dengan kondisi penyakit tertentu yang tidak memungkinkan mereka untuk berpergian, membawa mereka ke rumah klinik atau rumah sakit menjadi persoalan penting.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Layanan Dokter ke Rumah Anda Medi-Call

Dengan memesan layanan dokter home visit, selain memberikan kenyaman pada pasien, dokter bisa mendapatkan informasi lebih detail mengenai pasien dengan memeriksa kondisi pasien secara langsung, menanyakan kepada anggota keluarga, dan melihat kondisi tempat tinggal pasien.

Selain bagi pasien lansia hal ini juga seakan jawaban untuk kebutuhan layanan kesehatan bagi kita yang sulit untuk meluangkan waktu pergi ke klinik atau rumah sakit, aplikasi dokter ke rumah ini memberikan kita kemudahan.

Penyesuaian dengan waktu luang atau untuk menghindari kemacetan jalanan kota untuk dapat berkonsultasi dengan dokter home visit di waktu yang telah ditentukan dan dapat dilakukan di rumah sendiri.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DMCA.com Protection Status