Medi-Call

Solusi untuk Atasi Kulit Melepuh Karena Alergi

Bagikan artikel ini

Alami kulit melepuh karena alergi memang bikin tidak nyaman! Jangan khawatir, berikut solusi yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan kulit yang melepuh.

Pernahkah kulit Anda timbul ruam yang gatal dan melepuh terutama setelah melakukan kontak langsung dengan zat tertentu seperti wewangian, kosmetik atau juga makanan?

Dalam istilah medis ini disebut sebagai contact dermatitis atau reaksi kulit karena alergi terhadap sesuatu zat di lingkungan Anda yang menyebabkan kulit menjadi gatal dan melepuh.

Meskipun ruam yang melepuh ini tidak menular kepada orang lain, tetapi bisa membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman.

Siapa saja dapat terkena alergi mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Baca juga:  Cara Obati Kulit Melepuh dan Gatal Tak Tertahankan di Rumah

Reaksi alergi pada kulit juga bisa terjadi akibat paparan tunggal atau paparan yang terjadi berulang kali.

Ada beberapa profesi yang memiliki risiko tinggi mengalami alergi di kulit karena pekerjaan mengharuskan mereka untuk melakukan kontak dengan bahan-bahan kimia.

Profesi tersebut antara lain pekerja konstruksi, penata rambut, penjual bunga, tenaga medis, serta petugas kebersihan.

Gejala alergi pada kulit biasanya berupa perubahan warna kulit menjadi kemerahan, bengkak, timbul cairan serta timbul sensasi seperti terbakar.

Apabila Anda mengalami gejala seperti di atas, segera berkonsultasi dengan dokter Medi-Call di rumah untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dokter Medi-Call dapat dipesan melalui layanan Call-Center 24 Jam atau menggunakan aplikasi Medi-Call.

Medi-Call: Layanan Dokter Umum Terdekat ke Lokasi Anda

Kulit Melepuh Karena Alergi

Kulit melepuh karena alergi dapat terjadi di bagian tubuh yang mana saja namun paling sering terjadi pada bagian wajah, leher, tangan, jari, ketiak dan bibir.

Menggaruk kulit melepuh karena alergi bukanlah solusi yang tepat, alih-alih sembuh ini malah dapat memperparah luka dan menyebabkan infeksi.

Oleh karena itu saat mengalami kulit melepuh karena alergi, penting untuk mengetahui bagaimana cara penanganannya agar tidak infeksi.

Berikut ini beberapa informasi mengenai cara penanganan kulit melepuh karena alergi yang bisa Anda lakukan di rumah:

 

  • Menghindari penyebab alergi

 

Biasanya kulit melepuh karena alergi dapat membaik dengan sendirinya jika penderita berhasil menghindari pemicu alergi.

Nikel pada perhiasan, wewangian pada sabun, sampo dan kosmetik serta obat pewarna rambut merupakan hal-hal yang biasanya memicu alergi pada kulit.

Cobalah hindari penggunaan barang-barang tersebut agar kulit dapat menjadi lebih tenang.

 

  • Air dingin

 

Saat alami kulit melepuh karena alergi, mandi dan berendam dengan air dingin dapat menenangkan kulit.

Atau bisa juga kompres bagian kulit yang mengalami ruam dengan kain basah yang dingin selama 15 hingga 30 menit sebanyak tiga kali dalam sehari.

 

  • Obat anti gatal

 

Oleskan krim atau salep anti gatal di bagian kulit yang melepuh agar mengatasi rasa gatal dan mengembalikan kembali lapisan kulit yang terluka.

Anda bisa mencoba menggunakan obat hidrokortison 1% atau losion berbahan kalamin, namun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Alergi pada kulit biasanya membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk dapat sembuh.

Jika Anda sudah mencoba cara di atas, namun reaksi alergi pada kulit tidak kunjung membaik, semakin gatal dan timbul cairan nanah sebaiknya segera hubungi perawat luka Medi-Call datang ke rumah untuk membantu merawat kulit Anda.

Anda bisa menghubungi melalui Call-Center Medi-Call 24 Jam atau menggunakan aplikasi Medi-Call.

DMCA.com Protection Status