Pertolongan Pertama saat Terkena Luka Gigitan Hewan

Share Artikel Ini

Pertolongan pertama saat terkena luka gigitan hewan penting untuk Anda ketahui. Cara-cara berikut ini harus Anda lakukan agar terhindar dari virus tertentu, khususnya rabies.

Apa yang dapat kita lakukan saat terkena luka gigitan hewan?

  1. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat terkena luka gigitan hewan rabies adalah mencuci luka gigitan dengan sabun/detergen dengan air mengalir selama 10-15 menit. Hal ini dilakukan karena virus peka terhadap suasana basa.
  2. Berikan antiseptik seperti povidone iodin atau alkohol 70% pada luka gigitan hewan atau bagian yang terkena jilatan/gigitan hewan.
  3. Segeralah mencari dokter untuk mendapatkan tatalaksana selanjutnya.

Layanan Vaksin Rabies bisa Anda pesan melalui aplikasi Medi-Call atau hubungi Call Center dan dokter kami akan datang ke lokasi Anda untuk memberikan vaksinasi.

Dokter Medi-Call memiliki izin resmi, STR aktif, dan berpengalaman untuk pelayanan home care.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah

Tatalaksana selanjutnya saat terkena luka gigitan hewan di layanan Medi-Call untuk Vaksin Rabies di rumah, Anda akan diberikan Vaksin Anti Rabies (VAR) dan Serum anti rabies (SAR) yang disesuaikan dengan indikasi.

VAR merupakan vaksin atau imunisasi aktif yang terbuat dari virus rabies yang dinonaktifkan sehingga tidak akan menyebabkan rabies.

Vaksin dapat diberikan sebelum (pre-exposure prophylaxis) dan sesudah terpapar (post-exposure prophylaxis).

Vaksinasi yang diberikan setelah terpapar diberikan dengan tujuan menginduksi munculnya antibodi atau imunitas penetral rabies.

VAR pasca terpapar ini diberikan pada mereka dengan risiko tinggi dan jika binatang penggigit tidak dapat diobservasi.

Untuk jenisnya sendiri, terdapat beberapa jenis vaksin rabies hingga saat ini di antaranya human diploid cell vaccine, purified chick embryo cell vaccine, dan purified vero cell vaccine.

luka gigitan hewan, vaksin rabies, vaksin VAR, VAR, SAR, vaksin SAR, luka rabies, rabies, virus rabies, vaksin di rumah, vaksin rabies di rumah, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksin Rabies di Rumah Anda

SAR sendiri merupakan imunisasi pasif berupa rabies imunoglobulin yang berfungsi menetralkan langsung virus pada luka dan memberi perlindungan selama 7-10 hari sebelum antibodi yang diinduksi pemberian vaksin muncul.

Sehingga pemberian SAR tidak diperlukan pada penderita yang telah diberikan VAR lebih dari 7 hari sebelumnya.

SAR diberikan pada mereka dengan luka risiko tinggi seperti pasien dengan banyak luka, luka di area banyak saraf seperti muka, kepala, leher, ujung jari tangan dan kaki, serta kontak air liur pada selaput lendir.

SAR memiliki dua varian hingga saat ini, yaitu yang berasal dari serum manusia (Human RIG) dan yang berasal dari serum kuda (Purified Equine RIG).

Dapatkan vaksinasi rabies langsung di rumah Anda dengan memesan layanan dokter melalui aplikasi Medi-Call dengan men-download di iOS dan Google Plays Store secara gratis.

Untuk pemesanan Anda juga bisa menghubungi Call Center Medi-Call (081210783387) untuk informasi lebih lanjut mengenai vaksin rabies untuk luka gigitan hewan.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.