Manfaat Pemberian Vaksin MMR untuk Orang Dewasa

Bagikan artikel ini

Pemberian vaksin MMR untuk orang dewasa sebaiknya dilakukan guna memberikan perlindungan dari tiga penyakit berbahaya.

Vaksin MMR adalah vaksin yang digunakan untuk melindungi tubuh dari tiga penyakit berbahaya yaitu campak, gondongan dan rubella.

Campak merupakan penyakit yang mengakibatkan penderitanya mengalami demam, batuk, pilek, mata merah dan berair serta ruam pada kulit.

Penyakit campak dapat menyebabkan komplikasi seperti diare, pneumonia, infeksi telinga, kerusakan otak hingga kematian.

Gondongan adalah infeksi virus yang menyebabkan peradangan pada kelenjar ludah sehingga penderita mengalami demam, pembengkakan kelenjar ludah, nyeri otot dan kelelahan.

Gondongan yang tidak kunjung membaik dapat menyebabkan komplikasi berupa gangguan pendengaran, infeksi pada jaringan otak serta infeksi sumsum tulang belakang.

Penyakit rubella juga merupakan infeksi virus menular yang menyebabkan penderitanya mengalami demam dan ruam yang serius.

Apabila Anda mengalami gejala demam, kelelahan, timbul ruam di kulit serta pembengkakan di area tenggorokan, ini merupakan gejala infeksi virus campak, gondongan dan rubella sebaiknya segera hubungi dokter.

Anda menggunakan layanan panggil dokter Medi-Call ke rumah dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam agar tidak perlu keluar rumah.

banner pop up dokter Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Pemberian Vaksin MMR untuk Orang Dewasa

Penyakit campak, gondongan dan rubella merupakan penyakit berbahaya yang mudah menular.

Virus penyebab ketiga penyakit ini mudah menular dari satu orang ke orang lainnya melalui udara seperti batuk, bersin, minum atau makan dari wadah yang sama.

CDC (Center for Disease Control and Prevention) menganjurkan setiap anak berusia dua belas bulan untuk mendapatkan vaksinasi MMR.

Namun, meski sudah mendapatkan vaksinasi MMR saat masa anak-anak, ini tidak menjamin perlindungan seumur hidup dari ketiga penyakit tersebut.

Sehingga dianjurkan melakukan pemberian vaksin MMR untuk orang dewasa sebanyak dua dosis.

Ini disebabkan adanya risiko komplikasi yang berbahaya apabila virus penyebab campak, gondongan dan rubella masuk ke dalam tubuh.

Pada wanita hamil, apabila terkena penyakit rubella dapat menyebabkan keguguran serta masalah kehamilan yang serius.

Baca juga:  Gejala Rubella pada Anak dan Ibu Hamil serta Cara Mengatasinya

Sebanyak dua puluh persen ibu hamil yang terkena penyakit rubella akan mengalami masalah kehamilan dan risiko cacat lahir yang serius.

Risiko cacat lahir akibat penyakit rubella antara lain adanya kerusakan hati, jantung, tuli serta cacat intelektual.

Oleh karena itu penting melakukan pemberian vaksin MMR untuk orang dewasa.

Pemberian vaksin MMR untuk orang dewasa juga sebaiknya dilakukan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri.

Di beberapa negara tingkat penularan virus penyebab campak, gondongan dan rubella masih cukup tinggi sehingga perlu melakukan pemberian vaksin MMR untuk orang dewasa.

Eropa, Afrika Selatan dan Filipina merupakan negara yang memiliki risiko penularan infeksi virus campak yang cukup tinggi.

vaksin di rumah, vaksinasi di rumah, pesan vaksin, vaksin rabies, vaksin VAR, vaksin SAR, vaksin meningitis, vaksin influenza, vaksin difteri, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksin di Rumah Anda
Gejala

Melakukan pemberian vaksin MMR untuk orang dewasa dapat membantu melindungi tubuh dari ketiga penyakit berbahaya serta mengurangi risiko penularan di masyarakat.

Anda bisa mendapatkan layanan vaksinasi di rumah dengan dokter Medi-Call sehingga tidak harus ke Rumah Sakit dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Panggil Dokter 24 Jam ke Rumah Anda