fbpx

Pertolongan Pertama Pada Penderita Stroke, Waspada Hoax Ini!

Bagikan artikel ini

Pertolongan pertama pada penderita stroke masih sangat terbatas diketahui, Stroke dapat terjadi secara tiba-tiba, dimana saja, dan kapan saja sehingga harus mendapatkan penanganan secepatnya.

Sebagai penolong berperan penting bagi penderita stroke mengingat penyakit ini dapat menyebabkan penderita meninggal dunia secara mendadak.

Pengetahuan tentang pertolongan pertama pada penderita stroke ini dapat membantu mencegah meluasnya kerusakan pada sel otak yang ditimbulkan dari stroke bahkan menyelamatkan penderita stroke. 

medi-call, medicall, dokter ke rumah, perawat ke rumah, bidan ke rumah, fisioterapi ke rumah, perawat luka, perawat bayi, perawat home care, perawat lansia, infus vitamin c, vitamin c, vaksin
Medi-Call: Layanan Tenaga Medis Ke Lokasi Anda

Data dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan yang melaksanakan Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) pada tahun 2018 mencatat jumlah kasus penderita stroke di Indonesia naik dari 7% menjadi 10,9%.

Dengan adanya data ini, pengetahuan tentang pertolongan pertama pada penderita stroke harus diketahui agar dapat menyelamatkan banyak nyawa serta menurunkan tingkat penderita stroke di Indonesia.

Stroke secara umum terjadi karena terhambat nya suplai darah yang membawa oksigen ke otak sehingga sistem di beberapa saraf otak tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama pada penderita stroke:

  • Pertama, yang dapat dilakukan adalah penolong jangan panik kemudian membawa penderita ke tempat yang lebih aman. Ketika penderita stroke terjatuh di jalan atau trotoar, penolong harus membawa penderita ke tempat teduh dan nyaman.
  • Kedua, baringkan penderita. Penolong dapat membaringkan penderita dan memberikan penyangga berupa bantal atau barang serupa di kepala dan bahu untuk mengurangi tekanan darah pada otak.
  • Ketiga, segera hubungi rumah sakit terdekat agar mengirimkan ambulans atau dokter ke lokasi. Penolong harus menghubungi tenaga medis ke lokasi agar penderita mendapatkan pengobatan lebih lanjut, salah satunya adalah menghubungi Call Center Medi-Call.
  • Keempat, periksa respon penderita. Tenaga medis sedang dalam perjalanan dan akan memakan waktu, penolong bertugas untuk mengecek kesadaran serta respon dengan cara mengajak penderita stroke mengobrol seperti menanyakan nama atau alamat.
  • Kelima, penanganan selanjutnya dapat dilakukan saat penderita dibawa ke rumah sakit.
medi-chat, medi-call, medicall, konsultasi dokter, dokter konsultasi, konsultasi dengan dokter
Medi-Chat: Gratis Tanya Dokter Di Aplikasi Medi-Call

Golden period

Golden Period’ merupakan  istilah dari jangka waktu yang dimiliki penderita stroke agar dapat tertolong dan berkesempatan untuk pulih tanpa adanya cacat.

Waktu yang dimiliki penderita stroke tidak lebih dari 4,5 jam dari serangan stroke atau gejala stroke pada pertama kali.

Ketika pertolongan pertama pada penderita stroke dilakukan dengan benar, kemungkinan penderita stroke dapat pulih kembali akan semakin besar. 

Namun sebaliknya, jika penderita tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut dari tenaga medis, maka penderita akan kehilangan semakin banyak sel otak.

Hoax terkait pertolongan pertama pada penderita stroke

Informasi terkait pertolongan pertama pada penderita stroke tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Terdapat sebuah informasi yang keliru dalam penanganan stroke, dimana penolong harus menusukkan jarum di telinga atau jari penderita untuk menghilangkan sumbatan darah.

Hal ini justru dapat membahayakan penderita jika jarum yang digunakan tidak steril sehingga dapat menyebabkan infeksi.

Stroke dapat ditangani dengan memasukkan obat penghancur sumbatan oleh dokter agar suplai darah ke otak dapat kembali berjalan normal. 

Maka dari itu, penolong direkomendasikan untuk membawa penderita untuk segera ke rumah sakit atau memanggil dokter dikarenakan menusukkan jarum ke telinga atau jari penderita tidak ada gunanya.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Untuk pemeriksaan pasien stroke lebih lanjut, segera hubungi dokter ke rumah melalui aplikasi Medi-Call atau hubungi Call Center Medi-Call.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status