Prosedur MCU Karyawan, Calon Pegawai Wajib Tahu!

Bagikan artikel ini

Ada beberapa prosedur MCU karyawan yang perlu dilakukan baik untuk calon pegawai maupun untuk pegawai lama. Apa saja sih yang dilakukan saat medical check up?

Medical check up dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mengidentifikasi bahwa karyawan mampu mengerjakan pekerjaan yang diberikan secara fisik.

Pada beberapa perusahaan, medical check up ini juga menjadi tahapan penentu apakah seseorang akan diterima bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

Oleh karenanya diperlukan kiat-kiat khusus yang sebaiknya dilakukan menjelang medical check up karyawan, agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Dan sekarang, prosedur MCU karyawan tidak hanya dilakukan dari Rumah Sakit atau klinik saja loh.

Tetapi juga sudah bisa dilakukan dari lokasi kantor Anda langsung, yang prosedurnya akan dilakukan oleh Tenaga Medis berpengalaman.

Baca juga:  Paket Medical Check Up Karyawan Murah dan Berpengalaman

Harga paket MCU karyawan dari Medi-Call datang ke lokasi mulai dari Rp. 250.000 per karyawan, dan bisa mendapatkan harga spesial.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai MCU karyawan dari Medi-Call bisa menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Prosedur MCU Karyawan

Ada 2 tipe prosedur MCU karyawan yaitu pemeriksaan sebelum kerja, yang dikhususkan untuk calon pegawai sebelum bekerja di sebuah perusahaan.

Tipe prosedur MCU karyawan selanjutnya adalah pemeriksaan berkala, ini dilakukan untuk memeriksa kesehatan karyawan yang sudah bekerja di perusahaan setiap 1 tahun sekali.

Lalu apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan prosedur MCU karyawan?

Pada dasarnya, prosedur MCU karyawan terdiri dari serangkaian tes kesehatan seperti:

  • Cek fungsi jantung

Pada prosedur MCU karyawan, Anda akan dilakukan pemeriksaan cek fungsi jantung atau biasa juga dikenal sebagai elektrokardiogram (EKG).

Ini berfungsi untuk mengukur aktivitas listrik jantung agar mendeteksi masalah seperti aritmia atau penyakit jantung iskemik.

Caranya adalah dengan meletakkan elektroda pada dada atau anggota tubuh lainnya untuk merekam gelombang listrik yang dihasilkan oleh jantung.

 

  • Pemeriksaan gula darah

 

Tidak ketinggalan, pada prosedur MCU karyawan juga dilakukan pemeriksaan gula darah.

Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk mendiagnosis diabetes.

Saat pemeriksaan gula darah, biasanya diperlukan pengambil sampel darah baik dari vena atau bisa juga dari ujung jari.

 

  • Hemoglobin

 

Selanjutnya, ada juga namanya tes hemoglobin mengukur kadar hemoglobin dalam darah.

Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Tes ini dilakukan untuk mendeteksi kondisi seperti anemia atau masalah lain yang berkaitan dengan produksi atau fungsi hemoglobin.

 

  • Tes urine

 

Ada juga pemeriksaan tes urine, ini biasanya dilakukan untuk melihat adanya indikasi seperti infeksi saluran kemih, diabetes, atau masalah ginjal.

Selain itu, tes urine juga digunakan untuk mendeteksi penggunaan obat-obatan atau zat terlarang.

Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah

Prosedur MCU karyawan mungkin dapat berbeda-beda pada setiap perusahaan.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan pada pemeriksaan kesehatan perusahaan Anda.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup menjelang pemeriksaan kesehatan agar mendapatkan hasil yang baik.

Bila Anda mempunyai keluhan mengenai kesehatan tubuh, tidak perlu ragu untuk mendapatkan pengobatan dari dokter Medi-Call datang ke rumah dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau aplikasi Medi-Call.

 

DMCA.com Protection Status