Pentingnya ASI Eksklusif untuk Bayi, Jaga Berat Badan Hingga Lindungi dari Penyakit

Kenali berbagai pentingnya ASI eksklusif untuk bayi. Orang tua perlu tahu agar bisa memberikan yang terbaik untuk si Kecil, termasuk soal nutrisi. Awal-awal kehidupan bayi merupakan fase penting yang sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk mendukung pertumbuhan optimalnya, penting bagi orangtua untuk memberikan asupan yang terbaik untuk si Kecil. Pada enam bulan pertama kehidupan, ASI eksklusif menjadi pilihan nutrisi terbaik karena menyediakan semua kebutuhan gizi yang lengkap untuk bayi.Selengkapnya, berikut adalah informasi mengenai pentingnya ASI eksklusif untuk bayi yang perlu orang tua ketahui.
layanan baby care Medi-Call
Medi-Call: Layanan Baby Care di Lokasi Anda

Pentingnya ASI Eksklusif untuk Bayi

World Health Organization (WHO) merekomendasikan agar para ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayinya selama enam bulan pertama kehidupan.Setelah enam bulan pertama, bayi baru dapat diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) yang bergizi. Lantas, mengapa ASI eksklusif sangat dianjurkan? Berikut adalah penjelasan mengenai pentingnya ASI eksklusif untuk bayi:
  • ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi
Pentingnya ASI eksklusif untuk bayi ASI yang pertama adalah ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi, termasuk jika dibandingkan dengan susu formula. Pasalnya, ASI mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya secara optimal. ASI menyediakan protein, lemak, vitamin, mineral, dan karbohidrat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain itu, komposisi ASI secara alami menyesuaikan dengan kebutuhan bayi sesuai dengan tahap pertumbuhannya.Dengan begitu, ASI selalu memberikan nutrisi yang tepat di setiap tahap perkembangan si Kecil.
  • Mengandung kolostrum yang sangat bermanfaat bagi bayi
Pentingnya ASI eksklusif untuk bayi selanjutnya adalah karena terdapat kandungan kolostrum di dalamnya.Kolostrum adalah cairan sebelum ASI yang sudah ada di payudara mulai dari lima bulan kehamilan.Kolostrum tersedia dalam jumlah kecil yang sangat sesuai dengan ukuran perut bayi saat lahir.Meskipun jumlahnya kecil, kolostrum memiliki manfaat yang luar biasa bagi bayi. Kolostrum dapat memberikan perlindungan pada bayi terhadap penyakit yang tidak dapat diberikan oleh susu formula.
  • ASI eksklusif menurunkan risiko bayi terserang penyakit
Pentingnya ASI eksklusif untuk bayi selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko bayi terserang penyakitBayi yang hanya mendapat ASI dalam enam bulan pertama kehidupannya cenderung lebih jarang sakit dibandingkan bayi yang diberikan asupan lain. ASI eksklusif melindungi bayi dari berbagai penyakit, termasuk pneumonia dan infeksi saluran pernapasan lainnya. Bayi yang diberi ASI eksklusif juga memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit usus, infeksi telinga, serta alergi. Dengan memberikan ASI eksklusif, bayi bisa tumbuh lebih sehat dengan sistem kekebalan yang kuat, sehingga lebih tahan terhadap berbagai penyakit di masa awal kehidupannya.
  • ASI eksklusif menjaga berat badan bayi tetap ideal
Beberapa orang mungkin menganggap bahwa susu formula lebih baik untuk bayi karena dapat meningkatkan berat badan dengan cepat. Namun, kenyataannya, kenaikan berat badan bayi yang cepat tidak selalu menandakan bayi sehat. ASI eksklusif justru berperan dalam menjaga berat badan bayi agar tetap sehat dan ideal.Memberikan ASI eksklusif dapat meningkatkan penambahan berat badan yang sehat dan membantu mencegah obesitas pada si Kecil.Salah satu studi menunjukkan bahwa menyusui selama lebih dari 4 bulan dapat menurunkan kemungkinan bayi mengalami obesitas.Pasalnya, ASI memberikan leptin pada bayi, yaitu hormon utama untuk mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak.
Baca juga:  Sehat dan Mencerdaskan, Berikut Manfaat ASI Eksklusif untuk Bayi
  • ASI eksklusif bisa membuat bayi lebih cerdas
Penelitian yang dipublikasikan pada The Official Journal of The Academy of Breastfeeding Medicine menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam perkembangan otak antara bayi yang mendapat ASI dan yang diberi susu formula.Perbedaan ini mungkin disebabkan oleh kedekatan fisik antara ibu dan bayi, sentuhan, dan kontak mata saat menyusui si Kecil. Selain dinilai memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, bayi yang mendapat ASI juga cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah perilaku dan masalah kesulitan belajar saat mereka dewasa.Pentingnya ASI eksklusif untuk bayi sangat banyak sehingga sebagian besar lembaga kesehatan sangat menganjurkan orang tua untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Kecuali jika ada masalah medis tertentu yang menghalangi ibu untuk memberikan ASI pada bayinya. 
Medi-Call: Layanan Perawat Bayi di Rumah
Jika Anda membutuhkan layanan babycare atau pijat laktasi untuk ibu menyusui, Medi-Call siap membantu. Jangan ragu untuk menghubungi Call-Center Medi-Call 24 Jam atau aplikasi Medi-Call di Google Play Store untuk mendapatkan layanan perawat bayi Medi-Call datang ke rumah.Referensi:
  • World Health Organization. Exclusive breastfeeding for six months best for babies everywhere.
  • Sutter Health. Importance of Exclusive Breastfeeding.
  • Healthline (2024). 11 Benefits of Breastfeeding for Both Mom and Baby.
  • PLOS (2015). Does Breastfeeding Help to Reduce the Risk of Childhood Overweight and Obesity? A Propensity Score Analysis of Data from the KiGGS Study
  • The Official Journal of The Academy of Breastfeeding Medicine (2017). The Science of Breastfeeding and Brain Development. Breastfeeding medicine.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip