alergi, alergi dingin, penyebab alergi, penyebab alergi dingin, gatal alergi, gatal alergi dingin, ciri ciri alergi dingin, cara mengobati alergi dingin

Yuk Kenali Ciri, Penyebab dan Cara Mengobati Alergi Dingin

Share Artikel Ini

Alergi dingin umumnya diderita oleh anak-anak dan remaja, namun seiring berjalannya waktu akan berkurang atau menghilang. Walaupun tidak bisa disembuhkan, namun Anda bisa mengurangi gejala alergi ini.

Cuaca dingin bagi sebagian orang memang menyejukkan. Namun ada beberapa orang akan mengalami beberapa kondisi seperti asma, kemungkinan terjadi nyeri sendi, kulit terasa lebih kering bahkan alergi apabila terjadi cuaca dingin.

Apabila cuaca dingin, maka bagi Anda yang memiliki alergi, maka akan menampakkan gejala alergi dingin. Gejala tersebut dapat beraneka ragam bergantung pada kondisi tubuh setiap orang, seperti kulit merah dan gatal.

Alergi terhadap dingin ini dapat terjadi apabila tubuh berada pada suhu rendah seperti ruangan ber-AC, mengkonsumsi makanan maupun minuman dingin.

Pengobatan alergi terhadap suhu dingin tidak menyembuhkan secara permanen, namun dapat mengurangi rasa sakit maupun gatal yang disebabkan oleh alergi tersebut.

Alergi dingin

Alergi dingin atau dikenal dengan urtikaria dingin merupakan reaksi tubuh ketika tubuh terpapar suhu dingin di bawah 4 derajat Celcius, air dingin begitu pula makanan maupun minuman dingin bahkan pada kondisi lembab dan berangin.

Reaksi tubuh terjadi saat pelepasan histamin dan zat kimia ke dalam darah. Alergi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: makanan, udara, kontak kulit dan obat-obatan.

Alergi terhadap suhu dingin dapat terjadi pada tubuh individu akibat faktor keturunan, umumnya menyerang usia anak-anak dan remaja yang akan berkurang atau menghilang secara perlahan seiring berjalannya waktu.

Selain itu alergi ini juga dapat menyerang seseorang yang terinfeksi penyakit tertentu seperti pneumonia dan radang paru. Begitu pula orang yang mengidap penyakit tertentu seperti kanker dan hepatitis.

Gejala alergi dingin

Gejala alergi ini pada setiap tubuh individu berbeda-beda. Namun beberapa gejala yang umumnya muncul adalah :

  • Tubuh terasa bengkak
    Bagi penderita alergi suhu dingin, jika terkontaminasi secara langsung dengan benda bersuhu rendah maka tubuh menjadi bengkak akibat terjadinya inflamasi pada beberapa area tubuh seperti tangan maupun beberapa area lain. Perlu diwaspadai apabila pembengkakan terjadi di area leher karena dapat menyebabkan kematian.
  • Tangan menjadi kemerahan
    Kulit berubah menjadi kemerahan akibat pembengkakan yang terjadi yang dapat berlangsung hingga 24 jam meskipun tubuh sudah ada pada suhu yang hangat.
  • Tubuh terasa gatal
    Tubuh terasa gatal merupakan gejala umum untuk beberapa jenis alergi tidak terkecuali alergi dingin. Hal ini disebabkan pelepasan histamin dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh menjadi gatal.
  • Rasa pusing
    Bagi sebagian penderita alergi ini saat terkontaminasi langsung dengan air dingin seperti berenang dapat menimbulkan rasa pusing.

 

Pengobatan Alergi Dingin

Pengobatan alergi dingin tidak dapat menghilangkan, hanya mengurangi gejala yang ditimbulkan serta pencegahan agar tidak muncul di kemudian hari. Beberapa pilihan obat-obatan yang dapat digunakan adalah :

  • Omalizumab, umumnya digunakan oleh penderita asma, namun dapat juga digunakan oleh penderita alergi dingin.
  • Doxepin, mampu mengatasi alergi terhadap suhu dingin.
  • Cyproheptadine untuk mengatasi reaksi saraf ketika terjadi alergi cuaca dingin
  • Antihistamin, mampu menghambat pelepasan zat histamin pada tubuh.

 

Alergi dingin memang sulit untuk dihilangkan, namun pada beberapa individu dapat hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi alergi dingin adalah dengan menghindarinya. 

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terjadinya alergi dingin adalah dengan menghindari konsumsi makanan maupun minuman dingin, mengkonsumsi obat yang telah diberikan dokter ke rumah, konsumsi antihistamin apabila sudah mengetahui akan berada di area bersuhu dingin atau terpapar benda bersuhu rendah, kenakan pakaian hangat untuk menghindari kulit dari paparan cuaca dingin.

No Comments

Post A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Call Center Medi-Call