Memahami Penyebab Kulit Gatal, Mengapa Terjadi?

Share Artikel Ini

Apapun jenis kulit, Anda pasti pernah merasakan kulit gatal, kulit kemerahan, ruam bengkak. Namun, apa penyebab kulit gatal?

“Jika kondisi seperti itu tidak pernah mengganggu kehidupan sehari-hari Anda atau menutupi seluruh tubuh, dan Anda tidak merasa sakit karena itu, kemungkinan Anda tidak perlu khawatir terhadap ruam tersebut dan kondisi kulit tersebut akan hilang dengan sendirinya,” Rebecca Kazin, MD, Ahli Dermatologis Bedah Laser Dermatologi Institut Washington.

Cara menyembuhkan kulit gatal atau ruam tersebut biasanya dioleskan dengan krim anti gatal yang bisa dibeli di apotek seperti hidrokortison.

Namun, jika rasa gatal tersebut berlangsung selama lebih dari dua minggu atau kadang sembuh dan kadang gatal lagi atau bahkan krim anti gatal Anda tidak bisa mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk didiagnosa dan diresepkan obat yang cocok untuk kondisi penyakit yang sedang Anda derita.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Lebih baik Anda mengetahui penyebab dari gangguan kulit yang membuat kulit menjadi merah dan gatal, serta iritasi.

Berikut beberapa penyebabnya.

Reaksi alergi terhadap produk perawatan pribadi

Reaksi alergi ini berlaku untuk pemakaian kosmetik, perawatan kulit, perawatan rambut, dan bahkan deterjen yang Anda gunakan.

Manusia biasa melakukan kontak dan sentuhan dengan begitu banyak hal-hal yang berpotensi membuat kita alergi setiap harinya.

“Biasanya orang-orang alergi terhadap bahan pengawet dan bisa saja ada beberapa orang yang tidak alergi kepada bahan pengawet tapi awet ke hal yang lain,” kata Kazin.

Misalnya, banyak orang yang alergi terhadap PABA, bahan kimia dalam tabir surya yang menyerap sinar UV, dan hal ini ditanggapi oleh produsen tabir surya dengan menambahkan label PABA-free.

Lazim juga bagi orang-orang untuk alergi terhadap wewangian tertentu.

Jika Anda selalu mengalami ruam merah atau gatal-gatal ketika memakai satu produk tertentu, segera hentikan penggunaannya.

Namun jika Anda tidak tahu apa yang menyebabkan reaksi alergi, Anda mungkin perlu untuk melakukan patch test yaitu anda mengoleskan sedikit produk tersebut ke bagian kulit untuk melihat reaksi kulit Anda.

Eksim

Eksim adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis peradangan kulit, atau dermatitis dan bisa muncul di mana saja pada tubuh, meskipun eksim sering ditemukan di lipatan siku atau belakang lutut.

Ruam eksim dapat terlihat sangat berbeda daripada ruam biasa, tapi biasanya terasa sangat gatal, terlihat merah dan kering.

Keratosis pilaris

Penyakit kulit ini yang juga dikenal sebagai kulit ayam atau KP, merupakan kondisi varian dari eksim.

Kondisi ini menyebabkan sel-sel kulit mengelompok di sekitar folikel rambut, sehingga rambut bagian bawah terjebak dan muncul benjolan karena sel rambut terperangkap di bawah kulit. KP biasanya muncul di lengan dan paha.

Penyakit ini ini tidak selalu membuat gatal.

Sementara untuk warna benjolannya, tergantung pada kondisi kulit seseorang, benjolan ini biasanya berwarna merah atau coklat.

Penyakit ini termasuk kronis, namun dapat diatasi dengan produk yang mengandung pengelupas dari bahan kimia seperti asam glikolat dan asam laktat.

Gesekan kain

Memakai pakaian yang memiliki tekstur kain dan membuat Anda gatal dapat menyebabkan dermatitis. Hal itu bisa sangat menjengkelkan.

Biasanya iritasi ini sering terjadi jika Anda berolahraga dan pakaian Anda mulai menggesek kulit berkeringat Anda.

Jika ruam merah gatal sering terlihat setelah anda berolahraga di gym, periksa jika ruam tersebut muncul di lokasi di mana ada jahitan di baju olahraga Anda.

Biasanya materi baju katun tidak membuat gatal, namun besar kemungkinan untuk bahan seperti wol membuat gatal dan iritasi terutama di sekitar leher.

Gigitan serangga

Gigitan serangga biasanya berbentuk sebagai satu atau beberapa benjolan merah, namun ada beberapa orang yang alergi terhadap gigitan serangga tertentu.

Reaksi alergi ini terlihat ketika seseorang digigit nyamuk dan muncul ruam merah yang menyebabkan kulit gatal dan bengkak di area yang digigit nyamuk.

Jika Anda bangun tidur dan sekujur tubuh Anda terdapat bekas gigitan merah dan terasa gatal, bisa jadi tempat tidur Anda telah terjangkit kutu ranjang.

Biasanya kutu ranjang akan menyasar bagian kulit gatal di lengan, bahu, leher, dan wajah. Ruam merah juga bisa muncul pada kulit sensitif.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Jika ada kemungkinan Anda bisa terkena gigitan kutu, Anda bisa segera mencari sumber gatal tersebut dan konsultasikan ke dokter karena jika dibiarkan begitu saja, rasa gatal itu akan berkembang menjadi penyakit Lyme.

Biasanya gigitan serangga yang normal bisa diobati sendiri dengan krim hidrokortison, lain halnya jika ada tanda-tanda terinfeksi atau jika itu keluar nanah, maka Anda harus ke dokter karena dibutuhkan pengobatan yang khusus.

Ruam Panas

Ruam panas seperti benjolan merah gatal juga mungkin terasa sakit, dan ruam panas itu biasanya ada di sekitar leher atau di daerah kulit lain di mana keringat terperangkap di bawah pori-pori dan berakhir tersumbat.

Ruam panas dapat muncul dalam bentuk yang berbeda-beda, kadang-kadang berbentuk benjolan merah, tapi kadang-kadang hanya seperti lecet.

Ruam yang terjadi ketika cuaca sedang panas dan lembab biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah kulit didinginkan.

Alergi Makanan/Obat-obatan

Konsumsi makanan atau obat-obatan yang kemungkinan bisa mencetus alergi dapat menyebabkan ruam merah dan gatal.

Untuk kondisi ini, ruam merah tersebut dapat muncul sebagai benjolan yang sangat besar.

Khusus untuk ruam yang muncul karena alergi adalah ruam tersebut dapat muncul di manapun pada tubuh Anda.

Sementara ruam yang muncul karena iritasi kulit, ruam hanya terlihat di bagian kulit yang terkena bahan alergen.

Karena sifat alergi yang disebabkan oleh makanan dan obat-obatan bisa sangat berbahaya, itu sangat penting untuk dibawa ke dokter sesegera mungkin.

Alergi Sinar Matahari

Jenis alergi yang biasanya muncul karena terlalu lama berjemur.

Kadang-kadang ada beberapa orang yang terlalu lama berada di musim dingin lalu pergi ke tempat yang cerah dan menyebabkan kulit gatal.

Reaksi ini terjadi karena tubuh Anda bereaksi terhadap paparan sinar matahari yang mendadak.

Reaksi gatal tersebut muncul pada lengan atau tempat lain yang telah tertutup selama berbulan-bulan dan kemudian tiba-tiba terpapar sinar matahari.

Meskipun fenomena ini tidak terjadi pada semua orang, tetapi masih ada kemungkinan bagi beberapa orang untuk mendapat alergi semacam itu.

Jika Anda atau anggota keluarga mengidap reaksi alergi pada kulit Anda bisa melakukan cara menghilangkan kulit gatal.

Apabila penyebab kulit gatal menunjukkan tanda-tanda mengkhawatirkan dan tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter Medi-Call supaya bisa melakukan konsultasi dan diagnosa di rumah Anda, tanpa harus datang ke klinik atau rumah sakit.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.