Medi-Call

15 Penyebab Bentol Pada Kulit Tidak Kunjung Sembuh

Bagikan artikel ini

Umumnya penyebab bentol pada kulit disebabkan oleh gigitan serangga, alergi atau gejala penyakit tertentu.

Pernahkah Anda mengalami saat baru bangun tidur, tiba-tiba muncul bentol-bentol yang mungkin Anda sendiri tidak tahu penyebabnya?

Atau mungkin Anda pernah seharian beraktivitas dan Anda baru menyadari bentol bermunculan di tubuh Anda?

Faktor-Faktor Penyebab Bentol Pada Kulit

Kemunculan bentol-bentol di bagian tubuh bisa disebabkan oleh banyak hal.

Pada umumnya, bentol di tubuh terjadi karena gigitan nyamuk atau mungkin karena tidak sengaja makan sesuatu yang menyebabkan tubuh terkena alergi.

Tetapi, sebenarnya ada 15 kemungkinan sebagai penyebab bentol-bentol pada tubuh, di antaranya:

  • Gigitan Serangga
    Kulit memerah, rasa gatal, dan munculnya bentol merupakan beberapa hal yang diakibatkan oleh sengatan atau gigitan serangga. Reaksi alergi ini awam terjadi.
  • Infeksi
    Infeksi yang disebabkan oleh penyakit seperti hepatitis, HIV, demam kelenjar, atau cytomegalovirus membuat penderitanya merasakan kemunculan bentol-bentol di tubuh.
  • Menggaruk Bagian Tubuh
    Tanpa disadari, Anda sangat sering menggaruk bagian tubuh yang gatal. Perlu diketahui bahwa kebiasaan menggaruk tubuh ini juga bisa menyebabkan munculnya bentolan pada tubuh.
  • Berolahraga
    Ketika Anda sedang berolahraga, temperatur tubuh kita akan meningkat dan menjadi panas. Suhu panas ini bisa menyebabkan bentol-bentol muncul dan dapat hilang dalam hitungan jam.
Medi-Call: Layanan Dokter Umum Terdekat ke Lokasi Anda
  • Stress
    Ketika sedang banyak berpikir berat atau stress, hormon di dalam tubuh akan meningkat. Pada kondisi seperti ini, pikiran akan beraksi untuk merasa seperti dikejar-kejar oleh sesuatu yang akhirnya menyebabkan munculnya bentol.
  • Alkohol
    Selain menyebabkan mabuk jika diminum secara berlebihan, alkohol juga dapat menyebabkan wajah terlihat lesu. Rasa mual, muntah, diare, dan bentol pada tubuh pun akan muncul.
  • Makanan Penyebab Alergi
    Makanan penyebab alergi seperti kacang, kerang-kerangan, susu dan buah segar bisa membuat munculnya bentolan pada tubuh.
Baca juga:  Tips Aman Hindari Terkena Alergi Makanan Saat Liburan
  • Obat-obatan
    Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan munculnya bentol pada tubuh antara lain, Penicilin, Aspirin, Ibuprofen, Naproxen dan obat-obatan penurun darah tinggi. Konsultasikan kepada dokter Anda mengenai obat-obatan yang akan Anda konsumsi.
  • Membawa Beban Barang Terlalu Berat Bagi Tubuh
    Sering memakai tas yang terlalu berat dan kulit langsung bersentuhan dengan shoulder strap, ikat pinggang yang terlalu rapat dan duduk di kursi yang keras dengan waktu yang lama dapat menyebabkan reaksi gatal-gatal.
  • Sinar Matahari
    Meskipun reaksi alergi pada sinar matahari ini sangat jarang terjadi. Bisa saja Anda mempunyai alergi terhadap paparan sinar matahari sehingga bentol-bentol muncul pada tubuh Anda.
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah
  • Suhu yang Terlalu Panas
    Selain paparan sinar matahari, hal-hal yang menyebabkan panas juga bisa menjadi penyebab bentol pada tubuh, seperti berendam atau mandi dengan air panas.
  • Suhu yang Terlalu Dingin
    Suhu yang terlalu dingin pun juga bisa menjadi penyebab bentol pada tubuh.
  • Penyakit Autoimun
    Ini biasanya diakibatkan oleh sistem imun di dalam tubuh kita yang sedang bekerja untuk menyerang berbagai virus penyakit.
  • Getah
    Sarung tangan sekali buang, perban, kondom, sepatu, dan alat-alat yang terbuat dari getah lainnya bisa menjadi penyebab bentol jika tubuh kita memberikan reaksi alergi terhadapnya.

Baca juga:  9 Langkah Menghilangkan Bentol Merah dan Gatal pada Kulit

  • Alergi Hewan Peliharaan
    Air liur serta bulu pada hewan peliharaan dapat memicu reaksi alergi sehingga menyebabkan kulit merah hingga bentol-bentol.

Itu tadi beberapa faktor penyebab bentol yang bisa muncul di tubuh Anda. Perlu Anda ingat juga bahwa tetap berhati-hati jika mengobati bentol dan gatal sendiri.

Konsultasikan keluhan penyebab bentol Anda kepada dokter Medi-Call datang ke rumah dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam apabila Anda merasa bentol di kulit tidak kunjung hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DMCA.com Protection Status