Atasi Biang Keringat pada Bayi dengan Cara Efektif Ini!

Atasi biang keringat pada bayi memang susah-susah gampang. Biasanya, kondisi tersebut terjadi saat cuaca lembap dan panas atau saat anak demam dan berkeringat banyak.Dikenal juga dengan sebutan ‘keringat buntet’, biang keringat biasanya terjadi saat pori-pori kulit bayi tersumbat dan mencegahnya memproduksi keringat.Biang keringat biasanya timbul di leher, dada, dahi, ketiak, dan area lipatan kulit lainnya. Lantas bagaimana cara atasi biang keringat pada bayi? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!
Medi-Call: Layanan Perawat Bayi di Rumah

Cara Atasi Biang Keringat pada Bayi

Biang keringat merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering dialami bayi. Selain biang keringat akibat infeksi, sebagian besar biang keringat dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, biang keringat pada bayi tetap membutuhkan perawatan yang tepat. Pasalnya, biang keringat bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada si Kecil. Di bawah ini beberapa cara atasi biang keringat pada bayi yang bisa diterapkan:
  • Hindari udara panas dan lembap
Cara mengatasi biang keringat pada bayi yang pertama adalah dengan memindahkan bayi ke ruangan yang sejuk dan teduh.Hindari bayi dari udara panas dan lembap karena bisa memperparah biang keringat.Namun, hati-hati saat menggunakan AC atau kipas angin, jangan sampai angin langsung menerpa tubuh bayo.Selain itu, jangan lupa membawa kipas angin dan topi saat keluar rumah bersama bayi.
  • Pakaikan pakaian yang sejuk dan nyaman
Cara mengatasi biang keringat pada bayi selanjutnya adalah dengan memilih pakaian yang sejuk dan nyaman untuk bayi. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan serat alami, ringan, breathable, dan mudah menyerap keringat, misalnya baju dengan bahan katun.Hindari mengenakan pakaian sintetis, seperti pakaian dengan bahan poliester dan nilon. Pasalnya, bahan sintetis tidak breathable atau tidak memungkinkan panas keluar.Selain itu, pilih pakaian longgar untuk bayi atau biarkan bayi beberapa saat tidak mengenakan pakaian atau popok jika cuaca sedang panas.
  • Hindari sering menggendong bayi
Jika Anda ingin mengobati biang keringat pada bayi, maka tidak disarankan untuk menggendong bayi di saat cuaca sedang panas.Pasalnya, menggendong bayi saat cuaca panas membuat bayi berhadapan dengan dua sumber panas sekaligus, yakni cuaca dan panas tubuh ibu. 
  • Jaga kulit bayi tetap sejuk
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi biang keringat pada bayi adalah dengan mendinginkan kulit bayi yang iritasi.Caranya bisa dengan menggunakan kain dingin dan lembap. Selain itu, ibu juga bisa mendinginkan kulit bayi dengan memandikannya menggunakan sabun yang lembut.
  • Oleskan lotion dan krim hanya bila diperlukan
Jika si Kecil menangis karena disentuh akibat biang keringat yang semakin parah, Anda bisa mengoleskan lotion pada kulitnya. Pilihlah lotion khusus bayi dengan kandungan yang bisa menenangkan kulit.Namun, hindari mengoleskan lotion pada kulit di dekat mata bayi.Jika bayi mengalami biang keringat yang  sangat parah, gunakan krim hidrokortison, namun harus disertai dengan anjuran dokter.

Berapa Lama Biang Keringat Bayi akan Hilang?

Biang keringat umumnya ditandai dengan ruam merah atau merah muda pada kulit kepala, leher, lipatan kulit, dan area tubuh yang tertutup pakaian.Biang keringat biasanya  hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam, namun ada juga yang membutuhkan waktu 1 hingga 2 minggu untuk sembuh.
layanan baby care Medi-Call
Medi-Call: Layanan Baby Care di Lokasi Anda
Demikian cara atasi biang keringat pada bayi yang bisa diterapkan. Jika biang keringat pada bayi tak kunjung membaik, hubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call untuk panggil layanan jasa perawat bayi datang ke rumah.Referensi:
  • Saint Luke's. When Your Child Has Heat Rash (Prickly Heat).
  • Raising Children (2024). Heat rash.
  • NHS (2024). Heat rash (prickly heat).
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip