Kenali Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah: Hal-Hal Penting yang Harus Anda Waspadai

Tahukah Anda bahwa demam berdarah sangatlah berbahaya? Kenali ciri ciri gejala demam berdarah untuk menghindari bahaya demam berdarah.Demam berdarah adalah infeksi yang menyebar dari nyamuk ke manusia yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti.Demam berdarah sering terjadi di negara tropis serta dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa.Menurut Kemenkes, pada bulan Januari hingga Maret 2024, ada 43.271 kasus demam berdarah dan 343 kasus kematian akibat penyakit ini di Indonesia.Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja ciri ciri gejala demam berdarah dan cara mencegah demam berdarah untuk melakukan penanganan yang tepat. 

Ciri Ciri Gejala Demam Berdarah

Tahukah Anda, bahwa ada beberapa jenis ciri ciri gejala demam berdarah yang dialami oleh pasien demam berdarah, mulai dari gejala ringan maupun berat. Gejala demam berdarah biasanya muncul 4-10 hari setelah masa inkubasi.Yuk simak penjelasan lengkap mengenai ciri ciri gejala demam berdarah di bawah ini:
  • Rendahnya Trombosit Pasien yang mengalami demam berdarah biasanya memiliki trombosit yang rendah. Saat mengalami demam berdarah, virus menyerang sumsum tulang, tempat trombosit diproduksi.
  • Demam Tinggi Demam tinggi merupakan salah satu ciri ciri gejala demam berdarah. Demam yang dikategorikan sebagai demam tinggi adalah jika mencapai suhu 40 derajat celcius atau 104 derajat fahrenheit.
  • Sakit Kepala Ciri ciri gejala demam berdarah selanjutnya adalah sakit kepala. Sakit kepala pada gejala demam berdarah biasanya merupakan sakit kepala yang sangat parah serta berdenyut.
  • Nyeri Sendi atau Tulang Nyeri sendi atau tulang yang terjadi saat demam berdarah biasanya dikaitkan dengan kurangnya vitamin D3 dalam tubuh.
  • Mual dan Muntah Demam berdarah mempengaruhi dinding usus yang dapat menyebabkan muntah dan tidak jarang menyebabkan muntah darah. Selain mual dan muntah, beberapa pasien juga mengalami sakit perut hingga diare.
  • Rasa Sakit di Belakang Mata Saat mengalami demam berdarah, virus dapat menyerang bagian belakang mata sehingga menimbulkan rasa sakit.
    Ciri ciri gejala demam berdarah
    Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah

Cara Mencegah Demam Berdarah

Mengetahui penyebab dan ciri  ciri gejala demam berdarah sangat penting agar pencegahan dapat dilakukan dengan maksimal. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya demam berdarah di rumah:
  • Menggunakan obat pengusir nyamuk Ada dua jenis obat pengusir nyamuk yang dapat Anda gunakan, yakni obat nyamuk bakar dan obat nyamuk semprot. Anda juga dapat menggunakan minyak yang mengandung eucalyptus untuk dioleskan langsung ke kulit.
  • Menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang Penggunaan baju dan celana panjang ini berfungsi untuk menghindari dari gigitan nyamuk.
  • Menggunakan pendingin ruangan Pendingin ruangan dapat menjaga agar kelembaban serta suhu ruangan rendah, kondisi udara seperti ini tidak disukai oleh nyamuk.
  • Pastikan tidak ada genangan air Air yang tergenang bisa menjadi tempat nyamuk Aedes aegypti berkembang biak, jadi harus segera dibersihkan.
Jika ciri ciri gejala demam berdarah masih berlanjut, Anda harus segera menghubungi dokter secepatnya agar pasien dapat segera ditangani dengan baik dan tepat.Anda dapat menghubungi tim dokter Medi-Call yang sudah berpengalaman dalam mengatasi demam berdarah. Medi-Call menyediakan layanan dokter ke rumah agar memudahkan Anda untuk berkonsultasi serta melakukan pengecekan terhadap ciri ciri gejala demam berdarah. Anda dapat melakukan pemesanan melalui Call-Center 24 jam Medi-Call atau aplikasi Medi-Call
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip