Bagikan artikel ini

Infeksi, gatal, kulit kemerahan merupakan efek samping infus collagen yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan prosedur.

Infus collagen merupakan tindakan medis untuk meningkatkan penampilan, menghilangkan bekas luka, menghaluskan kerutan dan masih banyak lagi.

Manusia memiliki kandungan kolagen alami dalam tubuh yang dapat berkurang seiring dengan bertambahnya usia serta paparan sinar matahari terus-menerus.

Kolagen diperlukan untuk memperkuat jaringan dan organ kulit agar tetap lembab dan elastis serta tidak berubah warna.

Baca juga:  Ketahui Manfaat Infus Collagen untuk Kecantikan

Apabila kandungan kolagen dalam tubuh berkurang dapat menyebabkan kulit kekurangan elastisitasnya sehingga menimbulkan garis wajah, kerutan dan perubahan warna kulit menjadi kusam.

Melakukan suntik infus collagen dapat membantu mengisi kembali kolagen yang hilang akibat bertambahnya usia sehingga kulit Anda akan tampak kembali muda dan kencang.

Selain itu, infus collagen juga mampu menghilangkan garis wajah dan kerutan serta membuat bibir tampak lebih segar.

Anda bisa mendapatkan layanan infus collagen bersama dokter Medi-Call untuk mengembalikan elastisitas kulit agar tampak lebih muda dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

vitamin c di rumah, vitamin c, infus di rumah, pasang infus di rumah, infus vitamin c, medicall, medi-call
Medi-Call: Layanan Infus dan Vitamin di Rumah Anda

Efek Samping Infus Collagen

Biasanya prosedur infus collagen hanya memerlukan waktu hingga enam puluh menit dan dalam hitungan hari sudah dapat terlihat peningkatan pada kulit.

Akan tetapi hasil ini biasanya hanya dapat bertahan hingga kurang lebih enam bulan, sehingga dibutuhkan suntik infus collagen kembali untuk menjaga penampilan.

Prosedur ini juga umumnya minim efek samping infus collagen jika dilakukan dengan baik dan benar.

Akan tetapi, efek samping infus collagen umumnya dapat terjadi pada pasien usia di bawah delapan belas tahun, wanita hamil dan menyusui, sehingga tidak disarankan untuk melakukan prosedur ini.

Selain itu apabila Anda memiliki alergi parah, gangguan perdarahan, bisul, infeksi kulit dan keloid juga sebaiknya tidak mendapatkan prosedur karena dapat menimbulkan efek samping infus collagen.

Baca juga:  Memiliki Luka Keloid, Bagaimana Cara Mengobatinya?

Efek samping infus collagen di antaranya adalah timbul ruam, gatal, kemerahan serta bengkak pada area kulit di sekitar tempat suntik.

Jika Anda disuntik terlalu dangkal dan tidak tepat juga dapat menimbulkan efek samping infus collagen yaitu berupa benjolan, nyeri jangka panjang, infeksi hingga kelumpuhan saraf.

Penyuntikan kolagen terlalu dekat dengan mata juga dapat menyebabkan efek samping infus collagen yaitu gangguan penglihatan hingga kebutaan.

Terlalu sering melakukan suntik infus collagen mampu menimbulkan efek samping infus collagen seperti kerusakan jaringan permanen, penyumbatan pembuluh darah dan stroke.

Sebelum menjalani prosedur, dokter akan melakukan tes alergi untuk mencari tahu apakah aman bagi Anda mendapatkan suntik infus collagen.

Tes dilakukan dengan menyuntikkan sedikit zat collagen ke tangan Anda, kemudian menunggu hingga empat minggu untuk melihat adanya reaksi alergi atau tidak.

Konsumsi alkohol, aspirin dan teh hijau sebelum prosedur dapat meningkatkan resiko efek samping infus collagen pada tubuh seperti timbulnya memar.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Tidak banyak pasien yang mengalami efek samping infus collagen.

Dilansir dari healthline, studi menunjukkan tingkat keberhasilan prosedur infus collagen adalah 90%. 

Namun, jika Anda mengalami memar, bengkak dan kemerahan pada kulit yang tidak kunjung hilang beberapa hari setelah prosedur sebaiknya segera hubungi dokter.

Anda dapat menghubungi layanan panggil dokter Medi-Call ke rumah untuk konsultasi dengan aplikasi atau Call-Center 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Medi-Call konsultasi infus vaksin vitamin di rumah