Mengenal Lebih Dalam Penyebab dan Cara Atasi Gangguan Tulang Belakang

Banyak yang belum mengetahui, bahwa ternyata gangguan tulang belakang merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi.Tulang belakang merupakan struktur penting yang menopang tubuh manusia, memungkinkan terjadinya pergerakan dan melindungi saraf. Struktur tulang belakang terhubung dengan berbagai sistem saraf dan organ tubuh yang penting seperti sumsum tulang belakang, panggul dan lain sebagainya.Fungsi tulang belakang, memungkinkan seseorang untuk dapat berputar,  menekuk, berdiri, berjalan, dan mengangkat. Dengan demikian, tulang belakang terlibat dalam hampir semua aktivitas kehidupan sehari-hari.Adanya gangguan tulang belakang dapat membatasi banyak aktivitas dan menurunkan kualitas hidup.

Gangguan Tulang Belakang, Apa Penyebabnya?

Kebanyakan gangguan tulang belakang disebabkan oleh gangguan pada sendi, otot, ligamen, dan akar saraf di sekitarnya atau cakram di antara tulang belakang.Gangguan apa pun yang menyakitkan pada tulang belakang dapat menyebabkan kejang otot di sekitar tulang belakang.Gangguan tulang belakang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:
  • Cedera

Jatuh, kecelakaan, atau aktivitas fisik yang berlebihan dapat menyebabkan cedera pada tulang belakang, seperti patah tulang, dislokasi, atau ruptur diskus.

  • Penuaan

Orang-orang berusia 60 tahun ke atas sering mengalami gangguan tulang belakang.

Ini diakibatkan seiring bertambahnya usia, tulang dan sendi di tulang belakang secara alami menjadi aus dan kaku, meningkatkan risiko gangguan tulang belakang.

  • Artritis

Osteoartritis dan rheumatoid arthritis adalah dua jenis radang sendi yang paling umum, yang dapat menyebabkan kerusakan pada tulang rawan di tulang belakang.

  • Kelainan bawaan

Beberapa orang dilahirkan dengan kelainan tulang belakang, seperti skoliosis (lengkungan tulang belakang yang tidak normal) atau spina bifida (cacat tabung saraf).

  • Infeksi

Infeksi pada tulang belakang, seperti osteomielitis, dapat menyebabkan kerusakan pada tulang dan sendi.

  • Tumor

Tumor jinak atau ganas dapat tumbuh di tulang belakang dan menekan saraf, menyebabkan rasa sakit dan kelemahan.

Ciri ciri gejala demam berdarah
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah
Baca juga:  Rahasia Pengobatan Cedera Tulang Belakang Selain Operasi

Gejala Gangguan Tulang Belakang

Gejala gangguan tulang belakang dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Beberapa gejala yang umum terjadi adalah:
    • Nyeri di bagian punggung, leher, bahu atau kaki yang terasa tajam, serta seperti terbakar.
    • Kekakuan di punggung atau leher
    • Mati rasa serta kesemutan di bagian kaki dan lengan
    • Kelemahan di bagian kaki dan lengan
    • Kesulitan berjalan

Cara Mengatasi Gangguan Tulang Belakang

Kebanyakan gangguan tulang belakang dapat membaik dalam waktu satu bulan setelah perawatan di rumah, terutama pada orang yang berusia kurang dari 60 tahun. Namun, bagi beberapa orang lainnya, nyeri tersebut bertahan hingga beberapa bulan.Berikut ini beberapa cara mengatasi gangguan tulang belakang:
  • Istirahat

Istirahat dengan baik dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan.

  • Obat-obatan

Obat pereda nyeri bebas, seperti ibuprofen atau acetaminophen, dapat membantu meredakan nyeri. 

  • Fisioterapi

Latihan fisioterapi dapat membantu memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi.

  • Injeksi

Injeksi steroid atau obat nyeri lainnya dapat disuntikkan ke dalam ruang di sekitar saraf untuk meredakan nyeri.

  • Penyangga

Brace atau penyangga dapat membantu menopang tulang belakang dan mengurangi rasa sakit.

  • Operasi

Jika semua pengobatan non-operasi sudah dilakukan, namun keadaan tidak membaik. Anda mungkin perlu melakukan operasi tulang belakang.

Operasi Tulang Belakang Medi-Call
Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda
Medi-Call merupakan penyedia jasa layanan fisioterapi datang ke rumah.Bersama fisioterapi Medi-Call, Anda akan mendapatkan berbagai macam pilihan latihan yang sudah disesuaikan dengan kondisi Anda agar membantu memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas.Fisioterapis Medi-Call sudah berpengalaman dan memiliki STR.Informasi lebih lanjut hubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip