fbpx

Nyeri Ketika Bergerak, Berikut Gejala Osteoarthritis Pada Lutut

Bagikan artikel ini

Gejala osteoarthritis pada lutut penting untuk dikenali sejak dini, karena apabila dapat menyulitkan penderitanya untuk bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari. 

Osteoarthritis merupakan salah satu jenis radang sendi di mana tulang rawan terkikis seiring waktu, sehingga menyebabkan rasa nyeri dan permasalahan lainnya. 

Osteoartritis umumnya menyerang bagian persendian khususnya persendian yang menopang beban tubuh seperti lutut, kaki, dan tulang belakang.

medi-call, medicall, dokter ke rumah, perawat ke rumah, bidan ke rumah, fisioterapi ke rumah, perawat luka, perawat bayi, perawat home care, perawat lansia, infus vitamin c, vitamin c, vaksin
Medi-Call: Layanan Tenaga Medis Ke Lokasi Anda

Gejala osteoarthritis pada lutut

Osteoarthritis adalah penyakit yang umumnya terjadi pada lansia, akan tetapi penyakit ini juga bisa dialami oleh dewasa muda usia 20 sampai 30 tahun. 

Orang dewasa dengan berat badan melebihi normal sangat rentan untuk terkena osteoarthritis terutama pada bagian lutut karena beban yang ditopang oleh kaki. 

Gejala utama osteoarthritis adalah nyeri dan kaku pada sendi.

Rasa nyeri ini terasa paling buruk ketika menggerakkan sendi pada pagi hari atau setelah berbaring lama. 

Hal ini mungkin terjadi karena sendi menjadi kaku setelah istirahat yang kemudian akan berkurang begitu bergerak. 

Gejala dapat bervariasi pada setiap individu, namun secara garis besar gejala osteoarthritis pada lutut antara lain adalah:

  • Hilangnya fleksibilitas

Gejala osteoarthritis pada lutut dapat terlihat langsung dibandingkan pada bagian tubuh lainnya karena lutut merupakan bagian tubuh yang paling sering digerakkan. 

Apabila Anda tidak dapat menggerakkan sendi ke berbagai arah, itu artinya fleksibilitas pada lutut mengalami penurunan. 

  • Crepitus

Crepitus adalah suara gemeretak akibat udara antara sendi yang keluar ketika bergerak.

Contoh dari crepitus yang paling sering didengar adalah suara gemeretak ketika meregangkan tangan.

Normalnya, crepitus tidak akan menyebabkan rasa nyeri, akan tetapi hal ini akan menjadi salah satu gejala osteoarthritis pada lutut apabila diikuti dengan rasa nyeri. 

Rasa nyeri ini mengindikasikan bahwa ada sendi yang mengalami peradangan. 

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda
  • Osteofit 

Osteofit atau pengapuran tulang merupakan kondisi dimana tulang, biasanya bagian pangkal dekat sendi, mengalami pertumbuhan berlebihan. 

Kondisi ini merupakan reaksi alami tubuh terhadap tulang rawan dan sendi yang terkikis akibat osteoarthritis. 

Pertumbuhan tulang ini terjadi perlahan, akan tetapi dalam jangka panjang osteofit pada tulang lutut dapat ditandai dengan rasa nyeri saat menggerakkan kaki.

  • Pembengkakan

Bengkak akibat osteoarthritis dapat terasa lunak ataupun keras. 

Apabila bengkak terasa lunak saat disentuh, kemungkinan hal ini disebabkan oleh cairan pada sendi yang menumpuk akibat radang.

Sedangkan apabila bengkak terasa keras saat disentuh, artinya tulang di sekitar sendi tersebut mengalami pertumbuhan berlebihan akibat tulang rawan yang menipis. 

Gejala osteoartritis bersifat progresif dan dapat memburuk seiring waktu. 

Dalam jangka panjang gejala osteoarthritis pada lutut berupa rasa nyeri dan kaku  akan terus menerus muncul secara konstan. 

Apabila tidak segera mendapat perawatan, gejala tersebut dapat menjadi semakin parah sampai akhirnya penderita kehilangan kemampuan bergerak sepenuhnya. 

Penyakit ini juga dapat menyebabkan perubahan struktur tulang dan otot sehingga memperparah rasa sakit yang dirasakan.

Kerusakan pada persendian akibat osteoarthritis sulit untuk diperbaiki, akan tetapi gejala-gejala yang muncul akibat penyakit ini dapat dikelola untuk mengurangi rasa sakit dengan cara berolahraga; menjaga berat badan agar tetap normal;  serta rutin mengikuti fisioterapi untuk menjaga fungsi sendi.

Apabila Anda mengalami osteoarthritis dan mengalami kesulitan saat bergerak, segera hubungi call-center atau gunakan aplikasi medi-call untuk mendapatkan layanan fisioterapi di rumah.

fisioterapi jakarta, fisioterapis, terapi orang tua, terapi stroke, terapi jakarta, terapi di rumah, panggil terapi di rumah, medi-call, medicall, fisioterapi stroke, fisioterapi untuk stroke, peran fisioterapi, fisioterapi, fisioterapis, terapi
Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda
Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.