Makanan Penghilang Bau Badan pada Ibu Hamil

Ibu hamil tidak percaya diri karena bau badan kurang sedap? Yuk, konsumsi lima makanan penghilang bau badan ini!

Di masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Salah satu perubahan yang dialami oleh beberapa ibu hamil adalah munculnya bau badan yang tidak sedap. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan ibu hamil mengalami bau badan yang tidak sedap. Beberapa di antaranya adalah perubahan hormon, keringat berlebih, hingga perubahan pola makan. 

Untuk membantu mengatasi masalah ini, penting bagi ibu hamil untuk memerhatikan pola makannya. 

Ini dia beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengurangi bau badan selama kehamilan:

Layanan Mother Care Medi-Call
Medi-Call: Layanan Perawatan Ibu di Rumah

Makanan Penghilang Bau Badan pada Ibu Hamil

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menghilangkan bau badan kurang sedap. Misalnya seperti rutin mandi dua kali sehari, menggunakan sabun antibakteri, hingga menggunakan deodorant atau antiperspirant. 

Di samping itu, pola makan ibu hamil juga dapat berpengaruh terhadap aroma tubuh. Makanan yang membuat lebih banyak berkeringat, seperti cabai atau makanan pedas lainnya, dapat menyebabkan bau badan.

Sementara itu, ada pula sejumlah makanan penghulang bau badan yang dapat berkontribusi pada peningkatan aroma tubuh secara alami. 

Beberapa di antaranya adalah buah-buahan dan sayuran dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dan tinggi serat untuk menjaga sistem pencernaan tetap lancar.

Berikut adalah beberapa makanan penghilang bau badan pada ibu hamil:
  • Apel

Salah satu makanan penghilang bau badan saat hamil adalah buah apel. 

Apel memiliki kandungan antibakteri yang secara alami melawan bau mulut dan berfungsi sebagai penyegar mulut.

Selain itu, apel juga berperan dalam mencegah penumpukan plak dan bakteri lain yang disebabkan oleh makanan.

  • Buah-buahan sitrus

Buah-buahan jenis sitrus, seperti jeruk dan lemon, memiliki wangi alami yang dapat diserap oleh tubuh dan kemudian dipancarkan. 

Dengan mengonsumsi buah-buahan ini, maka akan meninggalkan aroma segar pada kulit. 

Selain itu, asam yang terkandung dalam buah-buahan ini dapat membantu tubuh mengeluarkan racun penyebab bau tidak sedap melalui proses pengeluaran cairan. 

Dengan mengonsumsi buah-buahan sitrus, ibu hamil tidak hanya mendapatkan manfaat nutrisi, tetapi juga dapat menjaga kesegaran aroma tubuh.

  • Yogurt
Makanan penghilang bau badan saat hamil selanjutnya adalah yogurt.

Yogurt dikenal memiliki manfaat pada kesehatan pencernaan. Selain itu, probiotik yang terkandung dalam yogurt juga dapat membantu menetralkan senyawa sulfur penyebab bau di dalam tubuh.

Bakteri baik yang ada dalam yogurt berperan dalam melawan racun dalam sistem tubuh kita, yang selanjutnya membantu menetralkan bakteri penyebab bau.

  • Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol, yakni antioksidan yang dapat mengurangi senyawa sulfur penyebab bau di dalam tubuh dan membantu melawan bakteri lain yang dapat menyebabkan bau mulut. 

Selain itu, teh hijau juga mengandung tanin yang dapat membantu menjaga kaki tetap kering dan mencegah bau kaki.

Teh hijau juga mendukung proses detoksifikasi dengan membantu produksi glutathione, yaitu antioksidan yang mengeliminasi racun berbahaya dari tubuh. 

Semakin sedikit racun di dalam tubuh, maka semakin baik aroma tubuh ibu hamil.

  • Kayu manis dan kapulaga

Makanan penghilang bau badan selanjutnya adalah kayu manis dan kapulaga. Kapulaga dikenal karena kemampuannya membuat napas terasa lebih segar dan meninggalkan aroma yang harum. 

Sementara itu, kayu manis dapat membantu memperbaiki bau badan. Kedua rempah ini tidak hanya membuat masakan lebih lezat, tetapi juga dapat mengurangi bau badan tidak sedap selama kehamilan.

layanan baby care Medi-Call
Medi-Call: Layanan Baby Care di Lokasi Anda

Itu dia sejumlah makanan penghilang bau badan pada ibu hamil.

Apabila mengalami masalah kehamilan lainnya, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan tenaga medis profesional. 

Anda dapat menggunakan jasa bidan Medi-Call datang ke rumah dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau aplikasi Medi-Call.

Referensi: 

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip