Agar Janin Sehat, Berikut Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Mengatasi susah tidur saat hamil dapat terjadi kapan saja namun biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan.Kehamilan dapat membuat ibu merasa lelah sepanjang hari namun sulit untuk tertidur di malam hari sehingga membuat ibu merasa tidak nyaman.Hormon yang tidak terkontrol serta adanya beberapa masalah kehamilan seperti mual dan muntah menyebabkan ibu hamil susah tidur di malam hari.Selain itu, kram kaki, sesak nafas, keinginan untuk buang air kecil, sakit punggung dan nyeri di payudara juga dapat menjadi penyebab ibu hamil susah tidur.Ibu hamil dianjurkan mendapatkan istirahat kurang lebih tujuh jam per hari agar ibu dan janin tetap sehat dan kuat.
Baca juga:  Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung
Apabila Anda terus-menerus merasakan susah tidur saat hamil sebaiknya segera hubungi dokter.Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi dokter Medi-Call di rumah saja sehingga tidak perlu keluar rumah dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Susah tidur saat hamil dapat meningkatkan risiko ibu hamil terkena diabetes, stres dan depresi.Risiko bayi lahir terlalu besar atau terlalu kecil juga dapat terjadi apabila ibu terus-menerus mengalami susah tidur.Oleh karena itu penting untuk mengatasi susah tidur saat hamil dengan baik dan benar agar ibu dan janin sehat.Berikut ini beberapa cara mengatasi susah tidur saat hamil di rumah yang baik dan benar: 
  • Mengatur kebiasaan tidur yang baik

Mengatur kebiasaan tidur yang baik dapat mengatasi susah tidur saat hamil.

Sebaiknya mencoba tidur di waktu yang sama setiap harinya untuk menstimulasi tubuh agar beristirahat.

Hindari menonton tv dan menggunakan handphone kurang lebih satu jam sebelum tidur.

Ini dikarenakan cahaya biru dari benda-benda tersebut dapat mengganggu ritme sirkadian yang mengatur siklus istirahat dalam tubuh.

Selain itu mandi dengan air hangat beberapa waktu sebelum tidur juga dapat membantu ibu agar cepat mengantuk.

Baca juga:  Macam-Macam Penyebab Sakit Kepala pada Ibu Hamil
 
  • Minum banyak cairan

Minum banyak cairan di siang hari dapat membantu mengatasi susah tidur saat hamil.

Saat kehamilan meningkatnya hormon serta rahim yang membesar dapat memberikan tekanan pada kantung kemih sehingga keinginan untuk buang air kecil meningkat.

Sebaiknya perbanyak minum air di siang hari guna mengeluarkan cairan di kantung kemih namun kurangi konsumsi air apabila sudah jam tujuh malam.

Sebaiknya juga hindari konsumsi kafein sejak sore hari karena dapat membuat ibu terjaga di malam hari.

 
  • Olahraga

Olahraga di siang hari juga merupakan cara mengatasi susah tidur saat hamil.

Olahraga di siang hari dapat membuat ibu lebih cepat mengantuk di malam hari.

Sebaiknya tidak berolahraga sebelum tidur karena dapat membuat otot tubuh menjadi aktif sehingga sulit untuk beristirahat.

 
  • Posisi tidur yang pas

Mencari posisi tidur yang pas juga dapat mengatasi susah tidur saat hamil.

Banyak ibu hamil yang kesulitan mencari posisi tidur yang nyaman akibat perut yang semakin membesar.

Sebaiknya mencoba tidur dengan posisi miring ke arah kiri, ini dapat membantu memperlancar peredaran darah dan mengurangi bengkak di kaki dan tangan.

Ibu juga bisa menggunakan bantal di bawah lutut ataupun perut untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman.

baby care, baby care medi-call, jasa baby care, cari baby care, medi-call, medicall, perawat bayi, perawat bayi baru lahir, baby spa, baby massage, perawatan tali pusat, tali pusat bayi
Medi-Call: Layanan Baby Care Ke Rumah Anda
Menggunakan jasa bidan untuk membantu merawat ibu hamil serta memastikan kesehatan janin juga dapat menjadi cara mengatasi susah tidur saat hamil.Ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan terkait persalinan dan kesehatan janin saat hamil.Ibu dapat menggunakan layanan panggil bidan Medi-Call ke rumah dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau Call-Center 24 Jam.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip