Terapi Latihan pada Nyeri Punggung Bawah, Mudah dan Efektif

Bagikan artikel ini

Terapi latihan pada nyeri punggung bawah diberikan kepada pasien yang mengalami gangguan organ di area sekitar tulang belakang.

Banyak faktor yang menjadi penyebab sakit punggung seperti terbiasa bekerja dengan posisi membungkuk dalam rentang waktu yang cukup lama sehingga berisiko terserang rasa nyeri.

Salah satu cara untuk mengobati adalah dengan terapi latihan pada nyeri punggung bawah.

Sebelum melakukan terapi, sebaiknya pasien berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mencari tahu penyebab dan jenis terapi yang tepat.

medi-chat, medi-call, medicall, konsultasi dokter, dokter konsultasi, konsultasi dengan dokter
Medi-Chat: Gratis Tanya Dokter Di Aplikasi Medi-Call

Nyeri Punggung

Nyeri punggung  bawah adalah rasa nyeri pada bagian tulang belakang daerah spinal, saraf, otot, atau struktur lain pada punggung bawah.

Banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya nyeri punggung bawah mulai dari penyakit hingga kebiasaan sehari-hari seperti pekerja yang terbiasa membungkuk dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu semakin bertambah usia, maka resiko terserang nyeri punggung bawah semakin besar sehingga pada beberapa kasus membutuhkan terapi latihan nyeri punggung bawah.

Nyeri punggung bukan termasuk penyakit namun, merupakan gejala adanya kelainan.

Nyeri punggung bawah dapat berasal dari masalah organ tubuh yang lain.

Sebaliknya, nyeri punggung bawah juga mampu menyebabkan masalah pada organ tubuh lain.

Maka dari itu, terapi latihan pada nyeri punggung bawah dapat dilakukan setelah mendapatkan diagnosis dokter.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Rasa nyeri punggung bawah biasanya ditandai dengan rasa panas seperti terbakar, kesemutan, atau tertusuk.

Pada umumnya, nyeri punggung dapat hilang dengan sendirinya.

Namun, apabila berlangsung lama maka termasuk dalam golongan nyeri akut.

Nyeri akut dapat  mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga terapi latihan pada nyeri punggung bawah dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Terapi Latihan Pada Nyeri Punggung Bawah

Banyak faktor yang mengakibatkan nyeri punggung bawah mulai dari usia, jenis kelamin, masa kerja, kebiasaan merokok, berat badan, sikap kerja, lama kerja, dan lainnya.

Pemeriksaan nyeri punggung bawah dapat dilakukan dengan mengetahui penyebab, lama dan frekuensi serangan, lokasi, dan penyebaran nyeri punggung bawah.

Selain itu, pemeriksaan fisik juga diperlukan untuk mendapatkan hasil diagnosis yang tepat terkait adanya nyeri punggung bawah.

Dengan demikian, hasil diagnosis dapat memberikan pengobatan yang tepat.

Salah satu pengobatan adalah dengan terapi latihan pada nyeri punggung bawah.

Adapun terapi latihan pada nyeri punggung bawah yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Merubah pola hidup

Penderita nyeri punggung bawah dapat memulai dengan bergerak lebih aktif, berusaha menurunkan berat badan, mempelajari cara membungkuk, mengangkat beban yang tepat, serta memperbaiki postur tubuh dengan menyesuaikan posisi berdiri, tidur, dan duduk yang tepat.

  • Fisioterapi

Terapi latihan pada nyeri punggung bawah dapat dilakukan dengan menjalani fisioterapi baik di rumah sakit maupun menggunakan perawat panggilan.

Beberapa fisioterapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung bawah antara lain heat therapy dengan infrared atau MWD, traksi lumbal, ultrasound, atau Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS).

fisioterapi jakarta, fisioterapis, terapi orang tua, terapi stroke, terapi jakarta, terapi di rumah, panggil terapi di rumah, medi-call, medicall, fisioterapi stroke, fisioterapi untuk stroke, peran fisioterapi, fisioterapi, fisioterapis, terapi
Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda

Selain menggunakan terapi latihan pada nyeri punggung bawah, pengobatan juga dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit dan meredakan kejang otot.

Apabila Anda atau anggota keluarga merasakan nyeri pada bagian punggung bawah yang tak kunjung hilang, segera konsultasikan dengan dokter dan pesan layanan fisioterapi melalui aplikasi Medi-Call atau hubungi Call Center untuk pengalaman terapi yang lebih nyaman di rumah.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DMCA.com Protection Status