Sulit Menambah Berat Badan? Yuk Coba Makanan untuk Menambah Berat Badan Berikut Ini! 

Bagikan artikel ini

Ingin memiliki berat badan ideal namun berat badan tidak kunjung bertambah? Beberapa makanan untuk menambah berat badan berikut ini dapat menjadi solusinya!

Tidak hanya kelebihan berat badan yang dapat membuat seseorang memiliki banyak masalah kesehatan.

Terlalu kurus dan berat badan di bawah ideal juga bisa membuat seseorang memiliki masalah kesehatan.

Kekurangan berat badan dapat membuat seseorang tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun tulang, kulit, dan rambut yang sehat.

Penyebab kekurangan berat badan bisa disebabkan oleh faktor genetik atau juga karena adanya kondisi medis tertentu.

Baca juga:  Bantu Jaga Kesehatan, Coba 4 Makanan yang Baik untuk Diet Sehat! 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan penggunaan indeks massa tubuh (BMI) untuk menghitung apakah mereka kekurangan berat badan atau tidak.

Cara penghitungannya adalah membagi berat badan seseorang dengan tinggi badan kuadrat.

Misal Anda memiliki tinggi badan 175 CM maka 1,75 x 1,75 = 3,06.

Kemudian bagi berat badan Anda dengan jumlah ukuran tinggi badan seperti di atas.

Setelah itu bandingkan hasilnya dengan kalkulator BMI, apabila hasilnya di bawah 18,5 maka Anda mengalami kekurangan berat badan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai berat badan yang ideal, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Medi-Call datang ke rumah melalui aplikasi Medi-Call atau menggunakan Call-Center 24 Jam.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Makanan untuk Menambah Berat Badan

Faktanya, seseorang yang mengalami kekurangan berat badan mungkin akan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti kemandulan, sistem kekebalan tubuh yang lemah, osteoporosis serta malnutrisi.

Namun menambah berat badan bagi sebagian orang sangatlah sulit, sama seperti menurunkan berat badan.

Selain itu jika konsumsi makanan untuk menambah berat badan yang tidak sehat hanya akan membuat Anda mengalami obesitas.

Beberapa makanan untuk menambah berat badan berikut ini dapat Anda masukkan ke dalam diet harian untuk meningkatkan upaya penambahan berat badan secara sehat:

 

  • Susu

 

Makanan untuk menambah berat badan secara sehat yang pertama adalah konsumsi susu.

Susu mengandung campuran lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan  protein di dalamnya yang baik untuk meningkatkan otot dan berat badan.

 

  • Nasi

 

Makanan untuk menambah berat badan secara sehat selanjutnya adalah konsumsi nasi.

Secangkir nasi mengandung sekitar 200 kalori, ini merupakan sumber karbohidrat yang baik dan dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

 

  • Daging

 

Jika ingin konsumsi makanan untuk menambah berat badan, daging merupakan jawaban yang tepat.

Mengkonsumsi daging merah telah terbukti membantu membangun otot dan menambah berat badan.

Kandungan leusin dan creatine pada daging merupakan nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan massa otot. 

Selain itu, kandungan protein dan lemak di dalamnya dapat meningkatkan berat badan.

 

  • Kacang

 

Makanan untuk menambah berat badan yang terakhir adalah kacang-kacangan.

Mengkonsumsi kacang secara teratur dapat membantu seseorang untuk menambah berat badan dengan aman.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Saat mengalami kekurangan berat badan, Anda mungkin merasa kenyang lebih cepat daripada orang lain.

Oleh karena itu sebaiknya makanlah lima sampai enam dalam porsi yang kecil di siang hari daripada dua atau tiga kali makan dalam jumlah yang besar.

Ini akan membuat Anda tidak merasa cepat kenyang dan dapat meningkatkan berat badan dengan sehat.

Apabila Anda mengalami mual, pusing dan keluhan lainnya saat mengkonsumsi makanan untuk menambah berat badan sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call datang ke rumah melalui aplikasi Medi-Call atau Call-Center 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Layanan Dokter ke Rumah