Manfaat klinik di perusahaan dapat menjadi fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di lingkungan perusahaan atau hotel.Budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sangat penting di dalam sebuah lingkungan kerja.Keberadaan in house clinic dapat menjadi jawaban keresahan para pengelola perusahaan atau hotel ketika terjadi kecelakaan di tempat kerja atau urgensi medis yang dialami oleh tamu hotel.Fasilitas in house clinic ini bertujuan sebagai layanan kesehatan yang disediakan untuk melayani para karyawan atau tamu hotel yang tiba-tiba sakit dan membutuhkan tindakan medis terdekat dan tercepat.In house clinic dikelola oleh sebuah perusahaan atau dengan bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat.Namun menjadi catatan bahwa in house clinic berbeda dengan rumah sakit atau klinik kesehatan pada umumnya.Tindakan yang dapat diberikan oleh tenaga medis di in house clinic berupa penanganan dasar atau sederhana yaitu peningkatan, pencegahan, pengobatan, juga pemulihan.Adapun fasilitas yang disediakan oleh in house clinic adalah:
- Dokter;
- Perawat;
- Obat-obatan;
- Peralatan medis sederhana;
Manfaat Klinik di Perusahaan:
- Karyawan atau tamu hotel bisa mendapat pelayanan medis dengan cepat dan ditangani oleh tenaga profesional.
- Memiliki stok persedian obat-obatan di tempat.
- Manfaat klinik di perusahaan saat terjadi kondisi darurat ringan dapat ditangani dengan segera sebagai bentuk pertolongan pertama pada kecelakaan atau situasi medis lainya.
- Manfaat klinik di perusahaan dapat meningkatkan kualitas keselamatan para pekerja.
- Menjadi tempat dan fasilitas pengobatan dan rehabilitatif untuk karyawan.
- Memelihara produktivitas para pekerja.
- Kehadiran in house clinic dapat menjadi kampanye kesehatan untuk upaya pencegahan penyakit dan penyuluhan kesehatan.