Penyakit Tipes Apakah Menular dengan Mudah dan Berbahaya?

Bagikan artikel ini

Penyakit tipes apakah menular dengan mudah kepada orang lain? Serta apakah penyakit tipes berbahaya? Bagaimana cara mengatasinya? Simak melalui artikel berikut ini.

Penyakit tipes apakah menular disebabkan oleh spesies bakteri yang disebut salmonella typhi.

Bakteri salmonella typhi hanya hidup pada manusia dan jika masuk ke dalam tubuh dapat menginfeksi saluran usus serta aliran darah.

Gejala penyakit tipes adalah demam tinggi, sakit perut, sakit kepala dan kelelahan.

Beberapa orang juga mengalami diare dan timbul ruam di kulit sebagai gejala penyakit tipes.

Pada kasus yang paling parah, tipes dapat menyebabkan komplikasi serius hingga kematian pada pasien.

Baca juga:  Jangan Anggap Sepele! Ciri-ciri Terkena Sakit TipesĀ 

Oleh karena itu penyakit tipes tidak boleh dianggap sepele, apabila Anda atau keluarga memiliki gejala tipes seperti di atas sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan segera.

Anda bisa menggunakan layanan panggil dokter Medi-Call ke rumah untuk memeriksa dan menangani pasien dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Penyakit Tipes Apakah Menular

Penyakit tipes apakah menular? Jawabannya adalah benar, penyakit tipes adalah penyakit berbahaya yang mudah menular.

Penyakit tipes apakah menular melalui makanan dan air yang telah terkontaminasi dengan bakteri penyebab tipes.

Biasanya orang yang terkena penyakit tipes akan membawa bakteri salmonella typhi dalam tinja maupun urin mereka.

Kemudian jika seseorang tidak mencuci tangan dengan bersih setelah ke kamar mandi akan menyebabkan penularan penyakit tipes dengan orang yang melakukan kontak dengan mereka.

Sehingga penularan penyakit tipes di masyarakat dapat terjadi melalui cara ini, sebaiknya pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan baik setelah dari kamar mandi.

Penyakit tipes apakah menular biasanya terjadi pada daerah yang memiliki sanitasi yang buruk serta terbatasnya akses air bersih.

Anak-anak paling sering terkena penyakit tipes apakah menular dibandingkan orang dewasa, ini dikarenakan daya tahan tubuh orang dewasa jauh lebih baik daripada anak-anak.

Namun, gejala penyakit tipes pada anak-anak jauh lebih ringan dibandingkan orang dewasa yang memiliki gejala penyakit tipes yang lebih buruk.

Pada negara-negara industri dan maju seperti Inggris, Singapura dan lain-lain, penyakit tipes apakah menular jarang ditemukan.

Akan tetapi di negara berkembang seperti Asia Tenggara, Afrika, dan masih banyak lagi, penyakit tipes apakah menular masih menjadi masalah kesehatan yang perlu diperhatikan.

Salah satu cara penyembuhan dari penyakit tipes adalah dengan memberikan antibiotik, namun meskipun telah mendapatkan antibiotik seseorang tetap dapat menularkan tipes kepada orang lain.

Orang ini biasa disebut sebagai pembawa kronis, yaitu tidak memiliki gejala penyakit tipes namun masih mengeluarkan bakteri penyebab tipes dalam kotorannya dan dapat menginfeksi orang lain.

WHO (World Health Organization) menyatakan kurang lebih terdapat 11-20 juta kasus penyakit tipes per tahun di seluruh dunia.

Dan ini menyebabkan kematian sebanyak kurang lebih 161 ribu jiwa per tahun di seluruh dunia.

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tipes yaitu pastikan air yang dikonsumsi aman terutama es batu.

Panggil Dokter 24 Jam ke Rumah Anda
Medi-Call: Layanan Infus, Vaksin dan Vitamin di Rumah Anda

Sebaiknya juga hindari konsumsi produk yang terbuat dari susu mentah serta konsumsi makanan saat baru matang dapat mencegah infeksi bakteri penyebab tipes.

Tipes juga dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi dua dosis untuk mencegah tipes kepada semua orang berusia lima tahun ke atas.

Saat ini dokter Medi-Call dapat memberikan vaksinasi untuk mencegah tipes di rumah sehingga tidak perlu bingung cukup dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call.

DMCA.com Protection Status