Bunda, Penyebab Adenovirus Ternyata Ada di Sekitar Buah Hati Loh!

Bunda sudah pernah mendengar soal adenovirus yang rentan menyerang anak-anak? Ternyata penyebab adenovirus seringkali terjadi di sekitar Buah Hati loh!Mungkin Anda tidak familiar dan baru pertama kali mendengar tentang adenovirus.Adenovirus merupakan sekelompok virus yang dapat menginfeksi lapisan mata, saluran udara dan paru-paru, usus, saluran kemih, dan sistem saraf.Diperkirakan ada sekitar 50 jenis adenovirus yang dapat menginfeksi manusia.Apabila terinfeksi, maka dapat menyebabkan menyebabkan berbagai macam gejala penyakit mulai dari yang ringan hingga parah.
Baca juga:  Apa Itu Adenovirus? Mengenal Adenovirus yang Umum Menyerang Anak-anak
Gejala adenovirus antara lain demam, flu, sakit tenggorokan, radang paru-paru, mata kemerahan, diare, mual dan muntah.Apabila anggota keluarga Anda ada yang mengalami gejala seperti di atas sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call datang ke rumah dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call.
Medi-Call: Layanan Dokter Umum Terdekat ke Lokasi Anda

Penyebab Adenovirus

Meskipun penyebab adenovirus dapat menginfeksi siapa saja, namun virus ini paling sering menyerang pada anak-anak.Kebanyakan anak-anak akan mengalami infeksi adenovirus setidaknya satu kali saat mereka berusia sepuluh tahun ke bawah.Ada banyak penyebab adenovirus, dan virus ini juga dapat terjadi kapan saja dalam satu tahun.Adenovirus merupakan penyakit yang sangat menular, berikut ini beberapa penyebab adenovirus pada seseorang yang perlu Anda ketahui: 
  • Tempat ramai
 

Karena adenovirus merupakan penyakit yang sangat menular, maka penyebab adenovirus menular biasanya terjadi di tempat-tempat yang besar dan ramai.

Anak-anak biasanya terkena virus ini di tempat pusat penitipan anak, sekolah, dan perkemahan.

 
  • Batuk dan bersin
 

Penyebab adenovirus selanjutnya adalah melalui batuk dan bersin.

Ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin maka tetesan yang mengandung virus terbang ke udara dan mendarat di permukaan.

Tetesan inilah yang dapat menyebabkan penularan kepada orang lain 

 
  • Berjabat tangan
 

Berjabat tangan dengan seseorang yang terinfeksi adenovirus juga dapat menjadi penyebab adenovirus.

Terutama jika tidak mencuci tangan setelah berjabat tangan dan langsung menyentuh bagian tubuh lainnya seperti hidung dan mulut.

 
  • Menyentuh benda
 

Sama seperti berjabat tangan, menyentuh benda yang sudah terinfeksi sebelumnya dapat menjadi penyebab adenovirus.

Adenovirus dapat bertahan di permukaan untuk waktu yang lama.

 Sehingga mereka dapat menyebar pada mainan, handuk, dan benda lain yang terkontaminasi.

Anak-anak biasanya menyentuh benda atau mainan dan tidak mencuci tangan setelahnya.

Ini membuat virus menempel pada tangan mereka, kemudian menginfeksi ke bagian tubuh lainnya.

 
  • Mengganti popok
 

Tidak mencuci tangan dengan baik setelah mengganti popok juga dapat menjadi penyebab adenovirus.

Ini dikarenakan kotoran pada popok mungkin saja mengandung infeksi adenovirus sehingga penting untuk mencuci tangan dengan baik setelah mengganti popok.

Panggil Dokter 24 Jam ke Rumah Anda
Medi-Call: Layanan Infus, Vaksin dan Vitamin di Rumah Anda
Gejala adenovirus biasanya dimulai dari 2 hari hingga 2 minggu setelah terinfeksi.Pada banyak kasus adenovirus menyebabkan Buah Hati mengalami dehidrasi dengan tanda-tanda seperti popok yang kering dan jarang menangis.Apabila hal ini terjadi, maka Buah Hati mungkin memerlukan perawatan dengan cairan infus.Saat ini tidak perlu bingung karena Anda bisa mendapatkan perawatan dengan cairan infus bersama dengan Tenaga Medis Medi-Call.Cukup dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip