Bau Mulut Tidak Kunjung Hilang? Berikut Penyebab Bau Mulut Yang Harus Diperhatikan !

Bagikan artikel ini

Tahukah Anda bahwa penyebab bau mulut yang tidak kunjung hilang ternyata berkaitan dengan sistem pencernaan pada tubuh, yuk simak penjelasan berikut ini!

Cara yang efektif untuk membersihkan area mulut dengan baik adalah dengan membersihkan lidah, menyikat gigi secara teratur dan juga rutin, selama dua menit setidaknya dua kali sehari yaitu pagi dan malam.
Menurut penelitian, pasta gigi berfluoride sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan gigi.
Kandungan kalsium aktif dan mikro-fluoride yang terdapat dalam pasta gigi berfluoride dapat menguatkan kualitas gigi dan memberikan perlindungan yang maksimal dari gigi berlubang serta mencegah adanya penumpukan plak
Menjaga makanan yang dikonsumsi juga menjadi salah satu cara untuk mencegah adanya gangguan pencernaan yang dapat berdampak pada penyebab bau mulut.
Sebaiknya segera konsultasikan masalah bau mulut yang tidak kunjung sembuh dengan dokter Medi-Call di rumah, cukup hubungi Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call. 

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Penyebab Bau Mulut

Pada umumnya penyebab bau mulut terjadi akibat makanan atau minuman yang kita konsumsi seperti durian, kopi, bawang yang memiliki bau yang kuat sehingga menyebabkan bau mulut.

Penyebab bau mulut lainnya adalah jarang membersihkan area mulut seperti jarang menyikat gigi dapat menimbulkan karang gigi yang mengeluarkan aroma tidak sedap.
Jarang membersihkan lidah juga dapat menyimpan bakteri sehingga menyebabkan aroma nafas menjadi bau.

Apabila Anda menggunakan gigi palsu dan kawat gigi yang tidak dijaga kebersihannya juga dapat menjadi faktor penyebab bau mulut yang diakibatkan oleh sisa makanan yang membusuk sehingga membentuk plak.
Setelah penjelasan di atas, penyebab bau mulut ternyata tidak hanya berasal dari area mulut saja, tetapi juga dapat berasal dari gangguan sistem pencernaan seperti berikut ini :

  • Asam lambung naik
    Penyebab bau mulut ternyata dapat dipicu oleh gangguan pencernaan, salah satunya adalah  refluks asam lambung (GERD).
    Pada saat asam lambung naik ke kerongkongan maka akan mengiritasi lapisan pada tenggorokan. Hal ini mengakibatkan Anda mengalami perut mulas dan rasa pahit atau asam di mulut.
  • Usus yang kotor
    Umumnya disebabkan oleh pencernaan yang tidak teratur serta adanya sisa makanan yang menempel serta mengonsumsi makanan yang kurang higienis dan porsi yang berlebihan. Hal tersebut juga dapat menjadi penyebab bau mulut dikarenakan sisa makanan yang menumpuk akan mengeluarkan gas yang berbau tidak sedap.
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Setelah mengetahui penjelasan penyebab bau mulut di atas, sebaiknya Anda untuk mulai lebih memperhatikan dan tidak menganggap sepele mengenai bau mulut.

Anda bisa menghubungi layanan panggil dokter Medi-Call ke rumah untuk memeriksa kesehatan pada mulut Anda, ataupun  melalui Call-Center 24 Jam atau aplikasi Medi-Call.

DMCA.com Protection Status
Layanan Dokter ke Rumah