loader image

Ketahui Penyebab Gangren Diabetes dan Cara Mengatasinya

Penyebab gangren diabetes adalah komplikasi yang disebabkan oleh kerusakan jaringan tubuh.Gangren merupakan suatu kondisi kerusakan kulit karena adanya jaringan tubuh yang mati.Gangren umumnya muncul pada bagian tungkai (kaki), jari kaki, jari tangan otot dan organ dalam.Apabila tidak mendapat perawatan yang tepat gangren akan bertambah parah.Kondisi serius ini dapat menyebabkan amputasi tangan atau kaki, bahkan resiko terburuk dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.Salah satu penyebab gangren diabetes adalah tidak adanya pasokan darah yang cukup membawa oksigen sehingga terjadi kerusakan jaringan yang menimbulkan infeksi berat.
perawatan luka, cari perawat luka kanker, perawat perawatan luka kanker, perawatan luka diabetes, perawatan luka operasi di rumah, perawat perawatan luka dekubitus, perawat luka kanker, medicall, medi-call
Medi-Call: Layanan Perawat Luka ke Rumah Anda

Penyebab Gangren Diabetes

Gangren pada penderita diabetes pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
  • Aliran Darah Berkurang

Darah yang mengalir di dalam tubuh membawa beberapa senyawa seperti oksigen, nutrisi dan antibodi.

Seseorang dengan sedikit pasokan darah, tidak akan mendapat senyawa-senyawa penting sehingga membuat sel-sel tubuh mati.

  • Luka Parah

Penderita diabetes yang mengalami luka parah seperti kecelakaan, dapat menyebabkan bakteri buruk tumbuh sehingga menyerang jaringan di dalam kulit.

  • Kadar Gula Tinggi

Penderita diabetes tentunya memiliki kadar gula yang tinggi sehingga saraf dan pembuluh darah menjadi rusak. 

Salah satu gangguan pembuluh darah adalah Peripheral Artery Disease (PAD) yang terjadi saat penumpukan terjadi di arteri.

Hal tersebut membuat suplai darah ke otot kaki atau aterosklerosis menjadi terhalang.

  • Fenomena Raynaud

Fenomena ini terjadi pada saat pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kulit terutama di jari kaki atau jari tangan bereaksi terhadap suhu dingin.

  • Infeksi Akibat Bakteri

Penyebab gangren diabetes adalah bakteri yang telah berkembang biak sejak lama sehingga menyebabkan infeksi

Bakteri dengan sebutan sepsis ini mampu menyebar ke seluruh tubuh sehingga menimbulkan gejala tekanan darah rendah, demam, gangguan irama jantung, sesak napas dan pusing. 

Gejala Gangren

Setelah mengetahui penyebab gangren diabetes, ada beberapa gejala gangren yang harus diwaspadai, antara lain:
  1. Warna kulit berubah menjadi beberapa warna tertentu seperti biru, merah, ungu, atau hitam sesuai jenis gangren
  2. Rasa nyeri hebat dan diikuti sensasi kebas secara mendadak
  3. Area tubuh membengkak dan melepuh disertai dengan nanah
  4. Kulit terlihat pucat dan terasa dingin jika disentuh
  5. Penderita gangren jenis gas atau internal di jaringan bawah kulit akan merasa demam, tubuh membengkak dan nyeri di daerah gangren muncul.
Baca juga:  Coba Konsumsi Ini, Makanan untuk Penderita Diabetes

Diagnosis Gangren

Jika mengalami gejala-gejala gangren maka melakukan konsultasikan dengan dokter di rumah dengan cara menghubungi call center Medi-Call atau melalui aplikasi Medi-Call.Kondisi fisik dan luka yang dialami oleh seorang pasien akan didiagnosis terlebih dahulu dengan memberitahu penyebab gangren diabetes dan menanyakan riwayat kesehatan pasien dan keluarga.Setelah itu, dokter akan memutuskan untuk melakukan langkah tindakan medis, antara lain:
  • Pemeriksaan Darah

Jika diketahui, sel darah putih lebih banyak dari sel darah merah maka sangat mungkin hal tersebut adalah tanda infeksi akibat bakteri atau kuman di dalam darah.

  • Tes secara Mendalam

Dokter biasanya menyarankan pemeriksaan secara mendalam melalui rontgen, CT Scan, atau MRI. 

Tes ini dilakukan untuk melihat kondisi organ dalam sehingga penyebaran gangren bisa diketahui dan keberadaan gas di bawah kulit. 

  • Pembedahan

Operasi atau bedah dapat dilakukan untuk mengetahui penyebaran gangren yang mungkin meluas di tubuh.

Kulit dapat rusak akibat gangren bisa dicangkok, tetapi ketika luka sudah parah maka tindakan yang akan diambil adalah amputasi.

  • Proses Kultur Cairan dan Jaringan

Proses ini dilakukan oleh dokter dengan mengambil sampel cairan dan jaringan kulit, kemudian dideteksi keberadaan bakteri Clostridium Perfringens atau mencari tahu keberadaan sel yang mati.

  • Konsumsi Antibiotik

Para penderita gangren khususnya akibat diabetes harus mengkonsumsi antibiotik yang diminum dalam bentuk obat atau melalui cairan infus

  • Terapi Oksigen Hiperbarik

Terapi ini dilakukan dengan menggunakan tabung dengan tekanan tinggi berisi gas oksigen yang akan memperlambat bakteri berkembang biak dan mempercepat penyembuhan luka.

medi-chat, medi-call, medicall, konsultasi dokter, dokter konsultasi, konsultasi dengan dokter
Medi-Chat: Gratis Tanya Dokter Di Aplikasi Medi-Call
Jangan tunggu sampai parah, cegah berbagai macam penyakit dengan menerapkan pola hidup sehat dan jangan ragu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan setiap tahun.

Artikel Terkait