Medi-Call

Kasus Meningkat, Kenali Apa Saja Faktor Penyebab Gangguan Ginjal pada Anak!

Bagikan artikel ini

Ramai dibincangkan saat ini, banyak anak di Indonesia mengalami gangguan ginjal akut. Tapi sebenarnya apa sih penyebab gangguan ginjal pada anak? Berikut informasi lengkapnya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dilansir dari kompas.com melaporkan terjadinya peningkatan anak yang mengalami gangguan ginjal selama dua bulan terakhir.

Seiring dengan peningkatan kasus ini, orang tua diminta waspada terutama jika Buah Hati menunjukkan beberapa gejala gangguan ginjal.

Tanda dan gejala Buah Hati mengalami gangguan ginjal antara lain, adanya pembengkakan di sekitar mata, tangan dan kaki, kemudian urin berubah warna menjadi gelap atau berdarah.

Selain itu, jika Buah Hati menjadi semakin sering buang air kecil, dan pada beberapa kasus hingga sering mengompol, ini juga merupakan gejala gangguan ginjal pada anak yang perlu diwaspadai.

Baca juga:  Bunda, Harus Waspada! Pahami 3 Gejala Gangguan Ginjal pada Anak Sedari Dini!

Apabila Buah Hati mengalami gejala seperti di atas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter Medi-Call datang ke rumah untuk mendapatkan penanganan dengan tepat.

Anda bisa memanggil dokter Medi-Call ke rumah untuk memeriksa kesehatan Anda dan keluarga, cukup dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Penyebab Gangguan Ginjal pada Anak

Ginjal berfungsi pada tubuh sebagai sistem pengumpulan dan pembuangan sampah tubuh.

Ginjal membuang limbah dan air ekstra dari makanan yang dimakan, kemudian mengembalikan bahan kimia yang dibutuhkan tubuh kembali ke aliran darah.

Seseorang yang mengalami gangguan ginjal adalah ketika ginjal melambat atau berhenti menyaring limbah dengan benar dari tubuh sehingga  menyebabkan penumpukan limbah dan zat beracun dalam darah. 

Gagal ginjal pada seseorang dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama, namun pada kasus terburuk dapat terjadi secara permanen.

Tapi apa sih, sebenarnya yang menjadi penyebab gangguan ginjal pada anak?

Berikut ini beberapa faktor penyebab gangguan ginjal pada anak yang perlu Anda ketahui:

 

  • Cacat lahir

 

Cacat lahir merupakan masalah yang terjadi saat bayi berkembang di dalam rahim ibu.

Adanya cacat lahir ini dapat mempengaruhi ginjal termasuk kelainan ukuran, struktur, atau posisi ginjal.

Secara umum, anak-anak dengan kondisi ini dapat menjalani kehidupan yang sehat dan normal. 

Namun, pada beberapa kasus, anak-anak tersebut memiliki peningkatan risiko penyebab gangguan ginjal pada anak di kemudian hari.

 

  • Infeksi

 

Konsumsi makanan yang terkontaminasi dengan bakteri escherichia coli (E. coli) dapat menyebabkan infeksi penyebab gangguan ginjal pada anak.

Bakteri ini biasanya ada pada makanan seperti susu dan daging yang masuk ke dalam tubuh dan merusak lapisan pembuluh darah sehingga menjadi penyebab gangguan ginjal pada anak.

Tidak hanya dari bakteri E.coli, infeksi penyebab gangguan ginjal pada anak juga dapat terjadi akibat bakteri streptococcus.

Bakteri streptococcus biasanya ada pada tubuh anak yang baru saja mengalami sakit radang tenggorokan maupun infeksi kulit.

Bakteri ini merangsang sistem kekebalan untuk memproduksi antibodi secara berlebihan dan merusak ginjal.

 

  • Keracunan

 

Keracunan dan overdosis obat juga dapat menjadi penyebab gangguan ginjal pada anak.

Keracunan serta overdosis dapat mempengaruhi kemampuan ginjal untuk menyaring limbah dengan benar.

Sehingga menyebabkan pembengkakan, darah dalam urin, dan penurunan jumlah produksi urin.

Panggil Dokter 24 Jam ke Rumah Anda
Medi-Call: Layanan Infus, Vaksin dan Vitamin di Rumah Anda

Namun untuk mengetahui lebih pasti apa penyebab gangguan ginjal yang menyerang Buah Hati, dibutuhkan tes dan pemeriksaan secara menyeluruh.

Apabila Buah Hati mengalami gejala demam, mual, penurunan nafsu makan dan ada masalah saat buang air kecil.

Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter Medi-Call di rumah dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

DMCA.com Protection Status