Penyebab Keringat Berlebih pada Penderita Diabetes

Bagikan artikel ini

Penyebab keringat berlebih pada penderita diabetes salah satunya adalah karena ada kerusakan sistem saraf akibat kadar gula darah terlalu rendah.

Kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan tingkat kepercayaan diri penderitanya terutama saat berada di tempat umum.

perawatan luka, cari perawat luka kanker, perawat perawatan luka kanker, perawatan luka diabetes, perawatan luka operasi di rumah, perawat perawatan luka dekubitus, perawat luka kanker, medicall, medi-call
Medi-Call: Layanan Perawat Luka ke Rumah Anda

Penyebab Keringat Berlebih pada Penderita Diabetes

Keringat berlebih tidak hanya disebabkan penyakit gula darah saja, akan tetapi ada beberapa sebab lainnya, antara lain:

  • Hiperhidrosis

Hiperhidrosis dalam merupakan kondisi medis dimana tubuh mengeluarkan keringat secara berlebihan sehingga para penderita diabetes rentan mengalami dehidrasi. 

Keringat yang keluar bukan berasal dari suhu panas atau olahraga, tetapi karena kadar gula darah terlalu rendah.  

Faktanya, penyebab keringat berlebih pada penderita diabetes adalah gula darah rendah yang dapat menyebabkan pelepasan hormon sehingga produksi keringat meningkat. 

Penyebab keringat berlebih pada penderita diabetes utamanya adalah hidrosis yang dapat memunculkan sejumlah gejala seperti mengeluarkan keringat walau tidak sedang mengerjakan pekerjaan berat seperti tidur di ruangan ber-AC.

medi-call, medicall, dokter ke rumah, perawat ke rumah, bidan ke rumah, fisioterapi ke rumah, perawat luka, perawat bayi, perawat home care, perawat lansia, infus vitamin c, vitamin c, vaksin
Medi-Call: Layanan Tenaga Medis Ke Lokasi Anda
  • Hipoglikemia

Para penderita diabetes pasti mengurangi asupan gula terlebih dari nasi yang berkarbohidrat tinggi sehingga kadar gula darah menjadi terlalu rendah. 

Beberapa penderita diabetes sangat takut untuk makan, terutama jika mengkonsumsi makanan berkarbohidrat sehingga asupan hariannya menjadi sangat rendah. 

Kondisi rendahnya gula darah ini disebut hipoglikemia yang menjadi salah satu penyebab keringat berlebih pada penderita diabetes. 

Baca juga:  Kenali Penyebab Gejala Luka Gangren Pada Diabetes

  • Saraf Mengalami Kerusakan

Saraf rusak (neuropati otonom) adalah penyebab keringat berlebih pada penderita diabetes yang sering tidak disadari. 

Kerusakan saraf juga membuat fungsi kandung kemih, tekanan darah dan jaringan keringat terganggu. 

Keringat yang berlebihan ini umumnya dialami oleh para penderita diabetes yang sangat gemuk atau kelebihan berat badan (obesitas). 

Saraf rusak juga menjadi penyebab keringat berlebih pada penderita diabetes karena makanan dengan sebutan gustatory sweating yang mengakibatkan malfungsi dalam produksi ludah ataupun indera pengecap.

Saraf-saraf pengatur ludah dan saraf-saraf pada kelenjar keringat yang seharusnya dapat memproduksi ludah justru memproduksi banyak keringat. 

Gustatory sweating bisa menyebabkan pengeluaran keringat di wajah, kepala, dan leher setelah makan.

Gustatory sweating mungkin menjadi hal normal jika kondisi ini muncul setelah konsumsi makanan panas atau sangat pedas.

Komplikasi yang mungkin muncul antara lain gangguan pada penglihatan, saraf, fungsi ginjal dan fungsi jantung serta serangan stroke, dan lain-lain.

medi-chat, medi-call, medicall, konsultasi dokter, dokter konsultasi, konsultasi dengan dokter
Medi-Chat: Gratis Tanya Dokter Di Aplikasi Medi-Call

Penyebab keringat berlebih pada penderita diabetes adalah komplikasi gangguan saraf yaitu rusaknya saraf involunter dan saraf otonom.

Saraf ini berfungsi mengatur beberapa sistem secara otomatis, termasuk kemampuan untuk berkeringat. 

Terkadang, penderita diabetes justru tidak dapat berkeringat karena sistem sarafnya rusak.

Gejala lain dari penderita diabetes adalah sering merasa lapar (polifagi), sering haus (polidipsi), dan sering buang air kecil (poliuri).

Konsultasi ke dokter dengan cara menghubungi call center Medi-Call atau menggunakan aplikasi Medi-Call agar pelayanan rutin memeriksakan kadar gula darah dapat dilakukan di rumah.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status