Diabetes Melitus, Atasi dengan Perawatan yang Benar

Share Artikel Ini

Diabetes melitus menjadi kasus penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat perkotaan. Dengan cara-cara berikut bisa menjadi pilihan Anda untuk mengobati penyakit ini.

Pengobatan untuk penyakit diabetes dapat dilakukan secara alami dan obat-obatan. Setiap tahun kasus penderita penyakit ini selalu mengalami peningkatan.

Tingginya kadar gula darah dalam tubuh manusia yang menjadi salah satu penyebab munculnya diabetes. Kadar gula darah yang tinggi bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Meskipun penyakit ini tidak menular namun dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain seperti jantung, stroke, ginjal, gangguan syaraf, kebutaan dan beberapa penyakit lain yang dapat berdampak pada kecacatan bahkan kematian.

Penyakit diabetes banyak diderita oleh masyarakat di daerah perkotaan dibandingkan pedesaan.

Penyakit Diabetes Melitus

Penyakit diabetes melitus adalah penyakit tidak menular yang diakibatkan tingginya kadar gula dalam darah serta pada beberapa kasus diakibatkan kekurangan insulin.

Diabetes melitus terbagi menjadi 2 tipe utama, yaitu :

  • Diabetes melitus 1 atau InsulinDependent Diabetes Mellitus (IDDM) diakibatkan kekurangan insulin
  • Diabetes melitus 2 atau Non-Insulin-Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM) tidak dipicu oleh insulin, melainkan jaringan sasaran seperti otot dan jaringan adiposa kurang merespon terhadap kadar insulin. Tipe 2 dapat muncul akibat faktor genetik maupun lingkungan seperti usia, makanan, obesitas maupun gaya hidup, sehingga merupakan kasus yang paling banyak ditemui.
rawat luka, perawat luka, perawat luka diabetes, perawat luka kanker, perawat luka di rumah, rawat luka di rumah, panggil perawat luka ke rumah, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Perawat Luka ke Rumah Anda

Faktor penyebab diabetes melitus antara lain keturunan, pola hidup tidak sehat yang dapat mengakibatkan kegemukan, asupan makanan tinggi lemak dan gula serta rokok.

Deteksi penyakit ini dapat diketahui dengan medical check up. Namun waspada gejala yang dapat ditimbulkan oleh penyakit ini antara lain :

  • Haus dan lapar yang berlebihan,
  • Penurunan berat badan,
  • Infeksi pada area kulit yang dapat menimbulkan luka,
  • Frekuensi buang air kecil menjadi sering dengan volume banyak.

Pengobatan Diabetes Melitus

Pengobatan untuk penyakit diabetes melitus dapat dilakukan secara alami tanpa menggunakan obat serta kimia dengan menggunakan obat.

Pengobatan secara alami dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Pengaturan Pola Makan

Pengaturan pola makan merupakan kunci sukses pengobatan diabates.

Konsumsi makanan dengan komposisi seimbang yaitu karbohidrat sekitar 60 – 70 %, lemak sekitar 20 – 25 % dan protein sekitar 10 – 15 %.

Pengaturan pola makan yang efektif menjadikan keberhasilan penurunan berat badan yang dapat mengurangi resistensi insulin.

Perhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh berdasarkan umur, stres akut dan kegiatan fisik.

Selain itu pilihan sumber makanan seperti lemak dapat diperoleh dari nabati yang kaya asam lemak tak jenuh, sumber protein serta asupan makanan berserat seperti sayur dan buah yang mampu mengatasi rasa lapar.

  • Olah raga

Olahraga ringan yang teratur efektif menurunkan dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk pengobatan penyakit diabetes adalah lari atau jalan pagi, berenang, bersepeda dengan durasi selama 30 – 40 menit dimulai dari pemanasan selama 5 – 10 menit kemudian dikahiri dengan pendinginan selama 5 – 10 menit.

Pengobatan dengan obat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Pemberian insulin

Suntik insulin mampu meningkatkan transpor glukosa dari darah ke dalam sel.

Pemberian suntik insulin dapat diberikan kepada penderita DM 1 maupun DM 2, sebaiknya suntik dilakukan oleh dokter. 

  • Pemberian obat hipoglikemik oral

Pemberian obat minum juga merupakan salah satu upaya yang dapat mengobati penyakit diabetes.

Sebaiknya pemberian obat beserta dosisnya sesuai saran dan anjuran tenaga kesehatan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan memanggi dokter ke rumah untuk memberikan obat oral sesuai kondisi pasien serta keparahan penyakit.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Apabila terjadi luka akibat penyakit diabetes. Maka sebaiknya dilakukan pengobatan dengan bantuan perawat luka diabetes sehingga infeksi akan segera sembuh.

Bagi penderita diabetes umumnya memerlukan perawatan atau kontrol rutin, oleh sebab itu gunakan aplikasi panggil dokter untuk mendapatkan perawatan diabetes melitus oleh dokter ke rumah.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.