gula darah tinggi, gula darah, diabetes, penyebab gula darah tinggi, gejala gula darah tinggi,

Penyebab Gula Darah Tinggi, Hindari Hal-Hal Berikut Ini

Share Artikel Ini

Gula darah tinggi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari dalam tubuh maupun dari gaya hidup tidak sehat. Aktivitas dan makanan serta minuman yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab penyakit ini menyerang seseorang. 

Gula darah tinggi merupakan indikasi bahwa tubuh mengidap penyakit diabetes. Akibat dari tingginya kadar gula darah dapat mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh lain bahkan berakibat fatal terjadinya kematian.

Oleh karena itu, faktor penyebab gangguan kesehatan ini penting untuk diketahui agar dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah dalam diri seseorang. Namun apabila gula darah sudah terlanjur tinggi segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan.

Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi atau dikenal dengan istilah hiperglikemi merupakan kondisi ketika insulin tidak berfungsi untuk memecah gula sehingga tidak dapat masuk ke dalam sel sebagai sumber tenaga yang berakibat penumpukan pada peredaran darah. Kondisi ini umumnya terjadi disebabkan oleh penyakit diabetes atau kerusakan pankreas. Beberapa gejala yang ditunjukkan apabila kadar gula darah tinggi, antara lain :

  • Dehidrasi, timbunan gula darah yang menumpuk akan dikeluarkan melalui urin sehingga frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering.
  • Kerusakan organ saraf hingga pembuluh darah kecil pada bagian mata, ginjal dan jantung yang berakibat terhadap komplikasi penyakit lain. Salah satunya adalah penglihatan menjadi kabur, gangguan pencernaan, serta rasa sakit kepala berlebihan.
  • Koma diabetes akibat dehidrasi akut sehingga cairan tubuhnya tidak tergantikan yang umumnya terjadi ketika kadar gula darah diatas 600 mg/dL.

 

Apabila gejala-gejala di atas sudah terlihat atau terasa maka sebaiknya segera konsultasi dengan dokter agar segera mendapatkan perawatan maksimal. Selain itu, pada beberapa kasus diabetes lainnya mampu menimbulkan luka yang diperlukan perawatan. Oleh sebab itu, memanggil perawat luka diabetes/kanker dapat menjadi alternatif untuk melakukan perawatan di rumah.

Penyebab Gula Darah Tinggi

Tingginya kadar gula darah dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Tubuh kita bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mengakibatkan peningkatan kadar gula darah, antara lain :

  • Kerusakan pankreas;
  • Penurunan kinerja insulin dalam tubuh;
  • Faktor keturunan;
  • Perubahan hormon pada umumnya pada wanita hamil;
  • Adanya penyakit degeneratif, seperti jantung, diabetes dan stroke.

 

Selain itu, kadar gula darah menjadi tinggi juga dapat disebabkan oleh faktor dari luar tubuh manusia, antara lain :

  • Makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan
    Makanan dan minuman yang memiliki kandungan pemanis buatan, terutama apabila dikonsumsi dalam jangka panjang, terbukti dapat mengakibatkan peningkatan kadar gula darah. Makanan dan minuman yang mengandung gula alami lebih baik dikonsumsi dibanding yang mengandung pemanis buatan. Meskipun begitu sebaiknya penderita diabetes memperhatikan asupan makanan dengan kandungan glukosa.
  • Makanan dengan kandungan lemak
    Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan lemak merupakan salah satu faktor yang dapat mengakibatkan kadar gula darah tinggi. Hal ini dikarenakan lemak dapat mempengaruhi proses pembersihan gula dalam darah.
  • Sering melupakan sarapan
    Sarapan ternyata mampu mempengaruhi kerja insulin pada tubuh karena kadar gula darah menjadi tidak stabil bahkan cenderung lebih tinggi.
  • Penurunan sistem kekebalan tubuh
    Sistem kekebalan tubuh yang rendah dapat mengakibatkan terjadinya infeksi yang diakibatkan oleh virus, kuman maupun bakteri untuk melawan zat kimia tertentu sehingga mengakibatkan kadar gula darah yang tidak terkontrol.
  • Stress
    Stress merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, tidak terkecuali peningkatan kadar gula darah menjadi tinggi. Hal ini disebabkan hormon stress menimbulkan peningkatan kadar insulin yang mampu meningkatkan kadar gula darah tinggi.
  • Rokok
    Rokok terbukti mampu mengakibatkan berbagai macam penyakit, tidak terkecuali diabetes. Rokok mengandung nikotin yang mempengaruhi tubuh dalam mengontrol gula darah.
  • Kurang waktu tidur
    Waktu tidur yang kurang dapat meningkatkan tingkat stress bagi sebagian orang, sehingga dapat mengakibatkan kadar gula darah menjadi semakin tinggi.
  • Penggunaan obat – obatan
    Beberapa kandungan obat-obatan dapat mempengaruhi kinerja tubuh salah satunya insulan. Hal itu juga berdampak pada gula darah tinggi.

 

Pengetahuan mengenai faktor penyebab gula darah tinggi sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat dari berbagai macam usia dan latar belakang. Wawasan tersebut berperan sebagai langkah pencegahan awal yang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang.

Share Artikel Ini
No Comments

Post A Comment

    Download Now
     &  Get more Discount