fbpx

Jangan Lewatkan Sarapan Pagi Sebelum Beraktivitas

Bagikan artikel ini

Tidak semua orang memahami betapa pentingnya sarapan pagi sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Jangan anggap remeh manfaat penting dari sarapan pagi.

Setiap hari tubuh memerlukan asupan makanan sehat dan bergizi tinggi sebagai nutrisi bagi tubuh serta sumber tenaga untuk melakukan aktivitas.

Sebaiknya individu memperhatikan pola makan yang teratur, agar organ pencernaan dapat bekerja maksimal untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Oleh sebab itu usahakan agar tidak melewatkan makan pagi.

Meskipun terlihat tidak terlalu penting, ternyata melewatkan sarapan dapat berdampak pada aktivitas maupun kesehatan tubuh.

medi-call, medicall, dokter ke rumah, perawat ke rumah, bidan ke rumah, fisioterapi ke rumah, perawat luka, perawat bayi, perawat home care, perawat lansia, infus vitamin c, vitamin c, vaksin
Medi-Call: Tenaga Medis ke Rumah Anda

Sarapan Pagi

Sarapan merupakan aktivitas makan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

Sarapan pagi menjadi penting karena tubuh telah beristirahat selama kurang lebih delapan jam saat malam hari dan membutuhkan asupan makanan.

Makanan yang dikonsumsi ketika sarapan akan diolah menjadi sumber tenaga untuk menjalankan aktivitas.

Sarapan bukan berarti hanya memasukan makanan atau minuman saja ke dalam tubuh.

Namun tetap harus memperhatikan kombinasi kandungan gizi pada makanan seperti karbohidrat, protein, sayuran, buah dan susu untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Manfaat Sarapan Pagi

Sarapan pagi sangat penting bagi tubuh manusia. Ada banyak sekali manfaat sarapan pagi, antara lain:

  • Sarapan Dapat Meningkatkan Stamina
    Sarapan pagi dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga dapat beraktivitas secara maksimal serta memberikan energi ke otak.
  • Sarapan Dapat Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh
    Sarapan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Namun tetap memperhatikan asupan makanan seperti kandungan karbohidrat, vitamin dan mineral yang didapatkan dari konsumsi sayur dan buah serta protein yang diperoleh dari telur, daging dan ikan.
  • Membantu Dalam Menjaga Keseimbangan Protein
    Protein merupakan hal penting untuk mengembangkan serta menjaga bentuk otot dan tetap kenyang dalam jangka waktu yang lama. Asupan protein dapat diperoleh dari telur, susu, keju dan daging.
  • Meningkatkan Kemampuan Otak
    Sarapan mampu meningkatkan kemampuan otak serta memori. Hal ini sangat membantu individu untuk dapat berkonsentrasi saat bekerja maupun belajar.
  • Menjaga Berat Badan
    Rutin sarapan pagi mampu menjaga berat badan. Bahkan penelitian menunjukkan rutin sarapan mampu membantu menstabilkan berat badan dan membantu program diet. Perhatikan asupan makanan yang baik untuk menjaga berat badan, berkonsultasilah dengan dokter untuk komposisi makanan yang tepat.
dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda
  • Menjaga Gula Darah dan Kolesterol
    Penelitian menunjukkan orang yang rutin sarapan pagi, memiliki tingkat gula darah dan kolestrol yang stabil dan tidak tinggi.
  • Meningkatkan Metabolisme
    Metabolisme akan mengubah asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk menjadi energi.

Sehingga dapat membantu tubuh dalam proses penurunan berat badan.

Bahaya Melewatkan Sarapan

Tidak hanya mengganggu aktifitas, mlewatkan sarapan ternyata berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Dampak buruk dari melewatkan sarapan, antara lain :

  • Beresiko Tinggi Terkena Diabetes
    Sarapan membuat organ pencernaan bekerja secara teratur. Hal ini berpengaruh terhadap resistensi insulin, yang diakibatkan pengisian makanan ke dalam perut secara tiba-tiba dalam jumlah banyak.
  • Peningkatan Berat Badan
    Terbiasa melewatkan sarapan, membuat tubuh akan terasa lapar hingga mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak sehingga dapat meningkatkan berat badan.
  • Beresiko Terkena Penyakit Jantung
    Orang yang sering melewatkan sarapan cenderung mudah terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan tubuh dipaksa bekerja lebih keras hingga terjadi perubahan metabolisme tubuh yang berakibat penumpukan plak di arteri jantung.
  • Penurunan Kinerja Otak
    Penelitian menunjukkan sarapan pagi dapat meningkatkan kinerja otak sehingga mempengaruhi konsentrasi saat bekerja dan belajar.
  • Jam Makan Tidak Teratur
    Sarapan pagi dapat melatih tubuh untuk mengatur waktu makan yang teratur. Waktu makan teratur mempengaruhi metabolisme tubuh.

Dengan membiasakan diri sarapan pagi akan memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Silahkan menggunakan jasa panggil dokter ke rumah untuk mendapatkan informasi pentingnya sarapan pagi bagi kesehatan beserta asupan makanan yang dibutuhkan tubuh.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.