Medi-Call

Penyebab Penyakit Tipes yang Harus Diwaspadai Sekarang Juga!

Bagikan artikel ini

Banyak orang mengatakan jika penyebab penyakit tipes itu akibat mengonsumsi makanan yang tidak higienis. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu penyebab penyakit tipes di bawah ini sekarang juga!

Wabah penyakit tipes biasanya terjadi di negara-negara berkembang yang memiliki sanitasi buruk. 

Tipes termasuk jenis penyakit yang dapat menular dengan cepat, apalagi jika Anda berkontak langsung dengan orang yang terinfeksi penyakit ini.

WHO memperkirakan terdapat sekitar 11 sampai 20 juta kasus tipes per tahunnya, dimana anak-anak memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular.

Penyakit ini terus menjadi masalah yang serius di negara-negara seperti Afrika, Amerika, India, ataupun Asia Tenggara. 

Gejala yang dialami oleh para penderita tipes yaitu nafsu makan yang memburuk, sakit kepala, mual, demam setinggi 40,5 derajat celcius, lesu, ataupun diare

Beberapa penderitanya juga mungkin akan mengalami ruam-ruam dan penyakit tipes biasanya terjadi selama 3 – 4 minggu.

Untuk itu, jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit tipes seperti di atas, segera hubungi dokter Medi-Call di rumah melalui Call-Center 24 Jam atau menggunakan aplikasi Medi-Call.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Penyebab Penyakit Tipes

Penyebab penyakit tipes atau yang biasa disebut dengan demam tifoid ini adalah bakteri Salmonella enterica serotype typhi atau Salmonella serotype paratyphi.

Menurut WHO (World Health Organization), bakteri Salmonella typhi tersebut akan berkembang biak dan menyebar ke dalam aliran darah dan saluran usus.

Apabila tidak ditangani lebih lanjut, demam tifoid tersebut dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti salah satunya pendarahan usus.

Anda dapat terkena penyakit tipes melalui beberapa cara seperti berikut ini.

  • Anda dapat terinfeksi penyakit tipes apabila mengkonsumsi makanan atau air yang telah terkontaminasi atau tercemar oleh Salmonella typhi.
  • Setelah menggunakan toilet yang terkontaminasi bakteri, Anda langsung menyentuh mulut sebelum mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu juga dapat menjadi penyebab penyakit tipes lainnya.
  • Mengkonsumsi makanan laut dari sumber air yang terkontaminasi tinja, yang mengandung konsentrasi bakteri yang tinggi.
  • Mengkonsumsi sayur mentah yang dipupuk dengan menggunakan kotoran manusia.
  • Melakukan seks oral dengan orang yang terjangkit bakteri Salmonella juga menjadi penyebab penyakit tipes.
Baca juga:  Apa Itu Cacar Monyet, Apakah Berbahaya dan Menular? 
Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Kondisi sanitasi yang buruk memang menjadi penyebab penyakit tipes.

Untuk itu, penerapan kebersihan yang baik sangat berpengaruh dalam proses menghentikan penyakit tipes tersebut, salah satunya dengan berhati-hati terhadap makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Apabila Anda sudah menerapkan pencegahan tersebut, namun mulai merasakan tubuh menunjukkan gejala penyakit tipes seperti sakit perut, nyeri otot dan sendi, demam tinggi, serta sembelit.

Segera konsultasikan dengan dokter Medi-Call di rumah melalui Call-Center 24 Jam atau menggunakan aplikasi Medi-Call untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

DMCA.com Protection Status