fbpx

Cara Benar Perawatan Luka Dekubitus yang Harus Diketahui

Bagikan artikel ini
  • 1
    Share

Perawatan luka dekubitus yang benar dibutuhkan untuk luka yang berada di tubuh bagian bawah, seperti punggung dan bokong.

Luka dekubitus yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan luka baru dan memperparah kerusakan jaringan.

Sehingga sangat penting untuk mengetahui cara mengobati luka dekubitus yang baik dan benar sesuai dengan petunjuk dokter.

Adapaun tata cara perawatan luka dekubitus, antara lain:

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda
  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk perawatan luka seperti: kassa steril, alkohol dan NaCL, pinset, plester, serta gunting plester.
  2. Bersihkan kedua tangan sebelum melakukan perawatan luka dekubitus
  3. Keringkan area luka dengan kassa steril, kemudian bersihkan luka untuk mengurangi jumlah bakteri pada area luka.
  4. Perhatikan detail luka seperti warna, bau, jumlah dan ukuran luka.
  5. Gunakan teknik perawatan luka modern dressing. Teknik perawatan luka modern dressing memperhatikan kelembaban kulit pada area luka dengan menggunakan bahan hydrogel. Hydrogel berfungsi menghancurkan jaringan nekrotik tanpa merusak jaringan sehat. Penggunaan balutan dapat dilakukan selama 3 sampai 5 hari, sehingga tidak menimbulkan rasa nyeri saat mengganti balutan.
  6. Selain itu perhatikan asupan gizi pasien untuk mempercepat proses penyembuhan luka  untuk perawatan luka dekubitus. Konsultasikan dengan dokter terdekat Anda untuk asupan gizi terbaik.

Bagi pasien yang mengalami kesulitan gerak atau lanjut usia yang beresiko terkena luka dekubitus sebaiknya rajin menggunakan lotion pada area tubuh tertentu untuk menjaga kelembaban tubuh.

Serta perhatikan tata letak tempat istirahat untuk meminimalisir terjadinya tekanan dan berikan edukasi yang tepat untuk menghindari resiko luka dekubitus.

Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk perawatan luka dekubitus langsung di rumah, Medi-Call menyediakan perawat luka untuk dekubitus, diabetes mellitus, dan kanker.

Perawat luka juga terintegrasi dengan layanan dokter ke rumah Medi-Call.

Hubungi Call Center Medi-Call (081210783387) atau download aplikasi Medi-Call gratis di App Store dan Google Play Store.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.