Layanan Perawat Luka Diabetes dan Kanker

Penderita Luka Kronis Akibat Diabetes Mellitus dan Kanker

Permasalahan berupa luka kronik umumnya terjadi pada kaki penderita diabetes mellitus dan dapat menimbulkan risiko amputasi hingga kematian jika tidak dilakukan pencegahan sejak penderita terdiagnosa diabetes mellitus.

Luka muncul sebagai akibat dari polineuropati simetris yang bermanifestasi sebagai penurunan sensasi tekanan pada kulit, getaran, dan hilangnya refleks pada lutut pasien.

Sedangkan luka kanker juga dimasukkan dalam luka kronis dilihat dari karakteristiknya yang sulit sembuh, sangat menyakitkan, memproduksi eksudat yang banyak, serta menimbulkan bau tidak sedap.

Hal ini disebabkan oleh infiltrasi sel tumor yang merusak lapisan kulit oleh karena sel ganas berbentuk menonjol dan tidak beraturan tumbuh dan mengendap.

Perawat Luka Kronik

Untuk pasien/penderita diabetes mellitus dan kanker, Medi-Call menyediakan layanan perawat luka ke langsung ke rumah Anda untuk membantu merawat luka.

Dengan jenis luka yang berbeda antara diabetes mellitus dan kanker, maka perawatan luka untuk kedua penyakit tersebut akan berbeda juga.

Untuk kebutuhan perawatan luka ini, perawat luka Medi-Call memiliki sertifikat khusus, yaitu sertifikat CWCCA (Certified Wound Care Clinician Associate) untuk menangani kedua luka tersebut.

Selain kualifikasi tersebut, perawat luka kami juga memiliki izin resmi, STR aktif serta berpengalaman untuk membantu merawat luka.

Pada penderita diabetes mellitus, perawat luka Medi-Call membuat perencanaan dalam mencegah timbulnya luka dengan cara melakukan perawatan kaki, mengamati kaki setiap hari, menjaga kelembaban, melakukan olahraga kaki, memberikan alas kaki yang sesuai untuk pasien, dan melakukan perawatan untuk luka diabetes bila luka telah muncul.

Perawatan juga mencakup kontrol kadar gula darah secara rutin, mengatur diet pasien, pemeriksaan gula darah rutin, dan konsumsi obat anti diabetik. Perawatan luka saat ini dikenal dua metode, yaitu metode konvensional dan metode modern.

Perawat luka biasanya menggunakan metode konvensional yaitu membersihkan luka dengan normal saline (larutan NaCl 0.9%) ditambah dengan Povidone Iodine, lalu ditutup dengan kasa kering.

Pada kanker prinsip perawatan luka adalah mengontrol bau yang tidak sedap, mengatasi produksi cairan yang berlebihan, merawat kulit di sekitar luka, mencegah dan mengontrol perdarahan dan nyeri serta kejadian infeksi.

Perawat Medi-Call memberikan terapi topikal (oles/krim) seperti calcium alginate, hydrocolloid, hidroaktif gel, activated charcoal dressing, menanggulangi produksi cairan berlebihan (misal pada fistula) dengan pemasangan urostomi atau kantong colostomy, perdarahan yang banyak menggunakan calcium alginate, serta memberikan obat anti nyeri dan antibiotik yang telah dikonsultasikan dengan dokter.

Kapan Perawat Berhenti Merawat Luka?

Teknik perawatan luka yang dilakukan oleh perawat juga dapat meningkatkan risiko infeksi silang yang memungkinkan berkembangnya bakteri seperti Pseudomonas sp., Streptococcus sp., Beta hemolitikus, dan bakteri lainnya sehingga terdapat beberapa kontraindikasi dilakukannya perawatan oleh perawat luka misal pada infeksi berat, kadar gula yang terlalu tinggi, demam, gangguan kesadaran, dan tanda tanda sepsis.

Dengan kata lain, pasien dengan permasalahan tersebut harus segera dibawa ke dokter atau pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut.

Perawat Luka Medi-Call

Sebagai aplikasi layanan home care terlengkap (dokter, perawat, bidan dan fisioterapis), Medi-Call menyediakan jasa perawat luka ke rumah Anda selama 24 jam.

Medi-Call menyediakan layanan perawat luka dengan jangka waktu yang berbeda, di antaranya perawat luka harian, mingguan dan bulanan.

Konsultasikan kebutuhan perawatan lansia untuk bayi Anda dengan Medi-Call. Hubungi Call Center Medi-Call 081210783387 atau download aplikasi Medi-Call di iOS dan Google Play Store secara gratis.

Perawat Medi-Call
"Lebih Nyaman, Tanpa Antre!"

Untuk pemesanan layanan & informasi lebih lanjut,
hubungi Call Center Medi-Call:


Layanan Perawat yang tersedia

Pengiriman Kami Menggunakan

Pembayaran Kami Menggunakan

Panggil Dokter dan Fisioterapi   Panggil Dokter dan Fisioterapi