Layanan Perawat Home Care dan Perawat Pasca Operasi

Perawat Home Care

Home care merupakan layanan yang disediakan oleh tenaga kesehatan terlatih kepada pasien dan keluarga di rumahnya secara berkelanjutan dan menyeluruh.

Home care bertujuan untuk memaksimalkan kemandirian serta meminimalisir kecacatan sebagai akibat dari penyakit yang dimiliki pasien, sekaligus menurunkan biaya perawatan dan lama rawat inap di rumah sakit.

Terdapat beberapa pihak yang terlibat dalam home care, salah satunya adalah perawat home care.

Tidak semua tenaga kesehatan dapat menjadi perawat home care karena harus memiliki kualifikasi untuk dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Kriteria yang harus dipenuhi antara lain minimal pendidikan DIII, sertifikat pelatihan home care, berpengalaman kerja minimal 3 tahun, serta memiliki Surat Ijin Praktek Perawat (SIPP).

Selain kualifikasi tersebut, perawat home care Medi-Call juga memiliki izin resmi dan STR aktif untuk membantu merawat orang tua langsung di rumah Anda.

Apa Tugas Perawat Home Care?

Untuk layanan perawat home care di Medi-Call, perawat akan mempelajari kebutuhan pasien yang mencakup kondisi fisik, kondisi psikologis, status sosial ekonomi, dan pola perilaku pasien.

Selanjutnya, perawat Medi-Call membuat rencana layanan berupa rencana kunjungan, perawatan yang disesuaikan dengan penyakitnya, dan dilanjutkan dengan koordinasi pelayanan.

Koordinasi pelayanan dilakukan dengan memberi informasi layanan yang tersedia, membuat janji dengan pasien, jadwal kunjungan, dan melakukan rujukan pasien. Terakhir, perawat Medi-Call akan melakukan evaluasi.

Penyakit Apa yang Membutuhkan Perawat Home Care?

Home care penting dilakukan terutama pada penyakit yang bersifat kronis dan membutuhkan pelayanan bersifat menyeluruh misalnya stroke, jantung dan pembuluh darah, serta diabetes. 

Stroke

Stroke adalah penyebab utama dari kematian dan kerusakan saraf di Indonesia yang umumnya terjadi pada lansia.

Proses penyembuhan dan rehabilitasi dari stroke membutuhkan waktu yang lama, kesabaran, serta ketekunan dari pasien dan keluarga.

Hal ini dikarenakan pasien stroke membutuhkan pelayanan medik berupa pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Perawat home care bertugas mengawasi tanda vital, melakukan konsultasi keperawatan, penggantian/pemasangan selang NGT, kateter, tube pernapasan, peralatan oksigen, infus, perawatan luka (ulkus decubitus), penghisapan lender, melakukan injeksi, pengambilan sample darah, urin, tinja, perawatan kebersihan diri, serta memfasilitasi pasien untuk berkonsultasi dengan dokter, psikolog, serta petugas sosial profesional.

Selain itu, perawat home care akan diajarkan mengenai fisioterapi dan terapi okupasional, serta perbaikan lingkungan pada penderita stroke untuk memaksimalkan fungsi sosial dan kemandirian dari pasien.

Penyakit jantung dan pembuluh darah

Penyakit gagal jantung merupakan penyebab kematian nomor satu yang memicu terjadinya kematian, dengan gejala unik yang kurang disadari oleh penderita.

Gagal jantung dapat diawali Penyakit Jantung Koroner (PJK), hipertensi, kardiomiopati.

Hampir 50% pasien dengan gagal jantung mengalami penurunan kualitas hidup karena penurunan secara fisik.

Pada penyakit jantung ini, perawatan home care lebih ditujukan untuk menghindari penurunan kualitas hidup, kematian, serta menurunkan angka kekambuhan atau seringnya pasien kembali ke rumah sakit.

Tindakan yang umumnya dilakukan mirip seperti pada pasien stroke hanya saja tindakan preventif berupa mengawasi tanda vital serta klinis pasien lebih ditekankan.

Selain itu, penting untuk mengatur diet serta gaya hidup pasien berkenaan dengan hubungan penyakit jantung dengan tingginya kadar kolesterol.

Peran perawat home care sangat penting untuk mengawasi terapi yang direkomendasikan, self monitoring, memberi dukungan sosial, serta kebutuhan spiritual pasien.

Diabetes mellitus

Penyakit ini mengalami peningkatan dalam jumlah kasus dan menjadi penyebab keenam kematian di seluruh dunia.

Pasien diabetes mellitus memiliki risiko komplikasi 2 kali lebih besar pada penyakit jantung koroner, 17 kali pada penyakit gagal ginjal kronis, dan 50 kali pada ulkus diabetic oleh karena kerusakan sebagian atau keseluruhan pada jaringan kulit, otot, tendon lewat proses angiopati, neuropati, dan infeksi.

Perawat home care bertugas untuk mengontrol pola hidup dan diet pasien, memonitor gula darah, memastikan pasien meminum obat, melatih kemandirian pasien, melakukan perawatan kebersihan, serta melakukan tatalaksana lain sesuai dengan komplikasi dari pasien diabetes mellitus.

Perawat Home Care Medi-Call

Sebagai aplikasi layanan home care terlengkap (dokter, perawat, bidan dan fisioterapis), Medi-Call menyediakan jasa perawat home care ke rumah Anda selama 24 jam.

Medi-Call menyediakan layanan perawat home care dengan jangka waktu yang berbeda, di antaranya perawat home care harian, mingguan dan bulanan.

Konsultasikan kebutuhan perawatan home care untuk Anda atau anggota keluarga yang memiliki penyakit stroke, jantung dan pembuluh darah serta diabetes melitus dengan Medi-Call. Untuk pemesanan, hubungi Call Center Medi-Call 081210783387 atau download aplikasi Medi-Call di iOS dan Google Play Store secara gratis.

Perawat Medi-Call
"Lebih Nyaman, Tanpa Antre!"

Untuk pemesanan layanan & informasi lebih lanjut,
hubungi Call Center Medi-Call:


Layanan Perawat yang tersedia

Pengiriman Kami Menggunakan

Pembayaran Kami Menggunakan

Panggil Dokter dan Fisioterapi   Panggil Dokter dan Fisioterapi