Perban Luka yang Tepat untuk Proses Penyembuhan Luka

Perban luka dibutuhkan untuk beberapa jenis luka tertentu untuk membantu proses penyembuhan dan melindungi luka dari kotoran, debu atau gesekan benda tertentu.Hampir sebagian besar orang pasti pernah merasakan luka pada tubuh. Baik luka berukuran kecil maupun luka besar.Meskipun begitu setiap luka harus segera diobati dan mendapatkan perawatan maksimal agar tidak menimbulkan penyakit komplikasi lain.Oleh sebab itu ada beberapa jenis luka yang membutuhkan perban luka agar tidak memperparah infeksi.Luka yang dirawat dengan baik akan lekas kering, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan luka yang maksimal.
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Luka

Luka merupakan gangguan pada kulit akibat suatu hal tertentu.Luka besar atau kecil harus segera diobati agar tidak menimbulkan infeksi atau komplikasi penyakit kulit lain.Perlu diketahui bahwa perawatan luka yang salah bisa menyebabkan luka semakin parah.Ada beberapa jenis luka yang dapat diangin-anginkan saja, namun beberapa jenis luka lain sebaiknya ditutup dengan perban luka.Namun sebenarnya luka lebih cepat sembuh dalam kondisi lembab.Perban luka digunakan oleh para dokter untuk membantu penyembuhan luka serta melindungi luka dari kotoran, debu, gesekkan dengan benda tertentu yang berpotensi menimbulkan infeksi.Ada berbagai jenis perban yang dapat digunakan untuk melindungi luka sesuai dengan ukuran maupun tingkat keparahan luka.Jenis perban luka yang sering digunakan untuk menutup luka, antara lain:
  1. Perban Gulung

Perban gulung yang terbuat dari bahan tenun halus yang berpori pada umumnya digunakan untuk jenis luka ringan karena tidak memberikan tekanan pada luka.

Sedangkan perban gulung yang elastis digunakan untuk luka cedera agar mampu menyangga jaringan serta mengurangi pembengkakkan pada area luka.

Baca juga:  Daftar Makanan Penyembuh Luka untuk Pasien Pasca Operasi
  1. Perban Segitiga

Perban yang digunakan untuk menyanggah bagian tubuh siku dan lengan yang berbentuk segitiga.

  1. Perban Tubular

Perban yang terbuat dari bahan halus untuk membalut luka pada jari tangan dan kaki. 

  1. Perban Wound Dressing

Perban Wound Dressing sering digunakan oleh para dokter untuk menghentikan pendarahan pada area luka dan membantu proses penyembuhan.

Perban ini memiliki beberapa macam yang dapat digunakan sesuai dengan ukuran serta tingkat keparahan luka.

Beberapa manfaat perban ini adalah menutup luka bekas sayatan, melindungi luka dari gesekan, tidak lengket dan tidak menimbulkan nyeri saat perban dibuka serta menjaga kelembapan luka agar lekas sembuh.

Jenis Luka yang Membutuhkan Perban Luka

Luka memerlukan perawatan yang baik agar tidak menimbulkan infeksi.Oleh sebab itu ada beberapa jenis luka yang lebih cepat sembuh dalam kondisi lembab sehingga luka tersebut harus ditutup dengan perban.Beberapa jenis luka yang membutuhkan perban luka, antara lain :
  • Luka Lecet atau Gores

Luka lecet maupun gores umumnya tergolong luka ringan karena hanya melukai permukaan epidermis kulit.

Luka yang sering dijumpai akibat kecelakaan, terjatuh maupun benturan ini dapat ditutup menggunakan perban luka wound dressing jenis film dressing.

  • Luka Sayat atau Iris

Luka sayat atau iris umumnya berbentuk garis lurus akibat terkena benda tajam serta luka operasi. Luka ini umumnya menggunakan perban luka simple island dressing.

  • Luka Robek

Luka robek pada umumnya disebabkan oleh hal tak terduga seperti kecelakaan. Luka ini memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Luka robek memerlukan perawatan luka agar lekas sembuh dan tidak menimbulkan nyeri.

Pada umumnya dokter akan menutup luka robek dengan perban luka untuk menghentikan pendarahan, menjaga kelembaban luka serta melindungi area luka dari gesekan. 

  • Luka Tusuk

Luka tusuk memiliki kedalaman luka yang lebih besar dibandingkan ukuran lebarnya. Luka ini disebabkan oleh tusukan benda tajam.

Luka tusuk memerlukan perban luka untuk melindungi area luka serta menghentikan pendarahan yang terjadi.

  • Luka Gigitan Binatang

Luka akibat gigitan binatang pada umumnya mengikuti tekstur gigi binatang. Luka gigitan binatang yang cukup parah pada umumnya memerlukan perban luka.

Medi-Call: Layanan Dokter Umum Terdekat ke Lokasi Anda
Perban luka mampu melindungi luka dari gesekan, sentuhan benda tajam hingga udara.Apabila terjadi luka dengan ukuran besar sebaiknya lakukan perawatan yang baik dan konsultasikan dengan dokter.Gunakan aplikasi panggil dokter Medi-Call  untuk mendapatkan perawatan luka yang sesuai dengan luka pasien.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip