vertigo, terserang vertigo, gejala vertigo, mengatasi vertigo, mengobati vertigo, penyakit vertigo

Saat Anda Terserang Vertigo, Apa yang Harus Dilakukan?

Share Artikel Ini

Mungkin Anda pernah mengalami terserang penyakit vertigo. Kepala terasa pusing disertai dengan rasa mual dan telinga berdenging. Lalu, apa yang seharusnya dilakukan saat terserang penyakit ini?

Vertigo merupakan penyakit yang umumnya terjadi secara mendadak dengan rasa kepala berputar atau lingkungan sekitar bergerak. Keluhan ini muncul dengan gejala ringan namun beraturan sehingga menjadi parah dan berkepanjangan yang dapat menganggu aktivitas penderita. 

Vertigo merupakan gangguan vestibuler yang disebabkan perubahan posisi kepala terhadap gaya gravitasi tanpa peran lesi di susunan saraf pusat, dengan gejala yang dimunculkan adalah rasa pusing seperti berputar disertai mual muntah, telinga berdenging bahkan keringat dingin.

Pusing yang dihasilkan dari keluhan ini merupakan pertanda adanya infeksi telinga, sakit kepala hingga dehidrasi. Faktor yang dapat memancing vertigo antara lain suasana yang padat dan ramai, efek samping penggunaan obat tertentu serta penyakit kronis.

Pertolongan Pertama bagi Pasien Vertigo di Rumah

Seseorang yang menderita vertigo bisa mendadak dapat menyebabkan dirinya terjatuh atau berada dalam bahaya apabila dalam kondisi sedang mengendarai kendaraan. Oleh sebab itu pasien dengan keluhan ini harus lekas mendapatkan pertolongan. Pertolongan pertama mengatasi vertigo di rumah dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain :

  • Segeralah duduk atau berbaring
    Apabila gejala vertigo mulai menyerang sebaiknya langkah awal adalah segera duduk atau berbaring. Jangan tergesa-gesa untuk bangkit dari posisi duduk maupun berbaring sampai gejala sudah reda atau hilang. Hal ini disebabkan apabila keluhan ini menyerang dan Anda terjatuh, maka dapat mengakibatkan patah tulang atau kerusakan organ lain bahkan yang paling parah adalah kematian.
  • Posisi duduk dengan mengangkat kaki
    Segera ambil posisi duduk kemudian angkatlah kaki menuju ke arah kepala, hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah ke otak. Setelah itu mulai berdirilah secara perlahan.
  • Gerakkan kepala secara perlahan
    Saat gejala ini menyerang maka akan menimbulkan pergerakan posisi secara mendadak yang dapat menganggu ekuilibrium telinga. Lakukan gerakan kepala digeleng-gelengkan secara perlahan.
  • Segera jongkok dan menundukkan kepala
    Anda dapat segera berjongkok atau menundukkan kepala saat vertigo menyerang ditengah keramaian. Setelah itu tarik nafas dalam-dalam agar membuat tubuh Anda lebih rileks dan tidak panik.
  • Perbanyak konsumsi minuman
    Salah satu penyebab terserang penyakit ini adalah dehidrasi. Oleh sebab itu apabila Anda mengalami hal ini bersegeralah untuk mengkonsumsi minuman.
  • Segera pergi ke tempat gelap
    Sebaiknya hindari cahaya terang saat mengalami keluhan ini. Hal ini dikarenakan ketika vertigo menyerang, mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Cahaya yang terang dapat membuat penderita keluhan ini akan semakin pusing.
  • Lakukan teknik manuver
    Anda dapat melakukan teknik manuver seperti dibawah ini untuk mengatasi vertigo, antara lain :
    – Barbeceau Manuver, pasien melakukan gerakan berputar 360 derajat dengan posisi tidur;
    – Log Roll Manuver, pasien berputar 270 derajat dengan posisi miring ke arah telinga yang sakit;
    – Gufoni Manuver, pasien diarahkan untuk duduk menghadap lurus ke arah depan, kemudian merebahkan badan dengan cepat ke arah sisi lesi;
    – Forced Prolonged Position Maneuver, pasien diarahkan untuk tidur miring, dengan posisi telinga yang sakit menghadap ke atas.
  • Konsumsi makanan atau minuman dari bahan-bahan alami
    Konsumsi makanan maupun minuman dari bahan alami yang mampu meredakan gejala vertigo, antara lain :
    – Susu almond, susu ini kaya kandungan vitamin E dan B yang dapat digunakan untuk mengusir vertigo;
    – Cabe rawit, bahan alami dengan kandungan capsaicin mampu memperlancar aliran darah ke otak;
    – Jahe, merupakan bumbu dapur yang dapat diolah menjadi minuman berkhasiat menghilangkan rasa mual.

 

Apabila kedelapan langkah diatas belum mampu mengurangi vertigo, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ke rumah sakit atau gunakan aplikasi panggil dokter untuk dokter datang ke rumah.

No Comments

Post A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Call Center Medi-Call