Jangan Abai! Kenali dan Pahami Tanda Pendarahan Otak Berikut Ini

Bagikan artikel ini

Kondisi pendarahan pada otak dapat muncul kapan saja. Meskipun begitu, untuk meningkatkan awareness ada beberapa tanda pendarahan otak yang bisa dikenali.

Bagi beberapa orang pendarahan otak mungkin diartikan sebagai otak yang berdarah.

Namun pendarahan otak dalam istilah medis lebih luas daripada itu.

Otak manusia dikelilingi oleh tengkorak yang melindunginya, apabila terjadi pendarahan baik di luar maupun di dalam tengkorak dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan otak.

Pendarahan pada otak dapat menumpuk sehingga mengakibatkan oksigen tidak mengalir kembali kepada otak.

Apabila otak mengalami kekurangan oksigen dapat berbahaya karena pada kasus terburuk menyebabkan kematian.

Namun apapun kondisinya, pendarahan pada otak merupakan keadaan medis yang darurat dan perlu mendapatkan penanganan dengan segera.

Baca juga:  Sering Tidak Disadari! Kebiasaan Berikut Ini Jadi Penyebab Darah Tinggi

Apabila orang terkasih Anda mengalami sakit kepala hingga tidak sadarkan diri, sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call, ini mungkin saja tanda pendarahan otak.

Panggil dokter Medi-Call datang ke rumah dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah

Tanda Pendarahan Otak

Ada beberapa faktor penyebab yang meningkatkan risiko tanda pendarahan otak pada seseorang.

Cedera di kepala, kelainan darah, tekanan darah yang sangat tinggi serta mengkonsumsi obat-obatan terlarang dapat meningkatkan risiko pendarahan otak.

Tanda pendarahan otak biasanya lebih sering ditemukan pada orang lanjut usia, namun bukan berarti anak-anak tidak mungkin mengalami pendarahan otak.

Hanya saja anak-anak yang mengalami pendarahan otak biasanya pulih dengan hasil yang lebih baik karena otak mereka masih berkembang.

Tanda pendarahan otak bisa bermacam-macam tergantung pada lokasi perdarahan, tingkat keparahan perdarahan, dan jumlah jaringan yang terkena.

Tanda pendarahan otak juga biasanya datang secara tiba-tiba dan cenderung semakin memburuk.

Perlu diwaspadai jika Anda tiba-tiba mengalami kesemutan, kelemahan, mati rasa, kelumpuhan pada wajah, lengan, atau kaki karena ini merupakan tanda pendarahan otak.

Gejala ini biasanya hanya menyerang satu sisi tubuh saja.

Lebih lanjut, tanda seseorang mengalami pendarahan otak yang perlu diperhatikan adalah jika mengalami sakit kepala yang sangat parah, penglihatan menjadi kabur dan kehilangan keseimbangan.

Adanya pendarahan pada otak mencegah sel-sel saraf berkomunikasi dengan bagian lain dari tubuh dan melanjutkan fungsi normal.

Sehingga pasien akan mengalami masalah pada gerakan, ucapan, atau memorinya.

Ini membuat pasien mungkin akan mengalami beberapa tanda pendarahan otak seperti:

  • Kejang
  • Mual
  • Muntah
  • Kesulitan berbicara atau memahami ucapan
  • Kesulitan menelan
  • Kesulitan menulis atau membaca
  • Kehilangan keterampilan motorik halus, seperti tremor tangan
  • Indera perasa yang tidak normal
Medi-Call: Layanan Dokter Umum Terdekat ke Lokasi Anda

Pada beberapa kasus, gejala ini akan mengakibatkan penderitanya mengalami kelumpuhan, kehilangan penglihatan, mati rasa, hilang ingatan hingga perubahan kepribadian.

Oleh karena itu penting bagi penderita pendarahan otak untuk mendapatkan penanganan dengan segera agar kemungkinan untuk pulih juga meningkat.

Apabila Anda melihat seseorang mengalami gejala seperti di atas sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call agar datang ke lokasi Anda untuk memberikan penanganan yang tepat.

Anda bisa mendapatkan layanan panggil dokter Medi-Call ke lokasi dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

DMCA.com Protection Status