Tugas Dan Peran Perawat Home Care Untuk Keluarga di Rumah

Bagikan artikel ini

Tugas dan peran perawat home care adalah merawat pasien yang membutuhkan perawatan di rumah.

Home care merupakan jasa layanan kesehatan yang memungkinkan pasien dengan kebutuhan khusus mendapatkan perawatan di rumah.

Pada umumnya, orang-orang yang membutuhkan layanan home care meliputi pasien lansia, pasien dengan penyakit kronis, pasien setelah operasi, dan pasien setelah menjalani rawat inap.

Layanan home care akan sangat membantu bagi Anda yang membutuhkan pertolongan medis tetapi memiliki kendala untuk ke rumah sakit, misalnya usia yang sudah tua, kondisi yang lemah, atau setelah mengalami kecelakaan.

Baca juga:  4 Langkah Mudah Mencari Perawat Lansia Terpercaya untuk Orang Tua

Selain itu, layanan home care juga dilengkapi dengan perawat yang sudah berpengalaman dan ahli dalam bidangnya.

Pada dasarnya tugas dan peran perawat home care yaitu membantu merawat kebutuhan pasien di rumah sesuai dengan prosedur kesehatan yang sudah ditentukan.

Perawat Home Care dan Perawat Luka Medi-Call
Medi-Call: Layanan Perawat Home Care dan Perawat Luka di Rumah Anda

Kini sudah banyak agen atau jasa penyedia layanan perawat home care di rumah.

Tugas dan Peran Perawat Home Care

Perawat home care merupakan tenaga medis profesional yang telah lulus pendidikan tinggi keperawatan dan memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), sertifikat pelatihan home care, Surat Izin Praktek (SIP), serta memiliki pengalaman minimal 3 tahun sebagai perawat.

Tugas dan peran perawat home care antara lain memastikan kebutuhan nutrisi pasien terpenuhi mulai dari jadwal pemberian obat, asupan gizi, serta hal lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien. 

Selain itu, memberikan perhatian dan pengawasan penuh terhadap pasien juga dilakukan sebagai salah satu tugas dan peran perawat home care

Tugas dan peran perawat home care juga meliputi perawatan pribadi, seperti membantu mandi, mencuci rambut, dan berpakaian.

Perawatan ini biasanya dilakukan untuk pasien lansia atau pasien dengan kondisi yang kritis dikarenakan terlalu lemah untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

banner caregiver medi-call
Medi-Call: Layanan Caregiver di Lokasi Anda

Jasa perawat home care dibutuhkan untuk memberi pertolongan pertama jika terjadi kondisi darurat selama proses penyembuhan, atau ketika pasien sedang dirumah.

Supaya tugas dan peran perawat home care dapat berjalan secara maksimal, pasien perlu memilih calon perawat dengan hati-hati karena dapat berpengaruh besar terhadap kemajuan kesehatan pasien.

Sebelum memilih perawat, pastikan agen yang menyediakan jasa perawat lansia adalah resmi dan terpercaya, serta pastikan perawat memiliki pengalaman dan keahlian yang baik dalam bidangnya.

Layanan Perawat Home Care di Aplikasi Medi-Call 

Medi-Call merupakan layanan penyedia panggil tenaga medis 24 jam langsung ke rumah Anda.

Salah satu layanan home care yang dimiliki Medi-Call adalah jasa perawat home care.

Layanan ini tersedia untuk jangka waktu mingguan sampai dengan bulanan.

Pesan layanan perawat home care melalui aplikasi Medi-Call atau hubungi Call Center 24 Jam Medi-Call.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DMCA.com Protection Status