7 Penyebab Batuk Gatal Tenggorok dan Cara Mengatasinya

Anda sedang mencari apa penyebab batuk gatal tenggorok? Batuk tidak kunjung hilang dan terasa menyiksa? Ternyata ada beberapa penyebabnya.Kondisi tenggorok terasa sangat gatal dan disertai dengan batuk memang bisa terjadi pada siapa saja. Ini juga merupakan salah satu penyakit yang lumrah.Batuk sendiri terjadi karena ingin menghilangkan dahak atau penyebab iritasi lain yang menyebabkan tenggorok gatal. Akan tetapi, memang batuk tidak selalu berhasil menghilangkan hal itu. Pada banyak kasus, umumnya penyebab batuk gatal tenggorok bisa sangat beragam dan bisa berlangsung dalam waktu yang lama. Penderita umumnya juga akan merasakan keluhan lain, seperti mata berair dan merah, bersin, sakit kepala, lemas, tidak enak badan, sampai hidung gatal. Dalam beberapa kondisi, seperti asam lambung naik, penderita mungkin juga merasakan keluhan lain, seperti mulut terasa pahit atau asam, nyeri ulu hati, dan terasa panas di dada. 
Gejala Anak Autis Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah

Penyebab Batuk Gatal Tenggorok 

Pada dasarnya, batuk gatal tenggorok adalah tanda bahwa saluran pernapasan seperti tenggorok dan mulut sedang iritasi. Banyak sekali hal yang menjadi penyebab batuk gatal tenggorok, mulai dari alergi atau penyakit tertentu. Selain itu, penyebab batuk gatal tenggorok juga bisa karena asam lambung yang naik. Inilah sejumlah penyebab batuk gatal tenggorok:
  • Alergi 
Penyebab batuk gatal tenggorok yang pertama adalah alergi. Jika Anda memiliki alergi tertentu, maka batuk gatal tenggorok adalah kondisi yang umum terjadi. Beberapa pencetusnya adalah debu, serbuk sari (pollen), bulu hewan, musim semi atau gugur. 
  • Asma 
Selain alergi, penyebab batuk gatal tenggorok adalah asma. Biasanya, serangan asma mulai dari tenggorok yang gatal kemudian batuk. Batuk asma umumnya lebih sering dialami oleh anak-anak. Oleh karena itu, jika anak mengalami batuk berkepanjangan, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah asma.Setelah itu, dua hal ini akan mengarah ke kesulitan untuk bernapas yang dapat ditandai dengan suara napas ‘ngik ngik’. Inilah yang membuat penderita asma wajib tahu apa yang memicu asma mereka dan menghindarinya. Beberapa hal yang bisa memicu asma adalah udara dingin, alergi, infeksi, iritasi bahan kimia, stress, hingga tidak mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter. 
  • Laryngopharyngeal reflux (LPR)
Laryngopharyngeal reflux (LPR) adalah kondisi asam di lambung naik ke bagian belakang tenggorok yang bisa memicu batuk gatal tenggorok. Biasanya, kondisi ini terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan tertentu seperti makanan asam atau berlemak. 
  • Udara kering atau dingin  
Meski tidak memiliki alergi, tapi udara yang dingin atau kering bisa memicu batuk gatal tenggorok. Oleh karena itu, sebaiknya jaga udara sekitar selalu lembab dan hangat. 
  • Dehidrasi 
Ketika kekurangan asupan air, tenggorok akan kering dan memicu rasa gatal dan batuk. Ini juga yang bisa menjadi penyebab batuk gatal tenggorok. 
  • Infeksi 
Penyebab batuk gatal tenggorok selanjutnya adalah infeksi. Ketika sedang mengalami infeksi seperti demam atau COVID-19, umumnya akan muncul dahak di belakang tenggorok. Dahak inilah yang bisa mengiritasi tenggorok sehingga gatal dan tubuh menjadi batuk sebagai mekanisme untuk mengeluarkan dahak tersebut. Setelah infeksi sembuh, penderita mungkin masih mengalami gejala batuk, bahkan berminggu-minggu setelah infeksi sembuh. Kondisi ini disebut sebagai batuk pasca infeksi atau postinfectious cough.
  • Iritasi 
Penyebab batuk gatal tenggorok berikutnya adalah infeksi. Jenis parfum atau pembersih yang memiliki bahan kimia tertentu bisa mengiritasi saluran pernapasan dan memicu batuk gatal tenggorok.Oleh karena itu, jika memang Anda sensitif terhadap beberapa bahan kimia, sebaiknya ganti produk tersebut dengan produk lain dengan kandungan kimia yang tidak terlalu kuat. 

Cara Mengatasi Batuk Gatal Tenggorok 

Dalam kurun waktu yang lama dan terus menerus, batuk gatal tenggorok bisa sangat mengganggu. Inilah beberapa cara untuk mengatasi batuk tersebut:
  • Humidifier 
Salah satu penyebab batuk dan gatal tenggorok adalah udara kering atau dingin. Humidifier bisa menjadi solusi untuk menjaga udara di rumah tetap bersih dan hangat. 
  • Teh hangat dengan madu
Madu dan teh hangat adalah perpaduan yang ampuh untuk meredakan berbagai masalah, seperti flu. Selain itu, madu juga dapat membantu meredakan rasa gatal di tenggorok. 
  • Istirahat dan jaga wajah tetap hangat 
Dengan istirahat yang cukup, badan akan lebih fit dan sistem imun pun meningkat sehingga tubuh bisa lebih cepat sembuh dari batuk. Selain itu, jika udara dingin menyebabkan gatal tenggorok, usahakan untuk selalu menjaga wajah tetap hangat dengan cara menggunakan syal atau masker ketika bepergian ke luar rumah. 
  • Permen yang melegakan tenggorok 
Menghisap atau mengunyah permen pelega tenggorok bisa membantu membuat tenggorok agar lebih lega dan tidak gatal. 
  • Obat asma 
Umumnya para penderita asma akan memiliki dua jenis obat, yaitu untuk konsumsi harian dan obat ketika kambuh. Penting untuk selalu mengonsumsi obat harian sesuai resep dokter untuk mencegah terjadinya serangan asma. Karena ketika obat harian tidak dikonsumsi, besar kemungkinannya asma akan kambuh. 
  • Antihistamin dan antasida
Jika batuk gatal tenggorok terjadi karena alergi, langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi antihistamin. Obat ini akan mengurangi rasa gatal di tenggorok dan meredakan gejala alergi. Sementara untuk antasida, bisa jadi obat yang tepat mengatasi batuk gatal tenggorok akibat asam lambung yang naik (reflux) sampai ke tenggorok. 
  • Ubah asupan makanan 
Jika ada makanan tertentu yang bisa menyebabkan asam lambung yang mengarah ke batuk gatal tenggorok, maka hindari makanan tersebut. Seperti misalnya makanan pedas atau makanan asam seperti jeruk, tomat, dan minuman seperti kopi. Anda bisa menggantinya dengan makanan yang jauh lebih aman dan tidak memicu asam lambung. Umumnya, batuk gatal tenggorok bisa Anda atasi dengan cara sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas. Akan tetapi, Anda perlu mendatangi dokter jika batuk makin parah. Seperti tidak kunjung reda lebih dari dua minggu, kelenjar tenggorok membengkak, gatal tenggorok yang mengganggu tidur, susah menelan, demam, sakit di bagian dada, batuk berdarah, dan turunnya berat badan. 
Medi-Call: Layanan Dokter Umum Terdekat ke Lokasi Anda
Berbagai kondisi tersebut perlu mendapatkan pemeriksaan dokter lebih lanjut. Selain itu, Anda juga bisa panggil dokter ke rumahAnda bisa menghubungi via call center 24 jam atau lewat aplikasi Medi-Call. Dengan begitu, penanganan terhadap batuk gatal tenggorok bisa lebih cepat. Ditinjau oleh: dr. Stanislaus Ivanovich K                                                                                                                                Referensi:
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip