Agar Luka Operasi Ambeien Cepat Kering, Perhatikan Tips-Tips Berikut ini!

Agar luka operasi ambeien cepat kering, terdapat berbagai hal yang bisa Anda lakukan. Berikut tips-tips yang tepat untuk merawat luka pasca operasi guna memaksimalkan proses pemulihan!Ambeien merupakan kondisi saat pembuluh darah vena di sekitar anus atau rektum membengkak, sehingga menghasilkan benjolan yang memicu rasa gatal atau nyeri di dubur, bahkan mengakibatkan pendarahan. Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kebiasaan mengejan terlalu keras, diare kronis, obesitas, kehamilan, dan lain sebagainya.Operasi ambeien menjadi salah satu solusi efektif untuk mengangkat benjolan ambeien yang sudah besar dan parah. Salah satu operasi yang umum adalah hemoroidektomi dimana benjolan ambeien yang sudah besar dipotong dengan memberikan sayatan pada anus.Setelah prosedur operasi dilaksanakan, luka bekas operasi ambeien kemungkinan besar akan mengakibatkan rasa perih dan nyeri di daerah dubur Anda. Perawatan yang tepat dibutuhkan agar luka operasi ambeien cepat kering.
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Agar Luka Operasi Ambeien Cepat Kering

Masa pemulihan pasca operasi berlangsung selama 2-3 minggu dan selama waktu itu,penting untuk merawatnya agar luka operasi ambeien cepat kering.Berikut berbagai  cara yang dapat dilakukan di rumah untuk merawat luka bekas operasi ambeien.
  • Jaga luka tetap bersih dan kering.

Cuci sekitar luka dengan sabun dan air, lalu lap area tersebut dengan tisu basah atau handuk khusus yang lembab. 

Hindari pemakaian tisu toilet kering pada luka karena  dapat mengiritasi area tersebut.

Selain itu, penting juga untuk rajin mengganti perban secara berkala minimal sehari satu kali atau lebih agar luka tetap bersih dan kering.

  • Gunakan bantal saat duduk

Duduk di atas bantal biasa atau bantal donat  dapat membantu proses pemulihan pasca operasi.

Penggunaan bantal sebagai alas duduk berguna untuk meringankan tekanan dan rasa nyeri pada luka pasca operasi ambeien. 

  • Atur menu makanan 

Penting untuk memperhatikan makanan yang Anda konsumsi setelah operasi. 

Hal ini agar Anda tidak mengalami sembelit yang akan memperburuk kondisi luka setelah operasi ambeien.

Anda bisa rajin minum air putih dan  mengonsumsi makanan tinggi serat seperti gandum, buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

  • Lakukan sitz bath

Sitz bath atau mandi sitz mengacu pada aktivitas merendam bagian pinggul dan pantat dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat luka pasca operasi.

Air hangat dapat melemaskan otot-otot bagian anus, meningkatkan sirkulasi darah, dan mempercepat penyembuhan pasca operasi ambeien. 

Aktivitas ini disarankan dilakukan setidaknya dua kali sehari selama 15-20 menit.

  • Hindari aktivitas berat

Aktivitas seperti olahraga intensif atau mengangkat beban berat  perlu dihindari agar luka operasi ambeien cepat kering.

Hal itu dikarenakan aktivitas berat dapat meningkatkan tekanan abdomen dan  membebani luka bekas operasi.

Perawat Home Care dan Perawat Luka Medi-Call
Medi-Call: Layanan Perawat Home Care dan Perawat Luka di Rumah Anda
 Proses pemulihan pasca operasi memang bukan hal yang mudah.Selain merasakan efek samping seperti nyeri dan ketidaknyamanan di area dubur, Anda juga perlu merawat luka bekas operasi dengan hati-hati.Penting untuk menjaga kesehatan luka dengan makan makanan kaya serat, rajin minum air putih, serta senantiasa menjaga kebersihan dubur agar luka operasi ambeien cepat kering.Selain itu, konsumsi obat  sesuai saran dokter dan jaga area luka Anda dengan mengganti perban secara berkala.Jika Anda memiliki kesulitan dalam mengganti perban dan khawatir terjadi infeksi, jangan ragu untuk menghubungi layanan Medi-CallDengan perawat luka pasca operasi yang profesional dan berpengalaman, Anda akan mendapatkan perawatan yang nyaman tanpa perlu ke luar rumah.Cukup dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call, perawat kami akan datang ke rumah Anda secepatnya!
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip