loader image

Penasaran, Apakah Patah Tulang Bisa Sembuh Sendiri? Cek Faktanya Disini!

Apakah patah tulang bisa sembuh sendiri atau membutuhkan penanganan dokter? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!Apakah patah tulang bisa sembuh sendiri hanya dengan penanganan di rumah?Patah tulang bisa terjadi kapan saja, pada siapa saja, dan di bagian tubuh mana saja.Tentunya, patah tulang akan sangat mengganggu aktivitas harian Anda.Patah tulang terjadi karena adanya benturan atau tekanan kuat yang membuat tulang tidak mampu menahannya dan akhirnya patah.Aktivitas penyebab patah tulang diantaranya cedera, terjatuh, kecelakaan, dan beberapa penyakit yang menyebabkan tulang lebih rapuh seperti osteoporosis serta beberapa jenis kanker.Oleh karena itu, patah tulang dapat dialami oleh berbagai kalangan usia.Banyak orang bertanya apakah patah tulang bisa sembuh sendiri atau harus membutuhkan penanganan dokter.Simak penjelasan mengenai apakah patah tulang bisa sembuh sendiri dibawah ini.
Apakah Patah Tulang Bisa Sembuh Sendiri Medi-Call
Medi-Call: Layanan Fisioterapi ke Lokasi Anda

Apakah Patah Tulang Bisa Sembuh Sendiri

Apakah patah tulang bisa sembuh sendiri? Faktanya, tidak semua patah tulang memerlukan operasi.Tubuh memiliki cara sendiri untuk menyembuhkan tulang yang patah.Saat Anda mengalami patah tulang, tubuh Anda akan mengalirkan darah ke bagian tulang yang patah untuk membentuk gumpalan. Proses ini dapat menumbuhkan sel-sel tulang baru di sekitar tulang yang patah sambil menuju ke pusat patahan.Apakah patah tulang bisa sembuh sendiri? Ada beberapa kasus dimana tulang yang patah dapat sembuh dengan sendirinya.Jenis-jenis patah tulang yang bisa sembuh sendiri diantaranya adalah:
  • Patah tulang oblique
Patah tulang oblique adalah patah tulang yang terjadi secara diagonal sepanjang lebar tulang.Jenis patah tulang ini biasanya terjadi pada tulang yang panjang seperti tulang paha, tulang betis, serta tulang selangka.Beberapa kasus patah tulang ini dapat sembuh dengan sendirinya, tapi Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Proses penyembuhan patah tulang ini biasanya membutuhkan waktu selama beberapa bulan.
  • Patah tulang akibat stress 
Selanjutnya adalah patah tulang akibat stress yang umumnya dialami oleh para atlet. Patah tulang ini disebabkan oleh benturan atau tekanan yang berulang di satu tempat yang sama.
  • Patah tulang greenstick 
Patah tulang greenstick terjadi karena tulang yang patah hanya sebagian dan sebagian yang lain bisa sedikit membengkok sehingga tidak sepenuhnya patah.Biasanya terjadi pada anak dibawah 10 tahun karena tulang mereka lebih fleksibel. 
  • Patah tulang melintang
Patah tulang melintang dapat terjadi di tulang mana saja, umumnya terjadi pada tulang yang berukuran panjang setelah trauma seperti jatuh atau tekanan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Patah Tulang Sembuh Sendiri

Apakah patah tulang bisa sembuh sendiri? Biasanya ada beberapa faktor penunjang untuk dapat sembuh sendiri.Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor lain yang membuat proses penyembuhan patah tulang bervariasi, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi.Konsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin C, D, dan K untuk mempercepat penyembuhan patah tulang, sedangkan zat yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang adalah kalsium, magnesium, dan fosfor.Faktor lain yang mempengaruhi apakah patah tulang bisa sembuh sendiri adalah kebiasaan merokok karena dapat menghambat aliran darah kapiler halus yang sangat penting untuk proses penyembuhan.
Apakah Patah Tulang Bisa Sembuh Sendiri Medi-Call
Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda
Patah tulang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, jadi Anda harus segera menanganinya dengan cepat dan tepat.Jadi, apakah patah tulang bisa sembuh sendiri? Jawabannya bisa, tetapi beberapa jenis patah tulang juga membutuhkan penanganan khusus.Layanan fisioterapi datang ke rumah oleh Medi-Call sangat cocok untuk menangani patah tulang yang Anda alami.Dengan tim yang berpengalaman serta profesional di bidangnya, Anda tidak perlu ragu untuk segera memesan layanan fisioterapi ke rumah.Pemesanan dan info lebih lanjut dapat melalui Call-Center 24 jam Medi-Call atau melalui aplikasi Medi-Call.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait