Medi-Call

Benarkah Usia Muda Lebih Rentan Terkena Asam Lambung GERD? Berikut Ini Penjelasannya!

Bagikan artikel ini

Anda sering mengalami sakit perut? Sebaiknya waspada, ini bisa jadi tanda-tanda Anda mengalami asam lambung GERD yang sering menyerang pada usia muda.

Siapa saja bisa mengalami asam lambung, tapi tahukah Anda bahwa faktanya jumlah pasien yang mengalami GERD di kalangan anak muda meningkat dengan sangat cepat.

Dilansir dari Hatford Healthcare, sebanyak 25% remaja dan usia muda di seluruh dunia mengalami asam lambung GERD.

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu faktor yang paling utama penyebab asam lambung lebih sering menyerang pada usia muda.

Selain itu, remaja dan usia muda juga cenderung mengkonsumsi makanan junk food dan cepat saji seperti burger, pizza serta kentang goreng.

Makanan cepat saji memiliki kandungan lemak yang tinggi dan memicu naiknya asam lambung sehingga mengakibatkan nyeri di perut.

Baca juga:  Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung

Penting untuk remaja dan usia muda untuk mengontrol apa saja yang dikonsumsi agar mencegah berbagai macam penyakit seperti asam lambung GERD.

Sekarang Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Medi-Call di rumah untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan di usia muda.

Cukup dengan hubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call untuk mendapatkan layanan panggil dokter Medi-Call ke rumah.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Asam Lambung GERD

Gastroesophageal reflux disease atau biasa disebut sebagai GERD terjadi ketika asam lambung berulang kali naik kembali ke tabung yang menghubungkan mulut kerongkongan.

Saat asam lambung naik kembali, ini dapat dapat mengiritasi lapisan kerongkongan Anda.

Terdapat beberapa gejala yang mungkin terjadi saat sedang mengalami asam lambung GERD, berikut ini beberapa gejalanya:

 

  • Maag

 

Gejala yang paling sering dialami saat asam lambung GERD adalah maag.

Ini merupakan perasaan mulas yang sangat tidak nyaman serta terbakar yang dapat naik dari perut ke dada.

Terkadang rasa sakit ini juga akan naik sampai ke area tenggorokan.

Baca juga:  Atasi Gejala GERD yang Sudah Parah pada Orang Dewasa

 

  • Dispepsia

 

Gejala asam lambung GERD selanjutnya adalah dispepsia.

Dispepsia adalah istilah umum saat mengalami ketidaknyamanan perut. 

Gejala dispepsia meliputi bersendawa, mual setelah makan, perut penuh atau kembung.

 

  • Regurgitasi

 

Gejala umum lainnya dari asam lambung GERD adalah regurgitasi yaitu sensasi asam yang naik ke tenggorokan atau mulut Anda. 

Regurgitasi dapat menghasilkan rasa asam atau pahit sehingga Anda mungkin mengalami sendawa yang basah dan terasa pahit.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Biasanya gejala asam lambung ini akan menyerang paling sering terjadi di malam hari dan akan terus memburuk seiring berjalannya waktu.

Namun pada beberapa kasus akan terjadi setelah konsumsi makanan yang berat, saat membungkuk, berbaring dan saat mengangkat benda.

Meskipun GERD tidak mengancam jiwa, peradangan kronis pada kerongkongan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Jika gejala asam lambung naik seperti di atas terus-menerus terjadi selama lebih dari dua kali dalam seminggu, bahkan tidak kunjung membaik setelah minum obat.

Sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call datang ke rumah dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau melalui Call-Center 24 Jam.

Ini dikarenakan GERD yang tidak ditangani dengan tepat dapat membuat aktivitas sehari-hari tidak nyaman sehingga sebaiknya mendapatkan penanganan segera.

DMCA.com Protection Status