Medi-Call

Stop Makan Larut Malam! Berikut Bahaya Makan Malam bagi Kesehatan

Bagikan artikel ini

Tidak hanya makan berlebihan yang dapat menyebabkan obesitas, bahaya makan malam bagi kesehatan juga ada dan dapat berdampak buruk. Simak artikel berikut ini! 

Ada berbagai alasan orang melakukan makan di malam hari, namun kebanyakan tidak ada hubungannya dengan mengatasi rasa lapar.

Alasan orang makan pada malam hari mulai dari mengatasi kebosanan, stres, serta memuaskan hasrat untuk makan.

Sebagian besar makanan yang dikonsumsi di malam hari terdiri dari camilan yang memiliki kalori tinggi seperti kue, keripik, permen dan mie. 

Kemudian makanan ini dimakan di depan televisi atau komputer sehingga sering tidak sadar sudah menghabiskan satu bungkus penuh.

Baca juga:  Cegah Sakit dengan Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh

Selain itu, orang-orang yang gemar makan di malam hari cenderung mengkonsumsi setidaknya dua puluh lima persen kalori harian mereka pada malam hari.

Akan tetapi, kondisi terlalu sering makan di malam hari dapat dikaitkan dengan beberapa gejala seperti obesitas, depresi dan kesulitan tidur yang perlu mendapatkan penanganan yang baik.

Apabila Anda terus-menerus makan di malam hari dan tidak dapat mengontrolnya sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter Medi-Call untuk mendapatkan penanganan yang tepat dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Bahaya Makan Malam Bagi Kesehatan

Bahaya makan malam bagi kesehatan tidak akan masalah selama Anda hanya mengkonsumsi camilan yang ringan dan sehat serta terdapat dalam bagian kalori harian.

Makanan yang baik untuk dimakan di malam hari adalah yang hanya mengandung maksimal seratus kalori seperti buah, yogurt rendah lemak, popcorn dalam porsi sedikit dan eskrim.

Apabila makanan yang dikonsumsi di malam hari lebih dari itu akan menimbulkan bahaya makan malam bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa bahaya makan malam bagi kesehatan yang Anda perlu ketahui:

 

  • Meningkatkan berat badan

Bahaya makan malam bagi kesehatan yang pertama adalah dapat meningkatkan berat badan.

Ini dikarenakan kemampuan tubuh untuk membakar makanan yang dikonsumsi berbeda dengan mengkonsumsi makanan di siang hari.

Saat siang hari, tubuh lebih dapat membakar makanan yang dikonsumsi. 

Sedangkan pada malam hari, tubuh akan menyimpan kalori tersebut selama berjam-jam sehingga mempercepat penambahan berat badan.

 

  • Sindrom metabolik

Bahaya makan malam bagi kesehatan selanjutnya adalah timbulnya sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah kondisi yang mencakup resistensi insulin, obesitas, tekanan darah tinggi, serta kolesterol tinggi akibat makan di malam hari.

Ini dikarenakan makan malam dapat menghasilkan kadar gula yang lebih tinggi serta berkurangnya pemecahan lemak dalam tubuh.

Baca juga:  Penyebab Gula Darah Tinggi, Hindari Hal-Hal Berikut Ini

 

  • Asam lambung

Meningkatnya asam lambung juga merupakan bahaya makan malam bagi kesehatan lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang makan malam diatas jam sembilan lebih rentan terkena asam lambung dibandingkan orang yang makan malam jam enam sore.

Selain itu, sebaiknya tidak langsung tidur setelah makan malam karena akan semakin meningkatkan risiko terkena asam lambung.

Pada jangka panjang, ini akan menyebabkan seseorang terkena GERD.

 

  • Pilihan makan yang buruk

Bahaya makan malam bagi kesehatan lainnya adalah menyebabkan seseorang cenderung untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Orang yang gemar untuk makan di malam hari biasanya cenderung untuk mengkonsumsi untuk makan makanan siap saji seperti mie, keripik dan lain-lain.

Ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena makanan ini tidak dapat membuat kenyang dalam waktu yang lama.

Sehingga selalu merasa kurang kenyang namun berkurangnya keinginan untuk makan makanan sehat.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Sebaiknya makan secara teratur dan juga konsumsi makanan yang mengenyangkan dan sehat untuk menghindari makan di malam hari.

Selain itu pastikan untuk menyikat gigi sebagai tanda kepada tubuh bahwa Anda tidak akan makan lagi dan pergi tidur lebih awal sehingga tidak akan makan di malam hari.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai efek makan malam bagi kesehatan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Medi-Call dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call.

DMCA.com Protection Status