Medi-Call

Apa Saja Gejala Asam Lambung Parah dan Cara Mengatasinya

Bagikan artikel ini

Sering mengalami sensasi terbakar di dada serta perasaan mual yang berkelanjutan itu mungkin gejala asam lambung parah.

Makanan yang telah dikonsumsi akan dicerna oleh perut untuk menjadi energi bagi tubuh.

Salah satu cara perut mencerna makanan adalah dengan asam lambung yang berfungsi untuk menghancurkan makanan dan mengubahnya menjadi energi yang dibutuhkan.

Baca juga:  Atasi Asam Lambung Meningkat Tanpa Obat-Obatan

Asam lambung diproduksi oleh sel perut dan dipengaruhi oleh hormon dan saraf sehingga terkadang perut dapat menghasilkan asam lambung yang terlalu banyak.

Untuk mengetahui informasi lebih banyak lagi mengenai asam lambung sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Medi-Call di rumah.

Perut manusia memiliki katup bernama sfingter esofagus yang akan terbuka saat Anda mengkonsumsi makanan dan akan segera tertutup setelah makanan melewati katup ini.

Namun jika katup ini tidak menutup sepenuhnya atau terlalu sering terbuka maka akan menyebabkan asam lambung naik hingga ke kerongkongan.

Inilah yang menyebabkan terjadinya rasa tidak nyaman seperti gejala asam lambung parah terutama setelah makan.

Apabila Anda mengalami nyeri perut, sensasi terbakar dan mual terutama setelah makan sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call dengan aplikasi atau hubungi Call-Center 24 Jam untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Gejala Asam Lambung Parah

Gejala asam lambung parah umumnya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti kurang olahraga, merokok dan obesitas.

Akan tetapi beberapa kandungan makanan juga dapat memancing munculnya gejala asam lambung parah.

Sebaiknya hindari makanan berlemak, jeruk, tomat, cokelat, makanan pedas, minuman bersoda dan beralkohol apabila Anda sering mengalami gejala asam lambung parah.

layanan dokter visit untuk pasien covid-19
Medi-Call: Layanan Dokter Visit untuk Pasien COVID-19

Langsung berbaring dalam kurung waktu dua atau tiga jam setelah makan juga dapat menimbulkan gejala asam lambung parah.

Berikut ini beberapa gejala asam lambung parah yang perlu diketahui:

  • Sensasi terbakar terutama di area belakang tulang dada
  • Mual yang semakin memburuk setelah berbaring atau membungkuk
  • Batuk kering yang terus-menerus
  • Nyeri saat menelan
  • Sesak nafas
  • Muntah
  • Nyeri parah di bagian perut
  • Bau mulut
  • Kesulitan untuk tidur atau rasa sakit semakin parah saat mencoba tidur
  • Diare
  • Nafsu makan berkurang
  • Cegukan yang tidak kunjung berhenti

Tanpa perawatan yang tepat gejala asam lambung parah dapat menyebabkan komplikasi berbahaya dalam jangka panjang hingga meningkatkan risiko terkena kanker.

Baca juga:  Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung

Lapisan kerongkongan meradang, pendarahan dan kesulitan menelan merupakan komplikasi yang mungkin terjadi apabila gejala asam lambung tidak mendapatkan penanganan.

Menerapkan pola hidup yang sehat seperti menjaga berat badan agar tidak berlebih, berhenti merokok, menunggu setidaknya tiga jam setelah makan sebelum tidur atau berbaring.

Selain itu hindari makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung dan kenakan pakaian yang tidak ketat agar tidak memberikan tekanan berlebih pada perut penyebab asam lambung naik.

Perawat Home Care dan Perawat Luka Medi-Call
Medi-Call: Layanan Perawat Home Care dan Perawat Luka di Rumah Anda

Saat mengalami gejala asam lambung, penderita umumnya mengalami kesulitan untuk bergerak dan beraktivitas dikarenakan nyeri yang tidak tertahankan.

Sebaiknya penderita gejala asam lambung mendapatkan bantuan perawat home care untuk membantu merawat, memberikan obat sehingga dapat beraktivitas dengan baik.

Anda bisa menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam untuk mendapatkan layanan perawat home care Medi-Call agar membantu merawat penderita gejala asam lambung di rumah agar lekas sembuh.

DMCA.com Protection Status