asam lambung, asam lambung meningkat, asam lambung kambuh, penyebab asam lambung meningkat, mengobati asam lambung, menyembuhkan asam lambung

Atasi Asam Lambung Meningkat Tanpa Obat-Obatan

Share Artikel Ini

Asam lambung meningkat salah satu penyebabnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Saat Anda mengalaminya hal ini bisa diobati tanpa harus mengkonsumsi obat.

Cara mengatasi asam lambung meningkat dapat dilakukan secara alami dari rumah dan jangan dianggap remeh.

Hal ini dapat terjadi akibat serangan bakteri dengan gejala yang ditimbulkan seperti gangguan pencernaan, nyeri, serta penurunan nafsu makan.

Apabila terjadi masalah lambung sebaiknya segera ditangani agar tidak menyerang bagian tubuh lain.

Pada umumnya masalah lambung disebabkan oleh asupan makanan serta pola hidup yang tidak sehat.

Penyakit Asam Lambung 

Penyakit lambung merupakan peradangan seperti borok yang disebabkan ketidakseimbangan sekresi asam lambung, pada area selaput lendir lambung.

Sehingga menimbulkan rasa nyeri atau dikenal dengan istilah sakit maag.

Sedangkan penyakit lambung juga dapat diakibatkan oleh bakteri Helicobacter pylory, masuknya bakteri ini melalui asupan makanan maupun minuman yang tidak bersih. 

Beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan asam lambung tinggi, antara lain :

  1. Stress,
  2. Kurang tidur,
  3. Jam makan yang tidak teratur atau telat makan,
  4. Asupan makanan
  5. Konsumsi obat yang bersifat asam dalam kondisi perut kosong,
  6. Rokok,
  7. Mengkonsumsi minuman beralkohol,

Gejala yang ditimbulkan apabila asam lambung meningkat, antara lain :

  1. Gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, kembung, diare
  2. Nyeri di bagian ulu hati,
  3. Penurunan nafsu makan,
  4. Pada beberapa kasus muncul rasa panas hingga ke kerongkongan,
  5. Sesak napas.

Penyakit lambung yang tidak segera diobati dapat mengakibatkan pendarahan pada lambung, bahkan dapat berdampak pada kematian. 

Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi panggil dokter untuk perawatan asam lambung yang sedang meningkat atau sakit maag di rumah.

Cara Mengatasi Asam Lambung Meningkat

Penyembuhan asam lambung meningkat adalah mengurangi kadar asam lambung sehingga berada di batas normal serta mengurangi rasa nyeri akibat infeksi pada selaput lendir lambung dan kekejangan otot lambung.

Cara mengatasi asam lambung meningkat dapat dilakukan secara alami melalui asupan makanan tanpa menggunakan obat-obatan apabila kondisinya tidak terlalu parah. Makanan yang dapat mengatasi masalah lambung, antara lain :

  • Apel

Apel merupakan buah dengan rasa asam manis yang mengandung fruktosa, dapat membantu enzim untuk menurunkan produksi asam lambung. Selain itu apel dapat meperlancar metabolisme pada pencernaan.

  • Pisang

Pisang merupakan buah yang mengandung kalium yang bermanfaat untuk menetralkan asam di lambung. Konsumsi pisang sebelum makan atau ketika perut dalam kondisi tidak nyaman.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau dengan kandungan sulforaphane, mampu melawan bakteri Helicobacter pylory penyebab masalah lambung. Jenis sayuran hijau tersebut antara lain kembang kol, kale, brokoli. Selain itu sayuran hijau juga dapat memberikan suplemen vitamin C bagi tubuh.

  • Madu

Madu dipercaya mampu melawan bakteri Helicobacter pylory yang mengakibatkan masalah lambung. Selain itu konsumsi madu setiap hari mampu menjaga daya tahan tubuh. 

  • Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang yang mampu mengatasi masalah lambung. Jahe mampu mengurangi rasa mual yang diakibatkan tingginya kadar asam di lambung.

  • Makanan berserat

Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti gandum utuh, buah dan sayuran dipercaya mampu mengobati masalah lambung serta melancarkan pencernaan.

Selain mengkonsumsi makanan diatas, upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar asam di lambung dapat dilakukan dengan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari atau lebih.

Anda juga perlu hindari gaya hidup tidak sehat seperti rokok, serta hindari makanan pedas dan asam, makanan mengandung lemak, serta makanan maupun minuman yang mengandung alkohol.

Apabila penyakit asam lambung tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ke rumah.

No Comments

Post A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Call Center Medi-Call