Simak Cara Mengobati Gula Darah Rendah di Rumah

Bagikan artikel ini
  • 3
    Shares

Cara mengobati gula darah rendah biasanya dibutuhkan oleh penderita penyakit diabetes saat mengalami kondisi-kondisi tertentu. Simak cara mengatasi hipoglikemia berikut ini.

Pada umumnya kondisi gula darah rendah dapat terjadi secara mendadak, terutama bagi penderita dengan riwayat penyakit diabetes.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah dosis obat yang berlebihan, tidak disiplin dalam minum obat, dan asupan makanan.

Meskipun gula darah rendah ini paling banyak dialami oleh para penderita diabetes, namun ternyata gula darah rendah dapat menyerang siapa saja.

Hanya saja gejala yang ditampakkan oleh orang sehat yang memiliki kondisi kadar gula darah rendah tidak separah dengan dampak yang ditunjukkan oleh penderita diabetes.

Kondisi kadar gula darah rendah atau dikenal dengan hipoglekimia cukup berbahaya, karena dapat mempengaruhi kondisi jantung bahkan pada kasus paling parah mengakibatkan kematian.

Sehingga diperlukan pengetahuan tentang bagaimana cara mengobati gula darah rendah terutama bagi penderita diabetes.

Gula Darah Rendah

Gula darah rendah atau dikenal dengan hipoglekimia merupakan kondisi ketika kadar glukosa dalam darah sebagai sumber energi berada dibawah 70 mg/dL.

Hipoglekmia dapat menyerang secara mendadak bagi para penderitanya.

Sebagian besar kasus gula darah rendah disebabkan oleh penyakit diabetes, namun penggunaan obat-obatan penurun kadar gula darah yang dikonsumsi penderita diabetes juga dapat menyebabkan hipoglekimia.

Selain itu padatnya aktivitas saat siang hari dan kurangnya asupan karbohidrat juga merupakan salah satu penyebab gula darah rendah.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Adapun gejala yang mungkin menjadi salah satu pertanda gula darah rendah, seperti:

  • Lemas,
  • Pusing,
  • Rasa lapar berlebih,
  • Mudah marah,
  • Gemetar,
  • Nyeri dada dan jantung berdebar-debar,
  • Penghalihatan kabur.

Apabila gula darah rendah tidak segera ditangani maka dapat mengakibatkan penurunan kesadaran, merusak otak dan menyerang jantung.

Bahkan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kematian, oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengobati gula darah rendah.

Cara Mengobati Gula Darah Rendah

Dampak gula darah rendah pada tubuh dapat sangat membahayakan jiwa seseorang.

Selain mengakibatkan kehilangan kesadaran, hipoglekimia dapat terjadi berulang kali dan menetap sehingga menyebabkan dampak yang fatal pada tubuh seperti kerusakan otak hingga kematian.

Karena kondisi gula darah rendah ini dapat menyerang secara tiba-tiba dan dapat membahayakan nyawa maka perlu dilakukan pertolongan pertama atau pengetahuan tentang cara mengobati gula darah rendah di rumah sebelum Anda panggil dokter.

Adapun cara mengobati gula darah rendah, antara lain:

  • Periksa Gula Darah Secara Berkala

Lakukan cek gula darah secara berkala untuk memantau kadar gula darah dalam tubuh.

Pengecekan gula darah dapat dilakukan sendiri di rumah menggunakan alat glucometer.

Apabila hasil pengecekan gula darah dibawah 80 mg/dL, maka pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membaringkan badan penderita sehingga membuatnya nyaman untuk bernapas.

  • Konsumsi Makanan Manis

Apabila badan terasa lemas disertai kepala pusing, segera konsumsi makanan dan minuman manis untuk mendapatkan asupan energi tambahan.

Ada beberapa makanan yang merupakan sumber energi yang mudah diserap tubuh, antara lain : madu, gula atau permen, tomat dan lain-lain.

  • Hindari Pemanis Buatan

Pemanis buatan hanya memberikan rasa manis pada makanan maupun minuman. Namun tidak dapat menambah kalori dan tidak memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

  • Konsumsi Makanan Setiap Beberapa Jam

Konsumsi makanan setiap beberapa jam dengan interval waktu singkat dapat membantu peningkatan kadar gula darah dalam tubuh serta menghindari penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba.

  • Konsumsi Makanan Kaya Magnesium

Makanan tinggi mangnesium dapat menjaga kestabilan kadar gula darah normal dan mencegah terserang gula darah rendah.

Adapun makanan yang tinggi kandungan magnesium antara lain, alpukat, bayam, ikan dan kacang-kacangan.

Meskipun gula darah rendah dapat menyerang secara tiba-tiba, tetapi jika penderita tetap menjalani pola hidup sehat maka akan mengurangi resiko terserang hipoglekimia.

Cara mengobati gula darah rendah dapat segera dilakukan dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebagai usaha pertolongan pertama.

medi-call, medicall, dokter ke rumah, perawat ke rumah, bidan ke rumah, fisioterapi ke rumah, perawat luka, perawat bayi, perawat home care, perawat lansia, infus vitamin c, vitamin c, vaksin
Medi-Call: Layanan Kesehatan ke Rumah Anda

Apabila gejala yang ditunjukan semakin parah, maka Anda bisa segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan menggunakan aplikasi panggil dokter.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.