Tingkatkan Kualitas Hidup, Cegah Kanker Payudara Sejak Dini

Cegah kanker payudara harus dilakukan sedini mungkin untuk mengurangi resiko jaringan kanker menyebar dan menjadi semakin parah.Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa pasienya.Meskipun hampir sebagian besar penderita kanker payudara adalah wanita, namun pria memiliki peluang yang sama besar untuk terserang kanker payudara.Banyak hal yang dapat menjadi faktor munculnya kanker payudara, salah satunya adalah karena faktor keturunan.Meskipun demikian, pencegahan kanker payudara sejak dini sangat dianjurkan untuk meningkatkan peluang hidup lebih besar.Jangan ragu untuk berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan secara rutin dengan dokter untuk cegah kanker payudara sejak dini.
dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Mengenal Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling sering menyerang wanita dan dapat menimbulkan kematian.Tumor pada payudara timbul akibat sel-sel dalam kelenjar susu berkembang biak dan berkembang secara tidak normal dan tidak beraturan sehingga menimbulkan tumor jinak maupun ganas.Tumor ganas yang berkembang di dalam payudara akan menjadi kanker payudara.Hingga saat ini belum ditemukan penyebab pasti kanker payudara.Namun beberapa faktor yang mungkin dapat menjadi penyebab kanker payudara, antara lain karena faktor keturunan, penggunaan kontrasepsi atau terapi hormon, radiasi sinar X ke payudara serta pola hidup yang tidak sehat.
perawat luka, perawat luka kanker, perawat luka ke rumah, perawat luka kanker ke rumah, perawatan luka kanker di rumah, luka kanker, kanker, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Perawat Luka Kanker ke Rumah Anda
Para wanita sebaiknya mewaspadai gejala-gejala kanker payudara yang timbul, seperti:
  • Perubahan bentuk dan ukuran payudara,
  • Kerutan pada kulit payudara seperti kulit jeruk,
  • Benjolan dengan berbagai ukuran,
  • Pada puting keluar cairan dalam bentuk darah,
  • Puting masuk ke dalam payudara.
Apabila menemukan gejala di atas pada payudara Anda, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan deteksi dini.

Tips Cegah Kanker Payudara Sejak Dini

Perkembangan ilmu pengobatan membuat peningkatan pada tingkat kesembuhan kanker payudara.Namun bagaimanapun mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati.Adapun tips untuk cegah kanker payudara sejak dini adalah sebagai berikut:
Baca juga:  Cegah Sakit dengan Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
  • Asupan Makanan Sehat

Makanan tidak hanya menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia.

Asupan makanan yang sehat mampu menjadi salah satu pencegah berbagai penyakit. Meskipun asupan makanan belum tentu mampu melindungi tubuh sepenuhnya dari serangan kanker.

Namun asupan makanan yang sehat dipercaya mampu mengurangi resiko terserang berbagai penyakit salah satunya kanker payudara.

Sebaiknya hindari makanan berlemak, cepat saji dan minuman berkafein.

Perbanyak asupan sayuran dan buah-buahan, serta makanan tinggi kandungan omega 3.

  • Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Dengan menghindari rokok dan minuman beralkohol dapat cegah kanker payudara, karena kadar alkohol dalam tubuh dapat mempengaruhi jumlah hormon dalam darah sehingga meningkatkan resiko untuk terserang kanker payudara.

Baca juga:  Fakta Menarik Seputar Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi
  • Menyusui

Menyusui dapat cegah kanker payudara.

Bagi para ibu kegiatan menyusui tidak hanya sebagai bentuk cinta kepada anak, namun ternyata kegiatan ini dapat menyehatkan.

Namun ternyata menyusui terbukti mampu mengurangi resiko terserang kanker payudara.

  • Kenali Riwayat Penyakit Keluarga

Salah satu penyebab kanker payudara adalah faktor keturunan.

Oleh sebab itu penting untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga untuk melakukan dapat cegah kanker payudara dan melakukan pemeriksaan sedini mungkin untuk mengetahui peluang terkena kanker payudara.

  • Aktif Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik untuk membakar lemak berlebihan dalam tubuh.

Sehingga semakin aktif berolahraga maka mampu mengendalikan kadar estrogen yang merangsang pertumbuhan sel.

  • Hindari Terapi Hormon

Hindari terapi hormon untuk cegah kanker payudara.

Terapi hormon pada umumnya dilakukan para wanita yang mengalami masalah hormon seperti program inseminasi.

Terapi hormon umumnya berlangsung cukup lama dan mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron.

Sehingga terapi hormon menjadi salah satu penyebab terserang kanker payudara.

Meskipun telah banyak terapi pengobatan kanker payudara.Namun kanker payudara dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain dan resiko kematian pada pasien kanker payudara tidak dapat dihindari.Oleh sebab itu sebaiknya deteksi dini kanker payudara dan ikuti tips untuk cegah kanker payudara untuk mengurangi resiko tumbuhannya tumor pada payudara.
medi-call, medicall, dokter ke rumah, perawat ke rumah, bidan ke rumah, fisioterapi ke rumah, perawat luka, perawat bayi, perawat home care, perawat lansia, infus vitamin c, vitamin c, vaksin
Medi-Call: Tenaga Medis ke Rumah Anda
Jangan ragu berkonsultasi dengan aplikasi panggil dokter ke rumah  untuk mendeteksi dini sebagai tindakan cegah kanker payudara dan untuk mendapatkan terapi lebih lanjut.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip