Kenali Gejala dan Ciri Orang Terkena Leptospirosis

Bagikan artikel ini

Ciri orang terkena leptospirosis salah satunya adalah munculnya ruam pada kulit yang telah terinfeksi.

Leptospirosis adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans dan banyak terjadi di kawasan tropis dan subtropis.

Penyakit ini disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri Leptospira interrogans.

Hewan-hewan yang biasanya membawa leptospirosis adalah anjing, tikus, sapi, atau babi.

Manusia bisa terinfeksi melalui paparan air atau tanah yang sudah terkontaminasi urine hewan yang membawa bakteri tersebut. 

Bakteri ini masuk ke tubuh melalui kulit yang lukanya terbuka, kulit yang kering, atau lapisan lendir yang ada di mata, hidung, atau mulut.

Saat banjir, manusia mudah terserang leptospirosis karena air bah sudah terkontaminasi urine hewan yang terinfeksi bakteri leptospira. 

Bakteri ini tidak dapat ditularkan antar manusia, tetapi penularan masih bisa terjadi melalui ASI atau hubungan seksual.

Setelah bakteri masuk ke tubuh manusia, bakteri akan menyebar melalui aliran darah dan sistem getah bening dalam organ-organ tubuh. 

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Ciri Orang Terkena Leptospirosis

Gejala yang dialami oleh setiap penderita leptospirosis berbeda-beda, adapun ciri orang terkena leptospirosis yang umum terdiri dari 2 fase sebagai berikut:

Fase Pertama

Pada fase pertama, ciri orang terkena leptospirosis akan terlihat selama 5 hingga 7 hari.

Fase ini muncul secara mendadak dengan gejala-gejala seperti demam yang tinggi, muntah, diare, mata merah, nyeri otot terutama di paha dan betis, adanya ruam di kulit, menggigil atau merasa panas dingin, dan sakit kepala. 

Fase Kedua

Fase kedua akan terjadi setelah fase pertama yang disebut fase imun akan muncul 1 atau 2 minggu setelahnya. Ciri orang terkena leptospirosis dalam fase ini terdiri dari kulit dan mata menguning, gagal ginjal, detak jantung tidak teratur, paru-paru bermasalah, peradangan selaput otak (meningitis), dan mata merah. 

Pada kasus yang langka, yaitu penyakit Weil, ciri orang terkena leptospirosis berkembang satu hingga tiga hari setelah gejala leptospirosis berkurang.

Penyakit weil adalah salah satu jenis leptospirosis yang tergolong parah. 

  • Infeksi di Hati, Ginjal, Jantung

Ciri orang terkena leptospirosis di hati, ginjal, atau jantung akan mengalami beberapa keluhan antara lain:

    1. Mual
    2. Nafsu makan hilang
    3. Berat badan menurun drastis
    4. Mudah kelelahan
    5. Kaki atau tangan membengkaK
    6. Hati membengkak
    7. Volume urine berkurang
    8. Sulit bernafas
    9. Jantung berdebar sangat kencang
    10. Kulit dan mata menguning. 
  • Otak

Infeksi leptospirosis menyebabkan saraf otak terganggu sehingga menyebabkan demam tinggi, muntah-muntah, leher terasa nyeri dan kaku, mudah kelelahan, lebih agresif, tubuh kejang, sulit mengatur gerakan tubuh, sensitif terhadap cahaya dan sulit berbicara.

Kondisi Harus ke Dokter

Selain tanda yang dijelaskan sebelumnya, ada ciri orang terkena leptospirosis yang serius sehingga penderita harus segera pergi ke dokter. Ciri-cirinya antara lain kulit dan mata menguning (jaundice), kaki dan tangan membengkak, dada terasa nyeri, pernapasan memendek, dan batuk berdarah. 

Datang langsung ke rumah sakit atau klinik terdekat agar bisa mengetahui penyakit yang diderita dan cara penyembuhan yang tepat.

Atau layanan kesehatan bisa Anda dapatkan langsung ke lokasi Anda melalui aplikasi Medi-Call atau langsung menghubungi call-center Medi-Call 24 jam.

medi-call, medicall, dokter ke rumah, perawat ke rumah, bidan ke rumah, fisioterapi ke rumah, perawat luka, perawat bayi, perawat home care, perawat lansia, infus vitamin c, vitamin c, vaksin
Medi-Call: Layanan Tenaga Medis Ke Lokasi Anda
Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status